Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Ternyata Bukan Hanya dari Sekolah, Lho!

Matematika adalah pelajaran yang identik dengan kata ‘susah’. Akibatnya, belajar matematika seringkali menjadi hal yang tak menyenangkan bagi anak. Padahal apabila kemampuan belajar anak dalam hal seputar matematika sudah distimulasi sejak usia dini, maka prestasi belajar matematika di sekolah juga bisa menjadi lebih baik. Ya, proses belajar matematika tidak dimulai dan sebatas di ruang kelas saja lho, Mam. Si Kecil bisa diberi berbagai stimulasi untuk membantunya meningkatkan kemampuan belajar anak melalui berbagai kegiatan sederhana. Berikut ini adalah beberapa ide kegiatan sederhana sekaligus seru yang bisa Mam dan si Kecil lakukan di rumah sebagai metode belajar matematika bagi anak usia dini.

1. Membaca buku bergambar yang berkaitan dengan angka, perhitungan dan logika
Salah satu aktivitas paling sederhana yang bisa Mam dan si Kecil lakukan untuk mendukung kemampuan belajar anak adalah dengan memanfaatkan buku bergambar atau buku cerita, termasuk sebagai metode belajar matematika. Banyak buku anak yang temanya berkaitan dengan memperkenalkan angka, konsep dasar berhitung, bentuk geometri, pola, dan sebagainya. Semuanya adalah bagian dari konsep dasar matematika. Pilihlah buku yang gambarnya menarik atau yang mendorong si Kecil untuk ikut berinteraksi saat membaca buku tersebut.

2. Ajak si Kecil berbelanja bersama Mam
Berbelanja bersama si Kecil juga merupakan aktivitas yang bisa Mam manfaatkan untuk mendukung kemampuan belajar anak dalam hal matematika. Saat pergi ke supermarket bersama si Kecil, libatkan anak dalam berbagai kegiatan sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya. Misalnya menghitung jumlah buah yang hendak dibeli, menimbang buah, membandingkan ukuran buah yang besar dan kecil, mencari bentuk giometri dari benda-benda yang dijual, melihat angka pada harga, membayar belanjaan, dan lain sebagainya.

3. Bermain game bersama
Game, seperti board game atau kartu permainan anak, bisa dijadikan salah satu metode belajar yang seru dan menyenangkan. Apalagi jika dimainkan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Banyak permainan yang sebenarnya melibatkan berbagai konsep dasar matematika. Mulai dari yang sederhana seperti menghitung jumlah langkah berdasarkan angka yang muncul pada dadu, mencocokkan bentuk atau jumlah saat bermain domino, menghitung harga dan uang dalam permainan Monopoly, sampai yang lebih rumit seperti pada permainan kartu Uno, logika dan pemecahan masalah dalam bermain catur dan lain sebaginya. Tanpa disadari, saat seru-seruan bermain si Kecil juga jadi belajar.

4. Ajak si Kecil membantu Mam di dapur
Banyak aktivitas belajar matematika yang bisa dilakukan si Kecil saat membantu Mam di dapur. Misalnya menimbang bahan yang hendak digunakan untuk membuat kue, menghitung jumlah buah, membedakan besar dan kecil, membedakan banyak dan sedikit, dan lain sebagainya. Tentunya Mam perlu memilih aktivitas yang aman dan sesuai dengan usia dan tahap tumbuh kembang si Kecil, ya.

Peran Mam dalam mendukung kemampuan belajar anak tak berhenti saat ia mulai memasuki usia sekolah. Agar prestasi belajar si Kecil baik, ia juga perlu bantuan Mam untuk belajar di rumah. Mam bisa tetap mendukungnya melalui berbagai aktivitas sehingga belajar matematika menjadi menyenangkan bagi anak. Misalnya, belajar matematika dengan memanfaatkan buah-buahan tetap bisa dilakukan saat anak memasuki usia sekolah. Jika dulu hanya sekadar menghitung jumlah buah, kini buah yang dipotong-potong bisa membantu anak memahami konsep pembagian dengan lebih mudah. Yuk Mam, terus cari tahu lebih banyak mengenai metode belajar seru bagi si Kecil.


Sumber:
https://www.tutordoctor.co.uk/blog/2015/october/6-ways-to-improve-your-childs-maths-skills/
https://raisingchildren.net.au/school-age/school-learning/learning-ideas/maths-at-school
https://www.understood.org/en/school-learning/learning-at-home/games-skillbuilders/how-games-can-help-kids-who-struggle-with-math
https://www.understood.org/en/friends-feelings/child-social-situations/sports/7-afterschool-activities-that-sneak-math-into-your-childs-day

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya