Tip Agar Bokong Bayi Selalu Bersih dan Kering

Tip Agar Bokong Bayi Selalu Bersih dan Kering

Kulit si Kecil, apalagi yang masih bayi adalah kulit yang paling sensitif dan rentan mengalami iritasi. Di antara seluruh bagian kulitnya, area kelamin dan bokong adalah yang sering terkena masalah.

Waktu membaca: 4 menit
Setiap kali mengganti popok, sekalah bagian bokong dan kelamin si Kecil dengan menggunakan waslap atau bola kapas yang direndam air hangat, maupun tisu basah khusus untuk bayi. Kalau Mam ingin menggunakan sabun, pilih sabun bayi yang lembut dan bebas wewangian.

Kulit si Kecil, apalagi yang masih bayi adalah kulit yang paling sensitif dan rentan mengalami iritasi. Di antara seluruh bagian kulitnya, area kelamin dan bokong adalah yang paling sering terkena masalah, seperti ruam popok dan infeksi jamur, karena bagian ini terus menerus terpapar kotoran dan lembap dari air mandi, urin, juga BAB. 

Si Kecil pun biasanya akan rewel saat mengalami ruam, karena terasa perih dan gatal. Bagaimana mencermatinya agar si Kecil tetap nyaman tanpa gangguan ruam popok?
Berikut cara menjaga agar bokong bayi tetap bersih dan kering:

Sering mengganti popok.
 Tak masalah apakah popok yang Mam pakaikan adalah yang berjenis kain maupun pospak (popok sekali pakai); setiap kali basah karena terkena urin ataupun BAB, segeralah menggantinya dengan yang baru.

Bilas hingga bersih
 Setiap kali mengganti popok, sekalah bagian bokong dan kelamin si Kecil dengan menggunakan waslap atau bola kapas yang direndam air hangat, maupun tisu basah khusus untuk bayi. Kalau Mam ingin menggunakan sabun, pilih sabun bayi yang lembut dan bebas wewangian.

Sebelum memakaikan popok, pastikan kulit di area kelamin dan bokong sudah kering tuntas. Jangan menggosoknya dengan handuk, karena bisa menyebabkan iritasi. Keringkan dengan gerakan menepuk lembut.

Perhatikan ukuran popok
Popok yang terlalu sempit bisa menghalangi sirkulasi udara di daerah genital bayi, sehingga rentan menimbulkan ruam maupun infeksi jamur. Selain itu, popok yang kesempitan juga bisa menyebabkan lecet pada bagian paha dan pinggang bayi.

Variasikan penggunaan popok – pospak dan popok kain – untuk menjaga kondisi kulitnya yang sensitif. Ada baiknya, pospak hanya dipakai saat si Kecil tidur malam agar ia tak sering terbangun karena mengompol.

Selalu siap sedia krim anti ruam popok
Oleskan krim anti ruam ini setiap kali berganti popok untuk mencegah iritasi. Formula zinc oxide dan petroleum jelly yang biasanya terkandung dalam krim anti ruam popok membantu menjaga kondisi kulit di sekitar bokong si Kecil agar tidak mudah mengalami ruam.

Bila telanjur terjadi ruam, hindari taburi dengan bedak karena bubuk bedak yang bercampur dengan keringat maupun basah dapat memperburuk kondisi kulitnya. Mam sebaiknya juga mengenali apakah si Kecil mempunyai alergi yang berkaitan dengan pembersih bokong atau popok si Kecil untuk menghindari akibat yang lebih parah. 
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Penyebab Bayi Susah Tidur nyenyak yang Perlu Mam Ketahui

Bayi baru lahir biasanya susah tidur dengan nyenyak dan terus menerus terbangun.
Average Rating
Average: 4.5 (2 votes)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login