Mam, Sudah Tahu Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini Berikut Ini-thum.jpg

Mom Sudah Tahu Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini Berikut Ini

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 4 menit

Pernahkah Mam melihat reaksi Si Kecil saat mendengarkan musik? Baik dengan mata berbinar, senyum yang tersungging, kepala mengangguk-angguk, tubuh bergoyang, hingga bersenandung mengikuti nada. 
Selain membuatnya terhibur, musik juga ternyata berpengaruh pada perkembangan anak usia dini, loh Mam. 

Musik memantik berbagai aspek pada pertumbuhan Si Kecil serta melengkapi keterampilan yang dibutuhkan agar dia siap bersekolah. Ada beberapa aspek yang terdampak sebagai pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini, antara lain aspek motorik, aspek bahasa dan kognitif, serta aspek sosial dan emosional.

Pertanyaannya, bagaimana sih sebetulnya musik berpengaruh pada perkembangan Si Kecil?

Aspek motorik

Pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini datang dari sebuah penelitian yang menyebutkan adanya pengaruh positif dari musik pada keterampilan motorik secara spesifik, seperti kemampuan koordinasi mata-tangan dan gerakan berbeda secara terus-menerus.

Di sisi lain, bermain atau ‘menciptakan’ musik melalui gerakan, ketukan, dan tepukan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus maupun kasar. Lagu-lagu anak simple yang disenandungkan diiringi dengan bermain musik dapat meningkatkan kordinasi otak dan tubuh. Aktivitas musikal ini dapat membantu membangun koneksi di dalam otak pada periode pertumbuhan penting anak.

Baca Juga: Manfaat Belajar Musik untuk Anak

Aspek bahasa dan kognitif

Studi yang dilakukan Brain and Creativity Institute University of Southern California pada 2016 mengungkapkan bahwa pengalaman musikal pada anak-anak di usia dini dapat mempercepat pertumbuhan otak, khususnya pada kemampuan mempelajari bahasa serta kemampuan membaca. Lirik lagu yang disenandungkan juga bisa membuat Si Kecil dengan kata-kata baru sehingga dapat memperkaya perbendaharaan katanya.

Aspek sosial dan emosional

Melalui musik, anak-anak bisa belajar mengenai aspek sosial dan emosional. Pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini inilah yang tidak boleh diabaikan. Aktivitas yang diiringi dengan musik menurut penelitian cukup efektif sebagai bentuk pembelajaran sosial dan emosional. Penelitian juga menyebutkan bahwa anak-anak sejak usia tiga tahun dapat mengenali emosi dalam musik dan dapat memahami perasaan senang atau sedih dari potongan musik sebatas 0,5 detik saja. 

Mendengarkan musik memang mengasyikkan sekaligus bermanfaat, ya, Mam. Bukan hanya untuk orang tua, tapi juga untuk Si Kecil di masa pertumbuhan karena ternyata pengaruh musik pada perkembangan anak usia dini cukup besar. Banyak aspek pertumbuhan Si Kecil yang dipengaruhi oleh keberadaan musik, baik sekadar mendengarkan maupun turut memainkannya, terlebih jika dia ternyata berminat dan berbakat di bidang musik.

Oleh sebab itu, ajak Si Kecil mendengarkan musik yang tepat sesuai usianya sekaligus ajarkan dia bermain musik dan mengembangkan kreativitasnya. Pengembangan minat dan bakat akan musik akan membuatnya menjadi seorang unstoppable learner yang mau terus belajar mengeksplorasi hal baru yang membantu tumbuh kembangnya.

Aspek-aspek memang tersebut terpengaruh oleh kehadiran musik, namun yang tidak kalah penting adalah terpenuhinya nutrisi harian. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian, tubuh Si Kecil akan lebih cepat menyerap hal-hal yang mendukung pertumbuhannya sehingga segala aktivitas yang dilakukannya dapat lebih maksimal.

Untuk itu, sediakan selalu S-26 Procal Ultima. S-26 Procal Ultima merupakan susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim dari sapi A2 untuk bantu lengkapi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun. Segelas S-26 Procal Ultima mengandung tinggi zat besi, selenium, omega 3 & 6, vitamin D dan vitamin serta mineral penting lainnya untuk Si Kecil.

Tersedia dalam kemasan Can Top 850 gram, S-26 Procal Ultima Multicare System membantu Mams untuk mendukung bakat serta kreativitas apapun yang dimiliki setiap anak. Dengan demikian, jika dibiarkan berkembang tanpa henti, mereka bisa menjadi apapun versi terbaik mereka di masa depan.

Mam, Sudah Tahu Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini Berikut Ini-Info.jpg

 

Source :

portdiscovery.org/news-room/5-reasons-why-music-important-early-childhood-development
brighthorizons.com/family-resources/music-and-children-rhythm-meets-child-development 
edutopia.org/article/integrating-music-social-and-emotional-learning 

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login