Di masa pertumbuhan, Si Kecil masih meraba-raba untuk mengenali banyak hal dan memiliki kebiasaan baru. Tidak heran jika banyak perilaku unik yang tidak biasa Mam lihat.

Pentingnya Memahami Perilaku Anak Untuk Mengembangkan Potensi Naturalnya

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 5 menit

Di masa pertumbuhan, Si Kecil masih meraba-raba untuk mengenali banyak hal dan memiliki kebiasaan baru. Tidak heran jika banyak perilaku unik yang tidak biasa Mam lihat. Kewalahan akan perilaku barunya itu memang wajar, maka dari itu memahami perilaku anak sangat penting. 

Memahami Perilaku Anak

Di fase ini, anak masih mempelajari banyak hal tentang dirinya dan bagaimana dia berinteraksi dengan sekitarnya. Dengan segala perubahan yang ada, yang paling menonjol adalah pengaturan diri yang berkaitan dengan cara dia mengambil keputusan dan merespons pada situasi sulit. 

Lalu kemampuan sensorik yang berkaitan dengan cara Si Kecil menggunakan dan merasakan pengalaman indrawinya sehingga yang berdampak pada perilaku Si Kecil. Perilaku anak juga terpengaruh oleh perkembangan emosi Si Kecil serta kesadaran bahwa dia dapat berfungsi secara aktif.

Perilaku anak sangat sendiri berpengaruh pada caranya mengembangkan potensi natural yang dia miliki. Hanya saja saat sedang berkembang, tidak jarang Si Kecil mengalami masalah perilaku. Di antara masalah perilaku yang sering ditemukan pada anak di masa pertumbuhan adalah seperti kesulitannya mengelola emosi dan kontrol impuls yang buruk. 

Kedua hal di atas sangat wajar dan lazim ditemui.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Cerdas Usia 1 Tahun yang Wajib Mama Pahami

Di masa ini, Si Kecil masih belajar memproses dan mengontrol informasi untuk membentuk pemahaman akan dunia di sekitarnya. Cara dia mengekspresikan sesuatu terhambat oleh kurangnya kemampuan berbahasa dan logika pikiran yang belum sebaik orang yang lebih dewasa. Maka dari itu, tantrum dan masalah perilaku lainnya bukan hal asing pada anak-anak.

Mengembangkan Potensi Natural Si Kecil

Nah, jika Mam telah memahami perilaku anak dengan segala permasalahan yang kerap dihadapinya, ini menjadi saat yang tepat untuk mengembangkan potensi naturalnya. Anak-anak merupakan pengamat yang baik. Karena banyak hal yang tidak dia ketahui, maka, dengan kemampuan komunikasi yang terbatas, cara yang bisa dia lakukan adalah mengamati sebanyak mungkin dunia sekitarnya. 

Dengan arahan yang tepat, maka Mam bisa mengembangkan potensi natural Si Kecil melalui cara-cara berikut:

1. Memelihara binatang

Ada berbagai manfaat dari memelihara binatang bagi Si kecil. Binatang peliharaan memberikan rasa nyaman dan dapat menjadi teman terbaik untuk Si Kecil. Selain itu, manfaat yang dihadirkan dari memelihara binatang sangat berdampak positif bagi potensi yang sedang dikembangkan oleh Si Kecil.

Di antara sederet manfaat memelihara binatang bagi Si Kecil adalah kemampuannya untuk meredam atau mengurangi tingkat stres, mengusir kesendirian karena selalu ada teman, membangun empati dan kasih sayang, mengajarkan tanggung jawab, membangun kepercayaan diri, serta mengurangi rasa cemas.

Selain itu, memelihara binatang secara unik bisa meningkatkan kemampuan berbahasa. Jika Si Kecil dilanda stres dan kecemasan saat belajar membaca serta kesulitan mengeja, coba ajak mereka membacakan sesuatu pada binatang peliharaan. Sedikit demi sedikit stres dan kecemasan itu akan hilang. Mereka akan semangat membacakan sesuatu pada binatang peliharaan karena tidak terasa seperti belajar.

2. Eksplorasi alam

Mengeksplorasi alam memberikan Si Kecil kesempatan untuk bertualang dan mengenali dunia luar. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan dengan Si Kecil adalah berjalan-jalan sambil mengeksplorasi keindahan alam. 

Melalui cara ini, Si Kecil bisa mengamati lingkungan sekitar dengan seluruh indra nya. Si Kecil dapat belajar memfokuskan perhatiannya sekaligus memerhatikan dengan detail suasana di sekitarnya. Keingintahuannya akan mencuat dan Mam akan melihat bagaimana dia berinteraksi dengan alam.

Apa yang dia sukai dan tidak, apa yang ingin dia ketahui, dan lainnya. Sebagai permulaan, ajak Si Kecil untuk mengeksplorasi halaman, lalu taman dekat rumah, dan seterusnya.

Memahami perilaku anak dan mengembangkan potensi naturalnya juga perlu dibarengi dengan pemenuhan nutrisi harian dengan maksimal. Untuk itu, Mam sebaiknya selalu menyediakan asupan makanan dan minuman bermanfaat untuk pertumbuhan Si Kecil.

Oleh sebab itu, Mam dapat memasukkan S-26 Procal Ultima ke dalam asupan hariannya. S-26 Procal Ultima Multicare System merupakan susu pertumbuhan yang menggunakan susu skim dari sapi A2 untuk bantu lengkapi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun.

Segelas S-26 Procal Ultima mengandung tinggi Zat Besi, Omega 3 & 6, Selenium, serta Vitamin D dan vitamin serta mineral lengkap lainnya. S-26 Procal Ultima Multicare System tersedia dalam varian Can Top berukuran 850 gram.

Source : 

kidshealth.org/en/parents/self-control.html
health.clevelandclinic.org/benefits-of-sensory-play-ideas/ 
eccm.org/blog/cognitive-development-activities-for-toddlers 
greatergood.berkeley.edu/article/item/how_to_help_children_unleash_their_potential 
verywellfamily.com/how-kids-benefit-from-pet-ownership-5201854 
raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/sensory-play/noticing-nature-walk-activity-for-children-3-6-years 

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login