Berpikir Sebagai Tahap Lanjutan Proses Belajar Anak

"Berpikir" Sebagai Tahap Lanjutan Proses Belajar Anak

Berpikir adalah proses lanjutan dalam proses belajar si kecil. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu yang ingin proses berpikir si kecil makin maksimal.

Waktu membaca: 3 menit
Mengasah kemampuan berpikir si kecil memang butuh kesabaran. Namun, percayalah jika setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Hebat.

Segudang Kehebatan si kecil memang sangat menggemaskan. Namun, tahukah Mam jika hal tersebut tidak terjadi begitu saja. Dalam proses belajarnya ada beberapa tahapan yang harus dilaluinya yakni pengamatan, berpikir dan aksi. Tanpa Mam sadari, saat melihat dan mengamati sesuatu sudah memulai proses berpikirnya lho. Yuk, ketahui tahap perkembangan si kecil melalui ulasan berikut ini.

Berpikir adalah proses lanjutan dalam proses belajar si kecil. Dalam tahap ini, si kecil mengolah informasi dari apa yang didengar dan dilihatnya lalu disimpan dalam otak. Saat proses ini berlangsung logika anak mulai bekerja dann menghasilkan sebuah hasil, yakni berubah aksi untuk menirukan atau bisa juga dengan sebuah pemecahan masalah.

Bagi para ibu yang ingin proses berpikir si kecil makin maksimal, bisa memberikan dukungan berupa memberikan asupan gizi yang tepat. Menu ikan, terutama ikan tuna dan salmon adalah menu sehat kaya kandungan omega-3 yang mampu meningkatkan perkembangan otak anak. Dengan memberikan asupan makanan yang tepat, proses belajar si kecil akan makin lancar. pasti ingin kan punya anak yang mudah menerima informasi dan dapat mengolahnya dengan baik.

Beberapa anak mungkin mengalami kemampuan berpikir yang kurang. Hal ini ditandai dengan proses menangkap informasi yang agak lama. Namun, Mam jangan terburu cemas bahkan mengatakan hal kasar yang bisa membuat mentalnya down. Coba ajak si kecil untuk bermain di luar. Suasana alam yang sejuk dan nyaman akan membuat pikirannya lebih terbuka dan rileks.

Pada kesempatan itu, coba pancing si kecil untuk berpikiran kritis. Misalnya "Wah hujan, Gimana ya biar kita bisa berteduh di sana tanpa basah?" hal sederhana ini akan merangsang si kecil untuk berpikir, mencari solusi dan menemukan jawabannya. Mam, bersiaplah untuk mendengar jawaban si kecil yang beraneka ragam. Namun, saat dia berhasil memberikan solusi yang tepat berikan dia pujian agar makin percaya diri.

Mengasah kemampuan berpikir si kecil memang butuh kesabaran. Namun, percayalah jika setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Hebat. Jadi, yuk terus bantu dan dukung si kecil, Mam.
 

Sumber:

  1. http://www.rootsofaction.com/critical-thinking-ways-to-improve-your-childs-mind-this-summer/
  2. http://www.criticalthinking.com/testimonial