Cara Mengajari Anak Membaca Dan Menulis Dengan Cepat

Cara Mengajari Membaca dan Menulis dengan Cepat dan Tepat

Kemampuan membaca si kecil akan semakin terasah, manakala Anda sering mengenalkan buku dalam setiap aktivitasnya.

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 3 menit

Kemampuan membaca si kecil akan semakin terasah, manakala Anda sering mengenalkan buku dalam setiap aktivitasnya. Anda juga perlu menciptakan suasana yang menarik agar si kecil bisa lebih semangat saat menjalani proses belajar membaca.  

Setelah kenyamanan dapat Anda hadirkan, berikutnya tinggal menerapkan langkah yang mudah untuk mengajarinya. Secara lebih lengkap dapat Anda perhatikan dalam ulasan di bawah ini.
 
Fonem atau Bunyi Bahasa
Sebelum anak-anak dapat belajar membaca dan memahami kata-kata, kenalkan dia dengan dasar-dasar membaca yang baik. Berikan pemahaman si kecil dengan kata berima dan bersuku kata mirip. Misalnya saja, kata 'beras' dan 'peras' atau kata 'lari' dan 'duri'. Sementara untuk kata berima, bisa Anda kenalkan lewat pantun yang memiliki bunyi akhiran sama.
 
Kosakata
Anak akan lebih mudah membaca suatu kata, jika kata tersebut sudah familiar baginya. Bantu si kecil menambah kosakata dengan sering mengajaknya berkomunikasi dan membacakan cerita. Langkah ini akan membuat anak lebih mudah menyerap berbagai kosakata baru.

Baca Juga: Stimulasi Anak Belajar Membaca dengan Tepat 

Kelancaran Membaca
Jika anak Anda belum lancar membaca, biarkan si kecil mempelajarinya dengan perlahan.  Dampingi si kecil dan beri pujian saat anak berhasil membaca satu kalimat. Anda juga bisa membantu si kecil dengan menirukan kalimat yang Anda ucapkan. Dengan begitu, akan lebih memudahkan proses berpikir anak tatkala memahami sebuah kata.
 
Pemahaman Isi Bacaan
Setelah anak belajar membaca, tahan dulu agar si kecil tidak terburu-buru menutup buku. Minta anak Anda untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah dibacanya, minimal inti dari cerita. Anda bisa meminta si kecil menyebutkan nama tokoh, nama tempat dan kejadian yang paling seru dalam cerita. Melalui cara ini, logika anak dapat terangsang dengan baik.
 
Langsung diterapkan ya, Mam! Pemenuhan nutrisi yang tepat juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dukung proses belajar si Kecil. Jadi, berikan nutrisi harian yang dibutuhkan anak setiap hari. Salah satu cara pemenuhannya Mam, bisa memberikan susu pertumbuhan S-26 Nutriessentials yang dukung fondasi belajar si Kecil. 
 
Sumber:

livestrong.com/article/219357-strategies-to-help-kids-who-st… diakses pada 4 September 2014
mumsnet.com/learning/reading/how-to-help-if-your-child-is-st… diakses pada 4 September 2014
education.jhu.edu/PD/newhorizons/strategies/topics/literacy/arti… diakses pada 4 September 2014

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
belum ada rating

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login