Tips Mengatasi Anak Usia 2 Tahun yang Susah Makan

Apakah si Kecil yang berusia 2 tahun susah makan? Maunya makan menu yang itu-itu saja atau hanya mau makan sedikit sekali? Urusan makan memang sering kali menjadi ‘perang’ antara Mam dan si Kecil. Pasalnya Mam tentu cemas si Kecil tak mendapat asupan gizi yang cukup dan kecemasan ini seringkali ditunjukkan dengan memarahi anak yang tak mau makan atau memaksanya makan. Padahal dengan begitu si Kecil malah jadi semakin susah makan lho, Mam. Berikut ini adalah beberapa tips  cara mengatasi anak susah makan yang dapat Mam coba untuk menghindari terjadinya ‘peperangan’ dengan si Kecil saat waktu makan tiba.

1. Cari tahu penyebab si Kecil susah makan
Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan anak susah makan. Dengan mengetahui alasan anak susah makan, Mam dapat menerapkan cara mengatasi anak susah makan yang tepat. Misalnya, jika anak susah makan karena kenyang akibat terlalu banyak camilan, Mam bisa membuat jadwal makan camilan sehingga tidak terlalu dekat waktu makan. Jika si Kecil susah makan karena tidak suka satu jenis sayuran, Mam bisa mencoba memberi sayuran jenis lain yang kandungan nutrisinya serupa.

2. Buat rutinitas makan 
Sajikan makanan pokok dan camilan di waktu yang sama setiap hari. Dengan begitu perut si Kecil juga terbiasa diisi di waktu-waktu tertentu. Jadwal makan juga akan membantu agar si Kecil tak terlalu banyak makan camilan sehingga kekenyangan saat waktu makan pokok. Di sisi lain, apabila si Kecil tak mau makan saat waktu makan, Mam masih bisa memastikan ia mendapat asupan gizi lain saat waktu makan camilan dengan menyajikan camilan sehat untuk si Kecil. Tentunya Mam juga perlu ingat bahwa si Kecil pun memiliki nafsu makan yang mungkin berbeda dengan Mam, seperti poin berikut ini.

3. Hargai bahwa si Kecil punya nafsu makan sendiri
Mungkin saja si Kecil menolak makan karena memang ia belum merasa lapar. Terutama di usia 2 tahun dimana Mam belum bisa benar-benar mengajaknya diskusi soal waktu makan, jangan paksa ia makan saat itu juga bila ia memang belum merasa lapar. Memaksanya makan hanya akan membuat si Kecil mengasosiasikan waktu makan dengan suasana yang tak menyenangkan.

4. Membuat menu kreatif untuk ‘menyembunyikan’ nutrisi
Ya, Mam perlu sedikit kreatif dalam menyiapkan menu sebagai cara mengatasi anak susah makan umur 2 tahun. Kreasikan menu-menu yang jadi favoritnya dengan menyisipkan bahan pangan yang biasanya ia tolak. Misalnya, jika si Kecil tak suka sayur hijau, Mam bisa membuat nugget bayam atau es loli yang terbuat dari jus kale, nanas, jeruk. 

5. Makan bersama keluarga
Si Kecil belajar berbagai hal dengan melihat dan meniru orang-orang yang terdekat dengannya. Karena itu, Mam dan Pap perlu menerapkan pola makan yang baik pula sebagai contoh bagi si Kecil. Rutinitas makan bersama juga dapat membantu si Kecil memiliki pola makan sehat karena ia terbiasa melihat bagaimana anggota keluarga lainnya makan.

6. Libatkan si Kecil dalam menyiapkan makanan
Salah satu cara mengatasi anak susah makan umur 2 tahun adalah dengan melibatkannya dalam proses menyiapkan makanan. Mulai dari memilih menu, berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan, dan kemudian memasaknya. Tentunya saat memasak si Kecil dapat dilibatkan sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuannya ya, Mam. Misalnya membantu menghitung dan memilah bahan-bahan yang dibutuhkan.

Satu hal lagi yang harus selalu Mam terapkan adalah bersabar. Si Kecil yang susah makan tak akan berubah menjadi mau makan dalam semalam, tetapi setiap langkah yang Mam ambil untuk menerapkan pola makan sehat pada si Kecil adalah dukungan yang akan membantunya menjadi anak hebat. Jadi, terus semangat ya, Mam. Apabila Mam merasa kebiasaan susah makan anak mulai mempengaruhi asupan gizinya, Mam dapat segera berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi.

Sumber:
https://www.webmd.com/parenting/ss/slideshow-picky-eaters
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/childrens-health/art-20044948
https://www.additudemag.com/slideshows/adhd-picky-eaters-nutrition-tricks/
https://foodinsight.org/caution-picky-eater-ahead-7-tricks-for-toddlers/
https://www.jamieoliver.com/features/fussy-eaters-jamies-top-tips-tricks/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya