Pentingnya Perkembangan Otak Dini (Early Brain Development) Pada si Kecil

Pentingnya Perkembangan Otak Dini (Early Brain Development) Pada si Kecil

Dua tahun awal kehidupan seorang anak, atau yang biasa disebut golden period, sangatlah penting untuk menentukan kesehatan dan perkembangan otak anak

Waktu membaca: 6 menit
Agar pertumbuhan serta perkembangan otak anak terjaga, banyak hal yang harus disiapkan dan dilakukan orang tua bahkan sejak anak masih ada di dalam kandungan. Misalnya saja bagaimana memberikan nutrisi yang tepat agar perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan jadi optimal

Dua tahun awal kehidupan seorang anak, atau yang biasa disebut golden period, sangatlah penting untuk menentukan kesehatan dan perkembangan otak anak. Salah satu alasannya tentu saja karena pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil sejak ia dalam kandungan hingga dua tahun awal kehidupannya sangatlah cepat dan akan terus berkembang hingga ia dewasa.
 
Perkembangan Otak Anak Paling Pesat Terjadi Di Awal Kehidupannya

Meski perkembangan otak anak dimulai dari bayi dan terus terjadi hingga usianya dewasa namun 2 tahun pertama adalah fondasi awal perkembangan otak anak untuk masa depan yang baik. Di awal-awal tahun kehidupannya ini, selain tumbuh kembang secara fisik yang terlihat meningkat pesat, perkembangan otak anak juga meningkat. Terlihat dari kecepatan seorang anak menangkap, memahami, bahkan menirukan dengan mudah berbagai hal yang dilihat dan didengarnya di golden period ini.

Pentingnya Perkembangan Otak Anak Sejak Dini

Perkembangan otak sejak bayi di dalam kandungan hingga ia memasuki golden period adalah hal yang menentukan perkembangan anak saat ia dewasa nanti. Apa pun yang terjadi, baik pengalaman negatif mau pun positif, akan berpengaruh terhadap perkembangan otak serta kesehatan dan kepribadian si Kecil.
Berbagai hal yang dipelajari dan masuk ke dalam otak si Kecil di masa golden period efeknya akan terasa hingga dewasa karena justru di usia bayi hingga 2 tahun inilah yang akan membentuk otak si Kecil di masa depan.  Oleh karena itu, sangat penting memastikan perkembangan otak pada si Kecil terjadi dengan lancar sejak usia dini.

Agar pertumbuhan serta perkembangan otak anak terjaga, banyak hal yang harus disiapkan dan dilakukan orang tua bahkan sejak anak masih ada di dalam kandungan. Misalnya saja bagaimana memberikan nutrisi yang tepat agar perkembangan otak bayi sejak dalam kandungan jadi optimal. Dengan cara yang tepat perkembangan otak sejak janin yang akan berlanjut hingga bayi lahir dan beranjak besar dapat mencapai potensi terbaiknya. Jangan sampai perkembangan kemampuan otak si Kecil tersendat karena ini dapat mempengaruhi hidupnya saat dewasa nanti.

Orang Tua Menjadi Salah Satu Kunci Perkembangan Otak Anak

Sejak dalam kandungan, perkembangan otak bayi sudah dimulai dan saat lahir otak anak kecil sebenarnya sudah siap mempelajari banyak hal. Apalagi memang banyak kemampuan yang perlu dikuasai si Kecil dari tahun ke tahun untuk memastikan tumbuh kembangnya berjalan lancar.
Anak-anak ini bergantung pada orang tua serta anggota keluarga lainnya untuk bisa membantu perkembangan otaknya agar mereka mampu hidup dengan baik. Apalagi, perkembangan otak anak salah satunya sangat dipengaruhi oleh interaksi dan pengalaman si anak tersebut dengan orang lain dan lingkungannya. Otak dan fisik bayi tentu akan berkembang baik hingga dewasa jika mereka tumbuh di lingkungan yang aman serta mendapat banyak dukungan dan kesempatan untuk belajar.

Bagaimana Orang Tua Dapat Mendukung Perkembangan Otak Bayi Sejak Dini?

Perkembangan otak bayi hingga ia bertambah usia dipengaruhi beberapa faktor yaitu genetik, lingkungan, serta nutrisi.  Faktor genetik bisa dibilang tak bisa diubah atau diutak-atik karena ini berhubungan dengan genetik kedua orang tua anak. Faktor lingkungan bisa terbagi jadi dua yaitu internal (faktor dari dalam diri bayi itu sendiri) dan eksternal (misalnya ibu hamil, lingkungan tempat tinggal, bagaimana orang tua mengasuh bayi, dll). Faktor nutrisi berkaitan dengan pola makan dan pemberian makanan-makanan dengan asupan nutrisi yang memang penting untuk perkembangan otak bayi seperti zat besi, asam folat, vitamin B, vitamin D, dll.

Dengan memberikan stimulasi tepat sesuai usia dan kebutuhan si bayi, maka orang tua dapat mendukung perkembangan otak bayi dengan optimal. Apalagi orang tua memang sumber belajar utama bayi. Agar bisa mendukung perkembangan otak bayi sejak dini, pastikan Mam dan Pap mencari info sebanyak mungkin tentang stimulasi apa yang dibutuhkan bayi di masa-masa tumbuh kembangnya.

Penting untuk Mam dan Pap memilih stimulasi yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Dengan memahami kebutuhan si Kecil sejak usia dini dan memberikan stimulasi yang tepat akan membantu perkembangan otak anak lebih optimal. Stimulasi yang diberikan bisa saja tindakan yang sederhana misalnya bernyanyi bersama, yang penting stimulasi ini dilakukan secara rutin dan hindari membuat anak stress atau trauma saat memberikan stimulasi. Ingatlah apa yang Mam berikan kepada si Kecil sejak usia dini akan berpengaruh bahkan hingga anak tumbuh dewasa

Penting juga untuk mencatat perkembangan otak anak dengan memastikan mereka memang memiliki kemampuan yang seharusnya dimiliki anak seusianya. Misalnya bayi umur 7 bulan kebanyakan sudah memiliki kemampuan untuk merangkak dan berdiri dengan dibantu. Jika si Kecil kesayangan Mam belum memiliki kemampuan ini, berikanlah ia stimulasi yang tepat agar dapat melakukannya. Bila setelah diberikan stimulasi tenyata perkembangannya juga tidak bertambah, bisa jadi ada masalah pada tumbuh kembang si Kecil yang harus diatasi dengan cepat.
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 4 (1 vote)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login