Sphingomyelin, Nutrisi Penting untuk Dukung Kerja Otak Anak

Mam, periode bayi dan usia dini adalah masa yang terpenting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil.  Untuk itu anak memerlukan nutrisi yang baik agar pertumbuhan, perkembangan dan kerja otaknya dapat berjalan optimal. Salah satu nutrisi penting untuk mendukung perkembangan kerja otak anak adalah sphingomyelin. Tahukah Mam apa itu sphingomyelin? Yuk, cari tahu apa yang dimaksud dengan sphingomyelin dan apa fungsinya dalam mendukung perkembangan otak anak dengan membaca penjelasan singkat berikut ini.
 
  • Sphingomyelin adalah phospholipid yang merupakan komponen integral dari selubung myelin.  Selubung myelin ini nantinya menyelimuti sel saraf dan mempercepat impuls antar sel saraf.

  • Myelinisasi mendukung proses perkembangan saraf yang memangaruhi kemampuan kognitif si Kecil dan membantu operasi mental lebih cepat. Hal ini akan membantu kerja memori, meningkatkan kecerdasan, dan perkembangan keterampilan bahasa anak.

  • Singkatnya, sphingomyelin berfungsi menjaga saraf otak anak agar dapat bekerja dengan baik sehingga mendukung kemampuan konsentrasi dan daya ingat anak.

  • Phospholipid sendiri adalah golongan senyawa lipid, bagian dari sel manusia, yang fungsinya menyusun sel-sel, termasuk sel-sel otak anak.

  • Otak kita kaya kandungan lipid yang sebagian besar merupakan phospholipid.

  • Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber sphingomyelin alami dan dianjurkan oleh WHO untuk diberikan pada bayi secara ekslusif pada enam bulan pertama kehidupan bayi. 

  • Sphingomyelin juga bisa didapat dari produk susu.

  • Sphingomyelin termasuk kelompok zat non-esensial yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Dengan catatan bahwa tubuh mendapat asupan gizi esensial seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lainnya dengan cukup.

Mengingat sphingomyelin bermanfaat bagi perkembangan dan kerja otak si Kecil, pastikan ia mendapatkannya ya, Mam. Selain itu, Mam juga perlu memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan nutrisi lainnya yang juga baik bagi otak anak. Stimulasi yang sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak dan dilakukan secara rutin juga penting untuk dukung kerja otak si Kecil, lho.
 
Sumber:
Delplanque, Bernadette; Gibson, Robert†; Koletzko, Berthold‡; Lapillonne, Alexandre§; Strandvik, & Birgitta|. (2015). Lipid Qualiry in Infant Nutrition: Current Knowledge and Future Opportunities. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition. 
Schneider, N., Hauser, J., Oliveira, M., Cazaubon, E., Mottaz, SC., O’Neill, BV. Steiner, P., & Deoni, SCL. (2019). Sphingomyelin in Brain and Cognitive Development: Preliminary Data.  doi: 10.1523/ENEURO.0421-18.2019.
 
https://www.parentingclub.co.id/daribelajarjadihebat/nutrisi/perkenalkan-sphingomyelin-dan-perannya-dalam-perkembangan-otak-si-kecil
 
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6709232/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya