Menjadi Orang Tua yang Baik

Menjadi Orang Tua yang Baik

Selalu ada waktu untuk memperbaiki diri dan tidak ada orang tua yang sempurna. Tetapi dalam hidup, ada ruang untuk meningkatkan dan mengembangkan sikap hingga bisa menjadi orang tua yang lebih baik.

Waktu membaca: 4 menit
Selalu ada waktu untuk memperbaiki diri dan tidak ada orang tua yang sepenuhnya sempurna.

Setiap pasangan orang tua tentu ingin menjadi Mam dan Pap yang terbaik bagi anaknya. Anak-anak terus tumbuh dan berkembang, penting bagi orang tua untuk tumbuh dan berubah demi memenuhi kebutuhan setiap anak tergantung usia mereka.

Berikut beberapa cara yang dapat dijadikan panutan untuk orang tua agar menjadi lebih baik:

Selalu bersabar
Terkadang ketika merasa tertekan, orang tua menjadi frustasi dan melampiaskan kekesalannya dengan membentak si kecil ketika mereka melakukan sesuatu yang salah. Sebaiknya ketika tertekan, luangkan waktu sejenak sebelum memberikan reaksi. Anak-anak harus belajar mengenai hal-hal yang baru, dan belum tentu bisa melakukan sesuatu dengan benar. Hal itu normal terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu selalu bersabar terhadap anak. Biarkan diri tenang terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk si kecil.

Luangkan waktu
Bila orang tua memiliki lebih dari satu anak memang akan sulit untuk menemukan waktu bersama khusus dengan masing-masing anak. Tetapi itu merupakan hal yang penting bagi setiap anak. Terkadang anak yang paling tua merasa mendapatkan perhatian yang kurang semenjak adiknya lahir. Melalui kesempatan ini, Mam dapat lebih mendekatkan diri dengan sang kakak. Rencanakan kegiatan seru bersama anak, karena mungkin pada kesempatan ini mereka akan terbuka dengan Mam dan memberitahu apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Jangan pernah berhenti belajar
Sediakan waktu untuk melakukan penelitian apa saja hal yang penting bagi si kecil. Luangkan waktu untuk belajar mengenai masalah, tantangan yang mereka hadapi, dan cara yang mereka rasakan, karena itu semua akan berguna untuk membantu anak menangani situasi yang mereka hadapi. Anda bisa melihat berbagai artikel yang membahas mengenai tumbuh kembang anak diberbagai media.

Katakan tidak
Jika anda tipikal orang tua yang sulit mengatakan tidak untuk anak, maka anda harus belajar untuk memulai mengatakan tidak kepada hal yang tidak perlu. Misalnya ketika si kecil menginginkan mainan yang sebenarnya sudah tidak diperlukan, belajar untuk mengatakan tidak secara tegas walaupun ia merengek secara terus menerus. Ini tentunya berguna untuk masa depan si kecil, mereka harus mengetahui bahwa tidak semua keinginan dapat tercapai. Terlebih jika barang tersebut tidak terlalu berguna.

Mengakui ketika salah
Anak-anak belajar dari orang tua karena mereka merasa orang tua merupakan pemimpin tertinggi di rumah. Oleh karena itu, orang tua harus membuat keputusan dengan alasan yang tepat. Tetapi terkadang, orang tua juga bisa melakukan keputusan yang salah. Disinilah orang tua perlu belajar untuk mengakui kesalahan keputusan yang telah diambil. Anak-anak akan belajar untuk mengakui kesalahan ketika mereka memang melakukan kesalahan.

Selalu ada waktu untuk memperbaiki diri dan tidak ada orang tua yang sepenuhnya sempurna. Tetapi dalam hidup, ada ruang untuk meningkatkan dan mengembangkan sikap hingga anda bisa menjadi orang tua yang lebih baik. 
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Penyebab Bayi Susah Tidur nyenyak yang Perlu Mam Ketahui

Bayi baru lahir biasanya susah tidur dengan nyenyak dan terus menerus terbangun.

Bagaimana memandikan bayi baru lahir

Bak mandi plasti besar Large plastic bowl
Average Rating
Average: 4.5 (2 votes)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login