Beda Anak Beda Pintar: Kenali 8 Jenis Kepintaran Si Kecil

Di awal Oktober lalu, S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD baru saja melakukan serangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan konsep #BedaAnakBedaPintar dengan menghadirkan Thomas Armstrong, Ph.D, seorang pakar Multiple Intelligences yang langsung didatangkan dari American Institute for Learning and Human Development. Thomas Armstrong, Ph.D berbagi informasi seputar pentingnya memahami 8 jenis kepintaran anak yang terdiri dari word smart, number smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart, dan nature smart ke berbagai kalangan, mulai dari media, para Psikolog yang terlibat dalam perkembangan anak, para Dokter Anak dan juga kepada para orang tua yang concern terhadap perkembangan anak yang tergabung dalam ProGOLD Parenting Club member.

Kegiatan ini bertujuan agar semua pihak menyadari bahwa setiap anak pada dasarnya mimiliki 8 kepintaran tersebut. Sudah pasti orang tua harus belajar untuk mengenali 8 jenis kepintaran pada anak, tentu saja agar bisa memberikan stimulasi yang tepat dan asupan nutrisi yang baik, lengkap dan teratur kepada anak dan anak bisa bebas bereksplorasi dan mengembangkan kemampuannya dengan optimal.

"Kita bisa mengenali kepintaran anak dan menentukan cara terbaik untuk menstimulasi kepintaran tersebut dengan mengamati tingkah laku mereka," tutur Armstrong kepada rekan-rekan media dalam acara #BedaAnakBedaPintar: Memahami Multiple Intelligences & Peran Nutrisi di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (1/10).

Keesokan harinya, Prof. Thomas Armstrong, Ph.D kembali berbagi pengalamannya di bidang Multiple Intelligences kepada 30 perwakilan dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) yang hadir dari 10 kota di Indonesia. Meskipun informasi mengenai Multiple Intelligences bukanlah hal baru di bidang psikologi, namun terbukti dalam acara ini para Psikolog Perkembangan Anak memperoleh informasi-informasi baru yang dapat diterapkan untuk mendukung proses belajar anak.

Tak hanya kepada para ahli, Prof. Thomas Armstrong, Ph.D juga memberikan exclusive workshop bagi para anggota ProGOLD Parenting Club. Armstrong menuturkan bahwa orangtua sebaiknya tidak memaksa anak menguasai jenis kepintaran tertentu karena berisiko membuat anak stres. “Hal yang paling penting untuk diingat, setiap anak mempunyai perbedaan kepintaran dan stimulasi yang tepat akan menjadikan kepintaran anak bersinar” ujar Armstrong.
Menutup rangkaian acara, pada tanggal 4 Oktober 2015, Wyeth Nutrition bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengadakan acara ilmiah di Hotel Raffles Jakarta dengan topik “Supporting Children is Lifelong Success by Understanding Multiple Intelligence and Role of Nutrition” yang dihadiri oleh 130 dokter spesialis anak. Dalam kesempatan ini, Dr. Rini Sekartini SpA(K) berbagi informasi tentang peran nutrisi dalam tumbuh kembang anak serta perkembangan fungsi otak.

Selain melalui rangkain acara diatas, S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD juga terus berupaya meningkatkan kesadaran para orangtua akan #BedaAnakBedaPintar melalui akun Facebook ProGOLD Parenting Club dan Twitter @ProGOLDParent. Untuk informasi lebih lanjut, para orang tua dapat mengunjungi www.progoldparentingclub.co.id atau menghubungi PROGOLD Careline di no bebas pulsa 0800 1821 526 setiap hari Senin – Jumat Pk. 08.00 – 17.00 WIB.

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya