CaraPintarMam Mendidik Anak Mandiri dan Berani
Waktu membaca: 2 menit

#CaraPintarMam Mendidik Anak Mandiri dan Berani

Mam, mengajarkan kemandirian pada si Kecil nyatanya perlu dilakukan sejak usia dini agar sikap mandiri benar-benar tumbuh dalam dirinya. Alangkah baiknya, cara mendidik anak agar mandiri dan berani sebaiknya mulai diajarkan dan ditanamkan pada saat usia 2 hingga 5 tahun agar terbentuk menjadi sebuah fondasi yang akan dibawanya hingga dewasa.

1. Biarkan anak menentukan pilihan 
Berikan anak kesempatan untuk melihat dan mengobservasi setiap pilihan yang ada. Dalam hal ini, orangtua menjadi teman diskusi anak dalam menentukan pilihannya. Dalam diskusi, orangtua tak hanya memberikan pendapat atas setiap pilihan, namun juga membuka pikiran untuk menerima pendapat anak.

2. Berikan si Kecil kesempatan dan kepercayaan untuk melakukan aktivitasnya tanpa didampingi. 
Mam bisa memulai dari aktivitas sederhana, seperti makan, memakai baju, merapikan mainan atau kamar tidur dan aktivitas harian lainnya. Hindari menggunakan standar orang dewasa dalam menilai hasil kerjanya ya Ma! Hargai usaha dengan memberi semangat si Kecil saat menyelesaikan kegiatan dengan baik.

3. Berikan kesempatan pada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Saat Mam memberikan kebebasan si Kecil untuk menentukan dan melakukan hal sendiri, beri kesempatan juga untuk ia mengenal konsekuensi atas pilihannya. Biarkan si Kecil memutuskan solusi atas masalahnya. Baik atau tidak penyelesaiannya yang ia buat, hal tersebut akan menjadi pengalaman berharga dalam proses belajar mandiri.

Selain itu, Mam juga bisa mencoba #CaraPintarMam yang sudah dibagikan oleh mam @Grandma_enf dan si Kecil Freya yaitu dengan membuat Jam Mandiri.
 

CaraPintarMam Mendidik Anak Mandiri dan Berani

Menarik ya Mam, selain itu jangan lupa untuk bantu penuhi nutrisi si Kecil dengan S-26 Procal/Promise Nutrissentials dan Dukung Fondasi Belajar si Kecil dengan #CaraPintarMam Terbaik.