Mam, Yuk Terapkan Hal Ini di Rumah untuk Mengembangkan Kemampuan Belajar dan Bakat Natural Si Kecil

Mam, Yuk Terapkan Hal Ini di Rumah untuk Mengembangkan Kemampuan Belajar dan Bakat Natural Si Kecil

Anak usia toddler, yaitu ketika Si Kecil berada pada usia 1-3 tahun, merupakan masa-masa terbaik bagi perkembangannya. Pada masa ini, khususnya pada dua tahun pertama usianya, dikenal juga sebagai masa-masa yang penting untuk membangun kemampuan kognitif dan perilaku yang akan menentukan masa depan Si Kecil hingga ia tumbuh dewasa nanti1. Si Kecil yang berusia dua tahun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan perkembangan otaknya sudah mencapai 80% dari otak orang dewasa.1

Karena di tahapan usia ini perkembangan Si Kecil sangat pesat, ia sangat butuh didampingi oleh Mams dan Paps agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal sehingga bakat naturalnya bisa terasah. Untuk dapat mendampingi dan mendukung Si Kecil bereksplorasi mengasah bakat naturalnya, tak ada salahnya Mams dan Paps mempelajari hal-hal baru seperti tips parenting yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan menerapkan tips-tips parenting yang sesuai, Mams dan Paps sebagai orang tua dapat mendampingi Si Kecil belajar tanpa hambatan (Uninterrupted Learning Ability). Yuk, simak beberapa tips parenting yang bisa Mams dan Paps terapkan di rumah untuk mendukung bakat natural Si Kecil.

  • Menerapkan Metode Parent-Child Led
    Metode Parent-Child Led adalah sebuah metode parenting di mana Mams dan Paps sebagai orang tua mendampingi Si Kecil ketika ia mengeksplorasi hal-hal yang ia sukai sesuai bakat naturalnya. Jadi, Mams dan Paps bertugas membimbing dan memfasilitasi Si Kecil saat ia melakukan kegiatan yang diminati. Dengan begitu, Si Kecil dapat meraih rasa percaya diri karena diberikan kepercayaan dalam memilih minat dan mengembangkan bakat.
     
  • Mendorong Unstoppable Exploration
    Lewat metode parenting yang satu ini, Mams dan Paps diharapkan mengajak Si Kecil terus bereksplorasi secara rutin serta memperkenalkan Si Kecil terhadap beragam info maupun aktivitas yang berhubungan dengan minat serta bakat naturalnya. Tentunya selama proses belajar, Mams dan Paps tetap harus memfasilitasi minat Si Kecil hingga usianya bertambah karena rasa ingin tahu dan proses belajar Si Kecil akan terus berkembang hingga ia dewasa.
     
  • Mempraktikan Learning Through Nature
    Ada banyak sekali manfaat dari bermain dan belajar dari alam (Learning Through Nature) untuk tumbuh kembang Si Kecil, mulai dari mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, jadi lebih aktif secara fisik, serta perkembangan motorik, kognitif, sosial dan emosional pun jadi lebih baik2. Tak hanya itu bermain di alam memberikan banyak kesempatan bagi Si Kecil untuk mengasah kreativitas, meningkatkan fokus dan disiplin, hingga melatih kemampuan problem-solver untuk proses belajar anak.3

 

Dengan menerapkan ketiga tips parenting ini di rumah, Mams dan Paps sudah mendukung Si Kecil untuk memiliki kemampuan belajar tanpa hambatan (Uninterrupted Learning Ability). Proses belajar yang tak terhambat penting untuk mendukung bakat natural yang dimiliki Si Kecil terus berkembang tanpa henti sehingga akhirnya Si Kecil bisa menjadi versi terbaiknya di masa depan. Jangan lupa, dampingi dan tetap berikan kebebasan kepada Si Kecil untuk berekplorasi secara mandiri agar proses belajarnya tak terhambat, ya.

Selain menerapkan tips parenting tadi, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil ya Mams. Untuk Si Kecil yang sudah berusia satu tahun ke atas, Mams juga bisa memberikannya susu sebagai salah satu asupan nutrisinya4. Di dalam susu terkandung banyak nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, lemak, hingga vitamin dan mineral seperti kalsium, fosfor, vitamin B, dan terkadang beberapa susu ditambahkan vitamin D fortifikasi.5 Nutrisi-nutrisi ini memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil, misalnya protein dan kalsium yang membantu kesehatan dan pertumbuhan tulang.  

Untuk mendukung Si Kecil mengembangkan bakat natural mereka, Mams juga bisa memberikan S-26 Procal Ultima Multicare System. S-26 Procal Ultima Multicare System adalah susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim bubuk berasal dari sapi A2. S-26 Procal Ultima Multicare System juga dilengkapi dengan Omega 3, Omega 6, Tinggi Vitamin D, Tinggi Kalsium, Tinggi Protein, Tinggi Zat Besi, Tinggi Selenium, serta mengandung Serat Pangan dapat membantu lengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Dengan pemberian nutrisi yang seimbang serta penerapan metode parenting yang tepat, Mams turut mendukung Si Kecil berkembang tanpa henti dan menjadi versi terbaiknya di masa depan.

Info lebih lanjut mengenai produk, kunjungi:
https://www.wyethnutrition.co.id/products/s26-procal-ultima
 

Sumber:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5987539/
  2. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0229006
  3. https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-get-vitamin-d-from-sunlight/
  4. https://medlineplus.gov/ency/article/001973.htm
  5. https://www.healthline.com/nutrition/foods/milk#vitamins-and-minerals