5 Aktivitas Seru di Rumah Sebagai Cara Mengasah Otak Anak

5 Aktivitas Seru di Rumah Sebagai Cara Mengasah Otak Anak

Waktu membaca: 4 menit

Walaupun ‘otak’ identik dengan kegiatan belajar, tetapi cara mengasah otak anak bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas, lho. Termasuk aktivitas-aktivitas seru yang bisa Mam dan si Kecil lakukan di rumah, bahkan ada pula aktivitas yang tak memerlukan alat khusus. Aktivitas asah otak dapat membantu menstimulasi otak, termasuk untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Jika fisik anak perlu dilatih agar dapat berkembang secara optimal, begitu pula dengan otak anak. 

Mau tau apa saja aktivitas seru yang bisa jadi cara mengasah otak anak? Yuk, lihat ide-ide aktivitasnya di bawah ini.

1.    Bemain balok
Balok adalaha salah satu mainan yang paling umum dan disukai anak-anak. Selain seru dan bisa dimainkan dnegan barbagai cara, melalui bermain balok anak dapat belajar mengenai berbagai hal. Mislanya bentuk, ukuran, berat, keseimbangan, dan lain-lain. Dengan bermain balok si Kecil akan dapat mengembangkan imajinasi, kreativitas, memecahkan masalah, dan lainnya. Semua hal tersebut tentunya termasuk cara mengasah otak anak.

2.    Bermain peran
Bermain peran, atau bermain pura-pura, ternyata juga termasuk cara mangasah otak anak, lho. Saat berpura-pura menjadi penjual, dokter, pilot, pendekar, atau bahkan menjadi harimau, si Kecil akan mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan sebagainya.

3.    Bemain mencari benda
Cara bermainnya mudah saja. Mam memberikan suatu gambar dan minta si Kecil mencari benda di rumah yang sesuai dnegan gambar tersebut. Siapkan beberapa kartu bergambar yang bisa Mam buat sendiri. Misalnya kartu bergambar buku, buah apel, televisi, sikat gigi, dan sebagainya. Selain untuk stimulasi kognitif anak, aktivitas seru ini juga dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa anak.

4.    Bermain sensori
Aktivitas bermain sensori dengan tekstur akan memberikan stimulasi pada otak si Kecil, lho. Dengan beraktivitas memanfaatkan panca indera, otak anak akan menjadi aktif dan juga membangun hubungan syaraf baru pada otak. Bemain sensor dapat dengan mudah dilakukan di rumahg. Mislanya dengan buku atau mainan yang memiliki aneka tekstur, bermain kotak pasir, bermain busa sabun, bermain adonan (play dough), dan sebagainya. Banyak sekali ide aktivitas sensori yang bisa Mam cari di internet dan coba lakukan di rumah bersama si Kecil.

5.    Puzzle dan board games
Ada banyak jenis puzzle dan board games yang bisa menjadi pilihan aktivitas cara mengasah otak anak. Apalagi aktivitas ini juga bisa dilakukan bersama-sama anggota keluarga lainnya. Yang perlu Mam perhatikan, pilihlah puzzle dan board games yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak supaya stimulasi yang didapat menjadi optimal.


Masih banyak aktivitas seru lainnya yang juga sekaligus menjadi cara mengasah otak anak. Seperti buku aktivitas anak dan bahkan bermain petak umpet yang membutuhkan kemampuan Analisa dan berstrategi. Untuk si Kecil usia dini, mengasah otak juga bisa dilakukan melalui hal sederhana seperti melihat bayangan wajahnya di cermin, aktivitas memanjat, meniup gelembung sabun, bermain pasir, dan mencoret-coret.


Sumber:
https://www.superbabyonline.com/mind-games-for-kids/
https://parenting.firstcry.com/articles/15-innovative-and-fun-brain-gam…
https://www.kindercare.com/content-hub/articles/2014/august/8-everyday-…

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login