Perkembangan Bahasa Anak

Kenali Perkembangan Bahasa Si Kecil dan Stimulasi yang Dapat Diberikan

1000 hari pertama adalah masa penting dalam proses perkembangan bayi dalam aspek bahasa. Oleh karena itu, stimulasi bayi yang tepat perlu diberikan oleh Mam.

Waktu membaca: 5 menit
Di 12 bulan pertama kehidupan si Kecil, perkembangan bayi dalam hal bahasa selalu mengalami perubahan setiap bulannya.

1000 hari pertama kehidupan adalah masa penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pada periode ini otak si Kecil sedang berkembang dengan sangat pesat. Karena itu, waktu 1000 hari pertama kehidupan juga sangat penting dalam proses perkembangan bayi dalam aspek bahasa. Masa ini memang masa dimana si Kecil dapat dengan mudah menyerap bahasa, tetapi agar perkembangan bahasanya berjalan secara optimal, stimulasi bayi yang tepat juga perlu Mam berikan.

Di 12 bulan pertama kehidupan si Kecil, perkembangan bayi dalam hal bahasa selalu mengalami perubahan setiap bulannya. Nah, agar Mam dapat memberikan stimulasi bayi yang tepat untuk perkembangan bahasa si Kecil, yuk kenali dulu tahap perkembangan bahasa si Kecil sejak ia lahir sampai berusia 1 tahun.

1 bulan

Tangisan adalah bahasa yang digunakan si Kecil di usia ini. Ia menggunakan berbagai jenis tangisan untuk menyampaikan bahwa ia lapar, lelah, bosan atau tidak nyaman.

2 bulan

Di usia ini si Kecil sudah dapat menggunakan beberapa jenis suara yang berbeda. Tetapi suara-suara ini hanya sekedar suara dan tidak ada arti yang khusus. Ia juga mulai memperhatikan bahasa tubuh orang-orang yang ada di sekitarnya.

3 bulan

Saat ini keterampilan si Kecil untuk mendengar sudah semakin sempurna. Ia biasanya akan diam saat mendengar suara yang lembut. Ia juga membuat setidaknya dua suara seperti ‘aaah’ dan ‘uuuh’. Biasanya ia akan mengoceh saat ia senang.

4 bulan

Di usia 4 bulan ini si Kecil mulai tertawa saat Mam menghiburnya. Ia juga sudah bisa membuat suara-suara yang tujuannya untuk menarik perhatian Mam.

5 bulan

Si Kecil kini semakin jago membuat berbagai suara. Ocehannya mulai mengkombinasikan beberapa huruf hidup dan huruf mati. Misalnya, ‘nananana’. Si Kecil juga akan memperhatikan ekspresi wajah Mam dan menirukannya.

6 bulan

Nah, di usianya sekarang ini perkembangan bayi dalam aspek bahasa semakin meningkat. Ia akan menyesuaikan ucapannya dengan ucapan Mam seakan sedang mengobrol. Ia juga mulai bisa membuat suara dengan lebih banyak huruf hidup dan huruf mati, seperti ‘da’ dan ‘ma’.

7 bulan

Kini si Kecil terlihat dapat membedakan dan memahami berbagai nada bicara. Misalnya mengenali nada bicara Mam saat sedang gembira atau terkejut. Ia juga mulai merespon beberapa ucapan Mam. Misalnya merespon saat Mam berkata, “Lihat itu ada apa ya.”

8 bulan

Si Kecil senang mengulang suara yang sama berkali-kali. Terutama suku kata yang ia dengar Mam ucapkan.

9 bulan

Nah, di usianya ini si Kecil ada yang sudah mulai mengucapkan kata pertamanya, walau mungkin belum jelas. Ia juga semakin mahir mendengar saat Mam berbicara dan dapat memahami instruksi sederhana seperti, “Adik, ke sini.”

10 bulan

Si Kecil mulai bisa mengucapkan satu dua kata walau belum jelas. Ia juga senang mengoceh dalam nada tertentu, tetapi biasanya tetap tanpa arti yang pasti.

11 bulan

Si Kecil kini makin mahir mengikuti instruksi sederhana, Misalnya memberikan barang pada Mam atau melambaikan tangan saat diminta. Ia juga mulai bisa menunjuk gambar di dalam buku bergambarnya dan menyebutkan nama benda yang ia tunjuk.

12 bulan

Dapat menyebut tiga atau empat kata untuk menamai benda yang ia kenal. Misalnya ‘gukguk’ untuk menyebut anjing.

Berikut ini adalah beberapa stimulasi bayi sederhana tetapi penting yang dapat Mam berikan untuk dukung perkembangan bayi dalam aspek bahasa.
 

  1. Selalu ajak si Kecil berbicara sejak ia dilahirkan walau ia belum bisa merespon. Bahkan Mam bisa mengajak si Kecil bicara sejak ia masih di dalam kandungan.
  2. Merespon saat si Kecil membuat suara. Misalnya dengan meniru suara tersebut dan menambahkan kata-kata. Cara ini akan membantu si Kecil belajar bagaimana berbahasa.
  3. Bernyanyi dan memperdengarkan musik dapat membantu si Kecil mengenal suara dan memperkenalkan kosakata.
  4. Membaca dan bercerita pada si Kecil akan membantu mengembangkan kemampuan berbahasa si Kecil.


Masih banyak stimulasi bayi lain yang dapat mendukung perkembangan bahasa si Kecil. Nah, jika Mam mempunyai pertanyaan seputar perkembangan bahasa si Kecil atau perkembangan bayi dalam aspek lainnya, Mam bisa menyampaikannya melalui fitur Smart Consultation di Parenting Club, lho. Di sana, setiap pertanyaan Mam akan dijawab oleh ahli yang sesuai.
 

Sumber:

  1. https://www.nidcd.nih.gov/health/speech-and-language
  2. https://www.gosh.nhs.uk/medical-information-0/procedures-and-treatments/speech-and-language-development-birth-12-months
  3. https://raisingchildren.net.au/babies/development/language-development/language-development-0-8
  4. https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/positiveparenting/infants.html

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
belum ada rating
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login