Nutrisi Penting untuk Dukung Daya Ingat Anak

Mam, perkembangan dan kerja otak yang optimal merupakan bagian penting agar daya ingat anak menjadi kuat. Nah, perkembangan otak dan kerja otak si Kecil sangat tergantung pada asupan nutrisi yang ia dapat selama ia di dalam kandungan Mam dan masa-masa awal kehidupannya. Jika perkembangan otak anak pada masa kehamilan baik, maka daya ingat anak dapat menjadi kuat, yang akan mendukung proses belajar. Nutrisi yang tepat pada saat masa kehamilan akan membantu syaraf otak untuk tumbuh dan saling terhubung, serta membuat syaraf-syaraf diselubungi dengan myelin. Myelin ini akan membantu perkembangan otak yang mengatur cara berpikir, mempengaruhi sistem sensori, belajar, daya ingat anak, kemampuan untuk konsentrasi, kemampuan untuk memroses informasi, hingga kemampuan untuk mengontrol mood dan dorongan hati. 

Setelah anak lahir pun ada beberapa hal dapat mempengaruhi perkembangan otaknya yang lagi-lagi akan dapat membantu meningkatkan daya ingat anak. Selain ASI dan bagaimana anak diasuh dalam lingkungannya, hingga saat ini para ahli juga percaya bahwa nutrisi yang diberikan pada anak dapat mendukung perkembangan otak yang sehat.  Ada beberapa jenis makanan yang memiliki nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak yang khususnya akan membantu meningkatkan daya ingat anak menjadi lebih yang baik.  Beberapa makanan tersebut adalah:

  1. Ikan
    Beberapa jenis ikan seperti ikan kembung dan salmon memiliki kandungan vitamin D, vitamin B6, omega-3 fatty acids seperti DHA dan EPA yang penting untuk membantu mempertajam daya ingat anak.

  2. Telur Makanan ini mengandung banyak protein, vitamin B12 dan kolin yang membantu pembentukan neurotransmitter pada otak yang berfungsi untuk membawa pesan dari dan menuju syaraf. Kolin juga memperbaiki fungsi mental dan perkembangan daya ingat. 

  3. Sayur-sayuran berwarna hijau gelap
    Sayur seperti brokoli, bayam, dan kangkung selain memiliki banyak kandungan zat besi. Sayur-sayuran ini juga memiliki banyak antioksidan dan sumber folat yang baik. Antioksidan dan folat dapat membantu menjaga dan memperbaiki sel-sel.

  4. Daging merah
    Daging merah yang berasal dari sapi, kambing, dan kerbau banyak mengandung zat besi yang membantu menyediakan asupan oksigen ke otak. Selain itu, daging merah juga mengandung zinc yang membantu mengatur kelancaran komunikasi antara syaraf dan saluran-saluran otak. 

  5. Kacang-kacangan
    Makan ini memiliki kandungan protein, zinc dan zat besi yang membantu perkembangan daya ingat anak.

  6. Hati ayam dan sapi
    Meskipun banyak anak yang tidak suka makanan ini karena baunya yang khas, hati ayam dan sapi memiliki kandungan folat dan vitamin A yang sangat penting bagi perkembangan otak.

  7. Buah-buahan
    Khususnya yang mengandung vitamin C tinggi seperti pepaya, manga, nanas, stroberi, dan buah naga dapat menjaga otak anak selalu siaga. Vitamin C pada buah-buahan juga membantu kesehatan otak.

Saat ia mulai belajar makan hingga anak mulai bersekolah, si Kecil perlu terus diberikan nutrisi-nutrisi yang dapat mendukung perkembangan dan kerja otaknya ya, Mam. Apalagi saat anak mulai memasuki usia sekolah, nutrisi-nutrisi dapat membantu menjaga daya ingat anak yang tentunya akan membantu proses belajar anak dan jadikan ia anak yang hebat. Jangan lupa untuk selalu memastikan penyajian makanan yang seimbang nutrisi dan variasinya ya, Mam.


Sumber:
https://www.health.harvard.edu/blog/brain-food-children-nutrition-2018012313168
https://www.mountelizabeth.com.sg/healthplus/article/brain-foods-kids 

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya