Trik Untuk Bantu Si Kecil Belajar Angka Sejak Dini

Membantu si Kecil belajar mengenal angka di usia dini bukan hanya akan membantu anak belajar berhitung dan konsep matematika kelak saat ia mulai bersekolah, tetapi juga akan membantu anak menerapkan konsep matematika di berbagai aspek kehidupannya. Nah, bagaimana ya cara yang tepat belajar angka untuk balita? Simak penjelasan dan beberapa triknya di bawah ini, yuk.

1. Mengenalkan angka bisa dimulai sejak usia dini
Jangan membayangkan Mam bisa melakukannya dengan menunjukkan kartu bergambar angka pada si Kecil yang baru berusia satu bulan ya, Bu. Tentunya mengenalkan angka pada anak usia dini perlu dilakukan secara bertahap, sesuai dengan tahap perkembangannya. Misalnya, pada si Kecil yang masih di bawah usia 12 bulan, Mam bisa melakukannya dengan memperkenalkan nama angka saat melakukan berbagai aktivitas. Berhitunglah seperti ini, “Kancing bajunya kita pasang dulu, ya. Satu, dua, tiga, empat!” atau menghitung mainan si Kecil. Aktivitas ini bisa terus Mam lakukan sehingga si Kecil menjadi familiar dengan nama-nama angka. Semakin si Kecil besar, semakin banyak aktivitas yang bisa Mam lakukan sambil berhitung.

2. Angka ada dimana-mana
Ya, Mam dan si Kecil dapat dengan mudah menemukan angka di dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, manfaatkan untuk membantu anak belajar mengenal angka. Mislanya dengan menunjuk harga pada katalog belanja di koran, harga yang tertera di atas konter buah atau sayur di supermarket, angka pada plat nomor kendaraan, angka pada jam, dan lain sebagainya.

3. Bernyanyi dan sajak 
Ada banyak lagu anak-anak yang dapat Mam manfaatkan sebagai cara menyenangkan belajar angka untuk balita. Ajak si Kecil bernyanyi bersama dan supaya lebih seru Mam bisa membuat gerakan lucu atau menunjuk gambar yang mewakilkan angka tersebut. Untuk sajak, Mam bisa mengarang sendiri sajak lucu serta berima yang menyebutkan angka. Lama kelamaan si Kecil akan turut menghafal angka yang ada dalam lagu atau sajak tersebut.

4. Gunakan buku cerita bergambar
Kini ada banyak pilihan buku anak-anak yang dapat Mam gunakan untuk membantu si Kecil belajar mengenal angka. Ada buku yang memang isinya mengenalkan bentuk angka, nama angka dengan gambar benda atau hewan yang jumlahnya sesuai dengan angka tersebut. Ada pula buku cerita yang isi ceritanya bisa jadi cara belajar angka untuk balita. Misalnya cerita ‘Tiga Babi Kecil’ dan ‘Goldilocks dan Tiga Beruang’. Jika anak sudah siap belajar menulis angka, ada pula buku-buku anak yang memang untuk kebutuhan ini.

5. Ajak si Kecil mengurutkan angka
Si Kecil mungkin sudah tahu nama-nama angka, tapi mungkin ia belum paham bahwa setiap angka tadi mewakili jumlah tertentu. Mengurutkan angka dapat membantunya mengenal mana angka yang lebih besar dan mana yang lebih kecil. Mam tentu nanti akan menemui momen saat si Kecil menyebutkannya sevara acak, “satu, dua, tiga, lima, sepuluh!” Jangan terlalu dipusingkan ya, Mam. Ini adalah proses belajar si Kecil. 

6. Ajak si Kecil menunjuk benda dengan jumlah yang sesuai
Berikutnya Mam bisa mengajak si Kecil menyebutkan angka sambil menunjuk benda dengan jumlah yang sesuai. Aktivitas ini bisa Mam lakukan dengan menggunakan buku bergambar atau dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

Tentunya Mam juga dapat menggunakan berbagai mainan sebagai stimulasi belajar angka untuk balita. Seperti balok angka, puzzle angka, atau sekedar aktivitas menghitung menggunakan mainan yang ada. Yang pasti, belajar angka dengan si Kecil perlu dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan usia maupun tahap perkembangannya ya, Mam.

 

Sumber:
https://www.babycenter.com/404_how-and-when-should-i-teach-my-child-her-numbers_6899.bc
https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/learning-ideas/early-numeracy
https://abcdeelearning.com/how-to-teach-numbers/
https://www.scholastic.com/teachers/articles/teaching-content/early-math-how-children-learn-about-numbers/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya