Yuk Bantu Anak Belajar Baca dan Memahami Isi Bacaan

Mam, apakah si Kecil sudah siap belajar baca? Atau mungkin ia sudah mulai belajar membaca cepat? Selain kemampuan membaca tulisan, jangan lupa bahwa anak juga perlu memiliki kemampuan untuk memahami apa yang ia baca, ya. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Mam lakukan untuk membantu si Kecil belajar baca dan memahami isi bacaan. Simak, yuk!
 
Hal-hal yang dapat membantu memulai proses belajar baca anak yang akan membantunya memahami isi bajaan pula:

 

  1. Pastikan anak sudah di usia dan tahap perkembangan dimana ia siap belajar baca.

  2. Pilih buku yang sesuai dengan tahap kemampuan membaca anak.

  3. Mulai dengan buku yang kata-katanya sedikit baru meningkat menjadi lebih banyak seiring dengan semakin mahirnya anak membaca.

  4. Tunjuk kata-kata yang sedang dibaca agar anak dapat mengasosiasikan bunyi dan hurufnya.

  5. Mulai dengan membacakan buku kepada anak, baru perlahan mengajak anak untuk ikut membaca.

  6. Jangan terburu-buru. Berhenti sesekali dan bahas gambar yang ada dalam buku dan juga menjawab pertanyaan anak.

  7. Saat anak sudah mulai bisa membaca, minta ia membaca dengan suara keras dan Mam juga turut menyimak apa yang ia baca.

  8. Jadikan aktivitas membaca menjadi menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan berbagai prop yang lucu dan biarkan si Kecil memilih buku yang ia suka.

 
Setelah belajar baca, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Mam coba untuk membantu anak mampu memahami isi bacaan:

 

  1. Diskusikan isi buku dengan mengajukan pertanyaan. Cara ini akan membantu Mam mengetahui sejauh mana anak memahami isi buku yang ia baca. Pertanyaan yang Mam ajukan bisa mengenai karakter-karakter dalam buku, plot cerita, tema, nilai-nilai yang ada dalam cerita dan sebagainya.

  2. Minta anak menceritakan ulang isi buku dengan bahasanya sendiri. Selain itu, Mam juga bisa minta anak untuk mengutarakan pendapatnya mengenai cerita yang ia baca atau berandai-andai apabila ia menjadi tokoh dalam cerita, apa yang akan ia lakukan. Supaya lebih seru, anak juga bisa diminta untuk mengarang sendiri akhir cerita sesuai keinginannya.

  3. Buat ‘film’ di dalam kepala mengenai buku yang baru di baca. Memvisualisasikan cerita yang dibaca di dalam pikiran dapat membantu anak mengembangkan pemahamannya mengenai isi bacaan lho, Mam. Cara ini akan mendorong anak untuk mengingat kembali hal-hal yang sudah ia baca.

  4. Bacakan buku dengan suara keras dan minta anak menyimak. Dengan mendengarkan apa yang Mam baca, atau mendengarkan buku audio, si Kecil akan dapat memahami bahasa dengan lebih baik dan tentunya akan membantunya memahami bahasa yang ia baca dalam buku.

  5. Ajak si Kecil membaca berbagai sumber bacaan sesuai tahap perkembangannya. Misalnya, buku cerita yang gambarnya sedikit atau bahkan tanpa gambar, buku referensi, ensiklopedia, buku pelajaran, koran, artikel di internet, dan lain sebagainya.

  6. Sebagai cara belajar baca anak, membaca ulang buku atau bacaan yang sudah pernah ia baca sebelumnya juga bisa membantunya memahami isi bacaan dengan lebih baik.

Kemampuan membaca dan memahami isi bacaan penting untuk dimiliki anak sebagai bekalnya memasuki jenjang sekolah kelak dan akan mendukungnya menjadi anak pintar. Lebih jauh lagi, membaca adalah kemampuan yang akan ia pakai seumur hidupnya. Jadi, terus beri dukungan dan stimulasi agar si Kecil dapat belajar baca dengan optimal ya, Mam.
 
Sumber:
https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/preschool/Pages/Helping-Your-Child-Learn-to-Read.aspx
https://www.oxfordlearning.com/how-to-improve-reading-comprehension/
https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/reading-resources/developing-reading-skills/improve-reading-comprehension.html
https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/reading-resources/developing-reading-skills/7-ways-to-improve-reading-skills.html
https://www.understood.org/en/school-learning/partnering-with-childs-school/instructional-strategies/7-tips-to-help-kids-understand-what-they-read
https://www.readbrightly.com/8-ways-help-kids-understand-read/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya