Ini yang Perlu Mam Ketahui Seputar Bakat Anak

Ini yang Perlu Mam Ketahui Seputar Bakat Anak

Setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Bakat anak bisa dikenali dan dikembangkan di masa tumbuh kembangnya sehingga berkembang secara optimal. Orangtua tentunya memiliki peran penting dalam mengenali dan mengembangkan bakat anak. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Mam dan Pap ketahui seputar bakat anak sehingga dapat memberikan dukungan yang tepat dan jadikan si Kecil anak hebat. Baca, yuk!
 

-    Setiap anak bisa memiliki bakat yang berbeda. Anak bisa memiliki bakat, yaitu kemampuan natural di atas rata-rata, dalam salah satu atau bahkan lebih dari satu bidang. Bisa dalam berbagai aspek kepintaran, misalnya kognitif, linguistik, fisik, kreativitas, interpersonal, intrapersonal, natural, dan sebagainya.
 

-    Salah satu ciri si Kecil memiliki bakat tertentu adalah perkembangannya sangat pesat dalam aspek tertentu, jauh melebihi anak lain sesusianya.
 

-    Anak-anak biasanya tidak menyadari bakat yang mereka miliki. Walaupun mereka mungkin secara insting melakukannya. Peran orang tua sangat besat dalam mengenali bakat anak sedini mungkin.
 

-    Agar bakat anak dapat berkembang dengan optimal, tentunya anak perlu mendapat kesempatan untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan bakatnya. Peran orang tua adalah memastikan anak mendapat kesempatan tersebut.
 

-    Untuk menemukan ‘bakat yang tersembunyi’ anak juga perlu mendapat kesempatan untuk mencoba berbagai hal yang ia minati, Mam dapat mengenalkan anak dengan berbagai aktivitas untuk mengetahu mana yang anak minati dan pada aktivitas mana anak memiliki minat dan bakat.
 

-    Perlu Mam ingat pula, walau tujuan Mam adalah mengenalkan berbagai aktivitas pada anak yang mungkin kemudian akan ia minati, tetapi jangan sampai jadwal anak menjadi terlalu padat. Anak yang aktivitasnya terlalu padat bisa lelah secara fisik dan mental dan tidak memiliki energi lagi untuk mengeksplorasi, mengembangkan rasa ingin tahu, dan mengembangkan kreativitas. Semua hal yang merupakan bagian penting untuk mengembangkan bakat anak.
 

-    Bakat juga perlu didukung oleh minat, dan sebaliknya. Jadi stimulasi perlu diberikan bukan hanya untuk mengembangkan bakat anak, tapi juga minatnya. 
 

-    Mengembangkan bakat anak memerlukan motivasi dan disiplin, baik dari anak maupu dari orang tua. Karena mengembangkan bakat harus melalui proses, perlu didukung dengan kesabaran. Bakat anak memerlukan bimbingan dan latihan yang berlanjut sejak dini.
 

-    Jika Mam sudah mengetahui bakat anak, pujian dan dukungan dari Mam dan Pap merupakan bagian penting dalam mendukung perkembangan bakat anak. Studi menunjukkan bahwa pujian untuk usaha yang dilakukan lebih efektif dibandingkan pujian untuk bakat yang dimiliki. Karena pujian terhadap bakat dapat membuat anak berhenti menantang dirinya untuk menjadi lebih baik.
 

Jangan lupa pula, ada anak-anak yang baru terlihat atau menemukan bakatnya setelah ia agak lebih besar. Jadi tak perlu cemas apabila Mam belum bisa mengenali bakat anak. Terus beri ia stimulasi yang tepat dalam berbagai aspek, dorong ia untuk mencoba berbagai hal sehingga tumbuh kembang anak berjalan optimal dan ia menjadi anak hebat.
 

Sumber:
https://health.usnews.com/wellness/for-parents/articles/2017-08-29/how-…
https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/gifted-talent…
https://www.sehatq.com/artikel/berbagai-bakat-anak-dan-langkah-orangtua…
https://novakdjokovicfoundation.org/is-your-child-gifted-how-to-encoura…
https://childdevelopmentinfo.com/child-activities/4-ways-to-spot-and-nu…
Akbar-Hawadi, Reni. Psikologi Perkembangan Anak. Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Grasindo: Jakarta 2006.
 

Waktu membaca: 4 menit

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login