Ternyata Ini Alasan Pentingnya Susu untuk Pertumbuhan Anak

Di usia pertumbuhannya, si kecil memerlukan asupan gizi lengkap yang salah satunya bisa didapat dari susu pertumbuhan. Bagi anak usia di atas 1 tahun, susu bermanfaat dalam mendukung proses tumbuh kembangnya. Susu mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi dan bermacam jenis vitamin. Kalsium yang terdapat pada susu lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan yang berasal dari sumber makanan lain.

Menurut Dr. Jonathan Maguire, dokter anak dan ilmuwan dari Rumah Sakit St. Michael di Toronto, minum susu setidaknya dua gelas sehari dapat memberikan asupan vitamin D yang cukup kepada anak balita, tanpa menurunkan kadar zat besi di tubuhnya. Tentu saja, rutinitas ini perlu diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, jenis nutrisi yang tak kalah penting untuk perkembangan otak balita.

Karena susu memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak, Mam perlu memahami kiat memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk si kecil. Pastikan Mam memilih susu formula dengan laktosa sebagai sumber utama karbohidratnya. Selain itu, berbagai hal yang perlu diperhatikan saat memilih susu pertumbuhan bagi si kecil adalah sebagai berikut:
 

Sesuaikan dengan usia

Setiap jenis susu diformulasikan sesuai dengan kebutuhan anak berdasarkan usianya. S-26 Procal GOLD adalah susu pertumbuhan yang ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun. Susu ini dilengkapi new improved formula MULTIEXCEL™ untuk membantu kemampuan belajar si kecil. Sementara, S-26 Promise GOLD adalah susu pertumbuhan yang penting untuk mendukung tumbuh kembang anak usia 3-12 tahun.
 

Perhatikan kandungan nutrisinya

S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dilengkapi new improved formula MULTIEXCEL™, rangkaian nutrisi penting untuk membantu proses belajar si kecil. Kandungan DHA, AA, vitamin A, omega 3, omega 6, kolin, dan zat besi di dalam susu bermanfaat dalam mendukung proses mengamati dan berpikir si kecil. Sementara, kandungan protein, alfa laktalbumin, kalsium, vitamin D, dan fosfor, berperan dalam mendukung si kecil tumbuh aktif. Terdapat juga kandungan 5 nukleotida, oligofruktosa (prebiotik), vitamin C, selenium, zinc, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang akan mendukung tubuh kuat si kecil.
 

Pertimbangkan rasa yang lezat

Agar si kecil senang minum susu setiap hari, pilihkan susu pertumbuhan yang memiliki rasa lezat. Mam bisa memberikan S-26 Procal GOLD rasa vanila bagi anak yang menyukai rasa vanila. Sebagai alternatif, tersedia juga S-26 Procal GOLD rasa madu yang tak kalah lezatnya.

Komposisi asupan makanan pada anak yang berusia di atas 1 tahun adalah 2/3 dari makanan utama dan 1/3 dari susu pertumbuhan. Anak usia 2-5 tahun dapat minum susu sebanyak 400-600 cc per hari, atau sekitar 2-3 gelas.
 

Sumber:

  1. parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=kids&id=683
  2. cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetails.aspx?p=114&np=302&id=1788
  3. wyethnutrition.co.id/products/s-26-promise-gold
  4. wyethnutrition.co.id/products/s-26-procal-gold-rasa-vanila
  5. klikdokter.com/tanyadokter/anak/29766-memilih-susu-formula
  6. health.kompas.com/read/2012/02/23/15582659/waspadai.kadar.gula.dalam.susu.pertumbuhan

Diakses pada 9 Juni 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya