Metode Parent-Child Led untuk Mengasah Bakat Natural Si Kecil

Metode Parent-Child Led untuk Mengasah Bakat Natural Si Kecil

Setiap anak merupakan individu yang unik. Selain sifat yang tak sama, masing-masing anak terlahir dengan berbagai bakat natural yang berbeda-beda, termasuk Si Kecil tercinta. Si Kecil di rumah bisa jadi memiliki bakat natural yang berkaitan dengan seni seperti menyanyi, melukis, atau memainkan alat music. Si Kecil juga bisa saja memiliki bakat natural dalam bidang olahraga, bahasa, atau malah bakat mekanik lho, Mams! Sebagai orang tua, Mams tentu ingin apa pun bakat natural Si Kecil dapat berkembang dengan baik hingga ia beranjak dewasa nanti. Di sinilah pentingnya peran orang tua mengetahui dan memahami bakat natural anak sejak dini, sehingga Mams dapat mendampingi serta membantu Si Kecil mengeksplorasi bakat naturalnya tanpa henti.

Mam tentu setuju, bahwa bakat natural Si Kecil sebaiknya diasah sejak ia berusia dini. Untuk itu, penting bagi Mams memberikan ruang bagi Si Kecil mengeksplorasi banyak hal agar ia dapat mengeluarkan bakat naturalnya. Pada tahapan usia 1 tahun ke atas, anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Ketangkasan dan pergerakan Si Kecil pun semakin berkembang sehingga ia senang sekali mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Semakin sering eksplorasi, Si Kecil jadi memiliki semakin banyak kesempatan mencoba berbagai hal baru. Lewat eksplorasi berbagai kegiatan ini, Mams tentu jadi bisa lebih memahami apa kira-kira bakat natural yang dimiliki Si Kecil.

Salah satu metode yang bisa Mams terapkan kepada Si Kecil untuk mengenali serta mengasah bakat natural anak adalah Metode Parent-Child Led. Lewat metode ini, alih-alih memaksakan kehendak orang tua pada anak, Mams sebagai orang tua didorong untuk membiarkan Si Kecil bermain dan melakukan hal-hal yang ia minati. Namun bukan berarti orang tua lalu lepas tangan begitu saja ya, Mams. Lewat metode ini, orang tua tetap membimbing dan mendampingi anak saat ia bermain atau melakukan kegiatan yang dipilih dan disukainya. Dengan memfasilitasi dan memberikan Si Kecil kesempatan untuk bermain dan melakukan berbagai hal yang ia suka, Si Kecil akan merasa diberikan kepercayaan oleh orang tua untuk memilih sendiri minat dan bakat mereka.

Ada banyak manfaat positif ketika Mams menerapkan metode Parent-Child Led ini, lho. Menurut jurnal Emerging Minds, sebuah Pusat Tenaga Kerja Nasional untuk Kesehatan Mental Anak dari Australian Institute of Family Studies, saat orang tua meluangkan waktu untuk mengamati Si Kecil yang sedang melakukan kegiatan seperti bermain atau  ikut bermain bersama anak,  orang tua mendapat kesempatan untuk melihat dunia dari sudut pandang sang anak. Dengan begitu, orang tua tak hanya jadi lebih mengerti perasaan Si Kecil tapi juga mampu mengetahui apa kebutuhan Si Kecil dan seperti apa pola pikir anak untuk membantu mengembangkan bakat natural yang ia miliki!

Selain itu, menurut sebuah jurnal dari The American Academy of Pediatrics, mendampingi anak-anak saat bermain adalah kesempatan yang baik untuk memperkuat hubungan orang tua dengan anak. Saat bermain dengan Si Kecil, orang tua jadi terlibat dalam kegiatan anak.  Jadi, pastikan Mams selalu meluangkan waktu untuk menemani Si Kecil bermain, ya.

Saat menerapkan metode Parent-Child Led untuk mengembangkan bakat Si Kecil, penting juga bagi Mams memperhatikan dan mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat proses belajar Si Kecil, misalnya saja masalah pencernaan. Ketika Si Kecil mengalami masalah pencernaan, penyerapan makanan sebagai sumber nutrisi bisa jadi terganggu dan dapat berdampak pada sistem imun yang kemudian mengganggu perkembangan dan proses belajarnya. Inilah mengapa Mams perlu memberikan nutrisi baik untuk membantu sistem pencernaan Si Kecil sehingga si Kecil dapat bereksplorasi dengan nyaman!

S-26 Procal Ultima Multicare System merupakan susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim bubuk dari sapi A2. S-26 Procal Ultima Multicare System mengandung nutrisi seperti Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), Tinggi Protein, Tinggi Kalsium, Tinggi Selenium, Tinggi Vit. D dan Serat Pangan. Dapatkan info lebih lanjut mengenai S-26 Procal Ultima Multicare System dengan mengunjungi: https://www.wyethnutrition.co.id/products/s26-procal-ultima

Dengan metode pengasuhan yang tepat serta pemenuhan kebutuhan nutrisi yang lengkap, Mams telah membantu Si Kecil menemukan dan mengambangkan bakat naturalnya tanpa henti hingga ia dewasa nanti.