Eksperimen Air dan Garam

Eksperimen Air dan Garam | Wyeth Nutrition

Percobaan seru menggunakan air dan garam dapat dilakukan oleh si Kecil sambil belajar

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 3 menit
Eksperimen ini aman dilakukan oleh anak-anak. Pastikan saat melakukan eksperimen ini, anak berada dibawah pengawasan orang dewasa.

Saat si Kecil memiliki waktu luang, Mam disarankan untuk mengisi waktu luang si Kecil sebaik mungkin ya. Memanfaatkan waktu luang yang dimiliki anak, Mam dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat serta memberikan stimulasi untuk si Kecil mengeksplor pengetahuannya. Salah satu contohnya yaitu melakukan eksperimen menggunakan air dan garam, eksperimen tersebut cenderung simpel dan mudah dilakukan. Lakukan percobaan menggunakan air dan garam di rumah untuk mengisi waktu luang yuk Mam.

Hal yang Dibutuhkan:

  • 2 buah gelas bening yang telah diisi air putih
  • Garam halus
  • 2 butir telur mentah

Cara Membuat:

  1. Tambahkan garam hingga air terlihat keruh ke dalam satu gelas.
  2. Taruh masing-masing telur ke dalam gelas yang berisi air putih dan gelas yang berisi air garam.
  3. Akan terlihat pada gelas yang berisi garam, telur akan mengambang. Sedangkan pada gelas yang berisi air putih, telur akan tenggelam.
  4. Mam juga bisa melakukan eksperimen dengan menambahkan secara perlahan-lahan garam ke gelas yang telah diisi telur. Aduk secara perlahan-lahan air agar telur tidak pecah. Setelah itu, teliti telur berada dalam ketinggian berapa. Kemudian tambahkan lagi garam dan aduk secara perlahan air dan amati ketinggian telur. Akan terlihat telur yang tenggelam perlahan-lahan naik ke permukaan gelas.
     

Mengapa hal tersebut terjadi?

Air garam lebih padat dibandingkan telur mentah, hal tersebutlah yang menyebabkan telur naik ke atas. Telur lebih padat dibandingkan air biasa. Sehingga telur akan tenggelam jika berada di dalam air putih.

Disclaimer: Eksperimen ini aman dilakukan oleh anak-anak. Pastikan saat melakukan eksperimen ini, anak berada dibawah pengawasan orang dewasa.

Nah, itu dia Mam tata cara melakukan eksperimen menggunakan air dan garam yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang si Kecil. Mengisi waktu luang dengan hal yang berkaitan dengan eksplorasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif si Kecil juga lho Mam. Selain itu, dukungan nutrisi yang baik juga dapat membantu si Kecil meningkatkan kemampuan kognitifnya. S-26 Nutriessentials dapat membantu si Kecil untuk memenuhi nutrisi dan memiliki peran untuk pertumbuhan dan kesiapan belajar si Kecil.

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
belum ada rating

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login