5 Alat Peraga untuk Dukung Kreativitas Anak

5 Alat Peraga untuk Dukung Kreativitas Anak

Waktu membaca: 4 menit

Agar menjadi anak hebat, kreativitas anak juga perlu dikembangkan. Untuk itu tentunya si Kecil perlu mendapat waktu, ruang, dan alat peraga atau perangkat untuk dukung kreativitas anak. Alat peraga atau perangkat untuk kreativitas anak tak perlu mahal lho, Mam. Bahkan beberapa dapat Mam buat atau siapkan sendiri di rumah.

Umumnya, perangkat atau alat peraga untuk aktivitas kreatif anak adalah yang dapat digunakan secara bebas oleh anak dengan berbagai cara dan mendorong si Kecil mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Nah, berikut ini adalah 5 contoh alat peraga yang bisa menjadi pilihan untuk bantu kembangkan kreativitas anak.

1. Tanah liat, play dough, slime
Untuk play dough atau slime, Mam dapat membeli atau membuat sendiri di rumah. Cara membuatnya tak sulit, yang penting Mam memilih bahan-bahan yang aman bagi si Kecil ketika membuat play dough atau slime di rumah. Aktivitas membuat play dough dan slime saja sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kreativitas anak. Belum lagi ketika anak bermain menggunakan play dough atau slime yang ia buat. Anak dapat berkreasi dengan berbagai warna dan membuat aneka bentuk sesuai imajinasi dan kreativitasnya.

2. Perangkat kreasi
Ya, berkreasi bebas tentunya dapat mendukung perkembangan kreativitas anak. Mam tionggal menyiapkan alat yang dibutuhkan si Kecil untuk berkreasi. Misalnya cat air, krayon, gunting, kertas, kertas lipat, pita, kardus bekas, dan lain sebagainya. Bebaskan si Kecil berkreasi membuat apapun yang ia inginkan. Misalnya menggambar, membuat origami, membuat robot dengan kardus bekas, dan lain-lain.

3. Balok
Beberapa jenis balok memang memiliki panduan dan dirancang untuk membuat bentuk tertentu. Tetapi ada pula jenis balok yang bisa dengan bebas digunakan anak untuk membangun apapun yang ia sukai. Aktivitas bermain balok ini tentunya akan membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. Ia akan belajar membangun balok menjadi sesuatu yang sebelumnya hanya ia bayangkan saja.

4. Kotak pasir
Selain untuk melatih sensori anak, bermain dengan pasir juga dapat mengembangkan kreativitas anak. Mam tentu bisa melengkapi kotak pasir anak dengan sekop plastik, ember plastik kecil, dan berbagai cetakan sehingga si Kecil bisa berkreasi membentuk pasir menjadi aneka bentuk. Si Kecil bahkan kemudian bisa menambahkan mainan lainnya saat bermain pasir. Misalnya membuat jalanan atau terowongan dengan pasir yang bisa dilalui mobil-mobilan miliknya.

5.  Boneka tangan
Ketika bermain boneka tangan, si Kecil dapat mengembangkan imajinasinya menciptakan berbagai tokoh dan cerita. Kemudian, Mam juga bisa mengajak si Kecil berkreasi membuat boneka tangan sendiri, lho. Misalnya dari sapu tangan atau kaus kaki yang kemudian dihias dengan kancing, pita, dan lain-lain. Lagi-lagi saat berkreasi membuat boneka tangan, si Kecil dapat bebas mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

Tentunya masih banyak aktivitas dan alat peraga lain yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kreativitas anak. Apa sih alat peraga untuk kreativitas yang jadi favorit si Kecil, Mam?


Sumber:
https://kinderart.com/art-lessons/seasons/5-creative-activities-kids-ca…
https://parenting.firstcry.com/articles/15-best-creative-activities-for…
https://raisingchildren.net.au/preschoolers/development/creative-develo…
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login