Kenali Penyebab Perubahan Hormon Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Perubahan Hormon Kehamilan dan Cara Mengatasinya

Perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita hamil pasang dan surut bagaikan ombak di laut.

Waktu membaca: 3 menit
perubahan hormonal bias membuat suasana hati ibu hamil sangat sensitif dan mudah senang atau sedih tiba-tiba.

Perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita hamil pasang dan surut bagaikan ombak di laut. Perubahan hormonal inilah yang menyebabkan wanita hamil kerap mengalami berbagai keluhan kesehatan termasuk mudah lelah, sakit kepala dan mual. Bahkan perubahan hormonal ini juga bisa mempengaruhi suasana hati ibu hamil sehingga sangat sensitif dan mudah senang atau sedih tiba-tiba.

Estrogen dan Progesteron
Peningkatan estrogen selama kehamilan memungkinkan rahim dan plasenta untuk mendukung perkembangan otak dan fisik janin. Selain itu, estrogen diduga memainkan peran penting dalam membantu janin berkembang dan matang. Kadar estrogen meningkat terus selama kehamilan dan mencapai puncaknya pada trimester ketiga. Peningkatan pesat kadar estrogen selama trimester pertama dapat menyebabkan kondisi seperti mual. Sementara itu, selama trimester kedua, memainkan peran utama dalam pengembangan saluran susu yang memperbesar payudara.

 Bagaimana cara mengatasi gangguan kesehatan pada awal kehamilan?
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah berolahraga secara teratur meskipun berintensitas ringan.

 

  • Hindari olahraga di luar ruangan selama panas yang berlebihan dan lembap;
  • Latihan di daerah dengan sirkulasi udara yang baik
  • Berenang
  • Minum banyak cairan selama latihan, baik saat olahraga di luar ruangan maupun di dalam ruangan.
  • Selalu sediakan botol air minum di dalam tas, bisa berupa air putih, jus buah atau susu. Hindari minuman berkafein dan soda.
  • Usahakan untuk minum banyak air untuk menghidrasi tubuh meskipun ketika Anda tidak haus.
  • Kenakan baju dengan bahan yang nyaman serta menyerap keringat
  • Gunakan bra yang bisa mendukung payudara dengan nyaman

 
Secara umum, sebaiknya ibu hamil menghindari beberapa hal berikut:

 

  • Hindari sauna dan ruang uap.
  • Batasi bak air panas dan jacuzzy selama beberapa menit dan hanya setelah melakukan pendinginan dari latihan rutin utama Mam
  • Jangan berolahraga ketika Mam sakit atau demam 
     

Sehat terus ya, Mam… semangaatt…
 

Wyeth milestone content listing for article

Ini Alasan Ibu Hamil Harus Rajin Berolahraga

Meski tengah berbadan dua, Mam tetap harus rajin berolahraga, lho.
Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login