Permainan Edukatif Anak SD yang Mendidik

Permainan Edukatif Anak SD yang Mendidik

Bicara mainan edukatif, biasanya yang terbesit adalah mainan untuk balita. Padahal, sampai usia SD, anak masih perlu bermain

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 5 menit
Ayo stimulasi si Kecil melalui permainan anak yang mendidik dan sesuai umurnya untuk mengembangkan otaknya pada periode emas.

Bicara mainan edukatif, biasanya yang terbesit adalah mainan untuk balita. Padahal, sampai usia SD, anak masih perlu bermain.

Ayo stimulasi si Kecil melalui permainan edukatif anak SD yang mendidik dan sesuai umurnya untuk mengembangkan otaknya pada periode emas.

Bicara mainan edukatif, biasanya yang terbesit adalah mainan untuk balita. Padahal, sampai usia SD, anak masih perlu bermain. Apa saja permainan anak SD yang mendidik?

Yuk, cari tahu pilihan permainan edukatif anak SD yang dapat mendukung sinergi kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil!

Usia 0-6 tahun adalah periode emas tumbuh kembang si Kecil yang harus dioptimalkan. Dalam fase ini, si Kecil memiliki kemampuan menyerap informasi sangat tinggi. Karena itu, berbagai stimulasi, baik sensorik maupun motorik harus terus diberikan untuk perkembangan otak si Kecil.

Supaya tetap menyenangkan, stimulasi bisa dilakukan dengan berbagai permainan edukatif anak SD yang mendidik sesuai usianya. Ini karena kebutuhan anak 2 tahun tentu berbeda dengan anak 6 tahun. Anak 2 tahun masih fokus pada aktivitas fisik sementara 6 tahun sudah bisa diajak untuk lebih menggunakan akalnya. 

Menentukan apa mainannya pun susah-susah gampang ya, Mam!

Kadang niat bermain jadi hilang karena bingung mainan apa yang harus dimainkan. Padahal sebetulnya bisa apa saja, hanya pastikan mainan itu bermanfaat untuk perkembangan Akal, Fisik, dan Sosialnya, ya!

Kepintaran Akal berkaitan dengan kemampuan kognitif yang meliputi Word Smart, Number Smart, Picture Smart, dan Music Smart. Kepintaran Fisik meliputi Body Smart dan Nature Smart. Di sisi lain, Kepintaran Sosial si Kecil meliputi Self Smart dan People Smart.

Berikut ini adalah sejumlah ide permainan edukatif anak SD yang dapat Mam dan Pap berikan kepada si Kecil sesuai jenis kepintarannya:

Kepintaran Akal

  • Puzzle angka, bentuk geometrik, kalkulator, balok susun, origami sederhana, stacking ring, kereta api, mobil-mobilan, monopoli, sempoa (Number Smart).
  • Aneka alat musik mainan, mikrofon mainan, perekam suara, kotak musik, buku audio (Music Smart).
  • Buku cerita, stempel alfabet, buku audio, boneka, mainan karakter, telepon, rumah-rumahan, laptop mainan (Word Smart).
  • Buku gambar, alat menggambar/mewarnai, balok susun, papan tulis kecil, adonan/tanah liat mainan (Picture Smart).
  • Tebak-tebak deskripsi juga bisa jadi permainan edukatif anak SD yang seru, loh! Permainan ini sudah bisa dilakukan saat si Kecil berusia 3 tahun. Mam dan Pap menyebut deskripsi suatu benda untuk ditebak si Kecil. Cocok dilakukan saat terjebak macet!

Kepintaran Fisik

  • Bola, tali untuk lompat tali, kuda-kudaan, ayunan, perosotan, sepeda roda tiga, gelembung sabun (Body Smart).
  • Mainan alat berkebun, karakter/boneka hewan, tenda mainan, teropong (Nature Smart).
  • Permainan edukatif anak SD yang bersifat tradisional seperti galasin, petak umpet, atau engklek juga bisa sekalian mengenalkannya pada budaya Indonesia.

Kepintaran Sosial

  • Buku diary, alat tulis/gambar, adonan/tanah liat mainan (Self Smart).
  • Monopoli, tenda mainan, rumah-rumahan, bola, boneka, karakter/figur miniatur (People Smart).
  • Bermain role play seperti dokter-dokteran atau penjual dan pembeli juga meningkatkan imajinasi dan kemampuan berbahasa si Kecil.


Selain hal-hal di atas, Mam juga perlu dukung si Kecil tumbuh dengan nutrisi yang tepat. Salah satu caranya dalah dengan memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Misalnya saja S-26 Procal Nutriessentials yang dukung pertumbuhan anak usia 1-3 tahun serta kaya akan kolin, zat besi, zink, protein, tinggi kalsium, vitamin D, B1, B2, dan B12.  

Banyak, ya Mam? Jadi, jangan takut kehabisan ide deh! Ayo, stimulasi si Kecil melalui #CaraPintarMam untuk mendidik anak sesuai umurnya untuk mengembangkan otaknya pada periode emas!

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
belum ada rating

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login