Musik Membantu Balita

Bagaimana Musik Membantu Perkembangan Balita

Ternyata musik tidak hanya sekedar alunan indah yang dapat menghibur banyak orang, tapi juga dapat membantu perkembangan balita.

Waktu membaca: 2 menit
Manfaat dari musik adalah dapat membantu perkembangan balita.

Ternyata musik tidak hanya sekedar alunan indah yang dapat menghibur banyak orang, tapi juga memiliki banyak manfaat lain. Salah satu manfaat dari musik adalah dapat membantu perkembangan balita.

Anak usia balita memang berada pada periode emas, jika kita melakukan stimulasi yang tepat maka perkembangannya akan bagus dan mereka dapat tumbuh menjadi anak pintar.

Menurut beberapa penelitian, stimulasi musik sejak usia balita akan mempengaruhi perkembangan otak. Bahkan anak-anak yang belajar cara memainkan alat musik akan memiliki kemampuan lebih baik dalam hal membaca, memori verbal dan matematika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mempelajari alat musik.

Oleh karena itu, jika ingin mendukung si Kecil menjadi anak hebat maka Mam harus rajin melakukan stimulasi musik pada mereka. Stimulasi musik yang dapat dilakukan antara lain adalah:

1. Sering mengajak anak untuk mendengarkan musik klasik.

Mam dapat membeli CD musik klasik dan memutarnya setiap hari, sehingga anak-anak dapat mendengarkannya disaat mereka melakukan aktivitas lain. Manfaat mendengarkan musik klasik:

  • Anak akan mendapatkan pemahaman tentang fonologi, bahasa lisan dan keterampilan pemahaman yang merupakan dasar membaca dan berbicara.
  • Meningkatkan kemampuan social dan emosional anak
  • Dapat mendorong kreativitas anak

2. Mengajarkan anak cara memainkan alat music

Manfaatnya adalah:

  • Menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  • Meningkatkan kemampuan motorik anak

Dengan mengetahui manfaat stimulasi musik, yuk Mam dari sekarang mulai membiasakan anak-anak mendengarkan musik dan belajar alatnya agar mereka dapat tumbuh dengan baik dan menjadi anak hebat.

 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya