Peran Keluarga Dalam Tahun Pertama Si Kecil

Peran Keluarga Dalam Tahun Pertama Si Kecil

Keluarga adalah tempat pertama anggota keluarga baru belajar banyak hal.Dukungan keluarga akan menjadikannya anak yang tumbuh dengan penuh kasih saying dan percaya diri

Waktu membaca: 3 menit
Jika dia tumbuh dalam lingkungan yang penuh kasih sayang, maka dia akan menjadi anak yang periang, hangat dan mampu mengendalikan emosi dengan baik. Berbeda, dengan si kecil yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh amarah maka dia akan tumbuh menjadi personal yang sama

Keluarga adalah tempat pertama anggota keluarga baru belajar banyak hal, begitu juga si kecil pada tahun pertamanya. Dukungan keluarga akan menjadikannya anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang, percaya diri serta penuh dengan aksi pintar. Untuk mengetahui peranan keluarga selengkapnya pada tahun pertama si kecil, simak yang berikut ini yuk, Mam.

Pada tahun pertamanya, si kecil mulai belajar meniru dan melakukan hal yang sama dengan apa yang dilihatnya. Keluarga memberikan potret tersebut setiap harinya. Heidi Smith Luedtke, seorang psikolog di Northern Virginia sekaligus penulis buku Detachment Parenting: 33 Ways to Keep Your Cool When Kids Melt Down mengatakan keluarga, terutama orang tua menjadi model terbentuknya karakter si kecil
Jika dia tumbuh dalam lingkungan yang penuh kasih sayang, maka dia akan menjadi anak yang periang, hangat dan mampu mengendalikan emosi dengan baik. Berbeda, dengan si kecil yang tumbuh dalam lingkungan yang penuh amarah maka dia akan tumbuh menjadi personal yang sama. Di sinilah keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter si kecil di masa yang akan datang.
 
Keluarga juga berperan dalam kehidupan si kecil dan perkembangan emosionalnya. Melihat cara Mam yang ramah dan hangat ketika berinteraksi dengan orang lain akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang mudah bergaul dan ramah. Potret hubungan keluarga sehari-hari juga akan membentuk kepribadian si kecil.
 
Tradisi keluarga juga merupakan faktor utama pembentukan si kecil. Jika keluarga terbiasa untuk membuatnya berusaha saat belajar berjalan, membiasakan mencuci tangan sebelum  makan dan menggunakan bahasa yang lembut saat berkomunikasi. Hal inilah yang akan membentuk si kecil menjadi anak yang sehat, penuh aksi cerdas dan hebat.

Mengingat keluarga memiliki peran yang sangat penting, Mam dan seluruh anggota keluarga di rumah harus turut mendukung  si kecil agar dia bisa tumbuh dengan baik dan optimal. (mom/ay)
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

5 Langkah Mudah Mengajari Si Kecil Menyikat Gigi

Umumnya, gigi pertama bayi tumbuh saat ia berusia 6-7 bulan.