Mengatur Screen Time Anak, Cara Pintar Mendidik Anak Hebat

Di masa sekarang ini gadget memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Dan semakin lama kebanyakan anak-anak menghabiskan waktu yang semakin lama di depan layar gadget, baik itu layar televisi, komputer, perangkat tablet, maupun smartphone. Padahal, untuk mendidik anak hebat waktu di depan layar, atau screen time, perlu dibatasi sehingga si Kecil bisa mendapat manfaat yang seharusnya dari penggunaan perengkat-perangkat elektronik tersebut tetapi juga tetap memiliki waktu untuk melakukan aktivitas lainnya yang dapat mendukung proses tumbuh kembang anak-anak hebat.

Membatasi screen time si Kecil memang sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Karena tentu lebih sulit untuk mengubahnya apabila sudah terlanjur menjadi kebiasaan, bukan?  Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Mam ketahui untuk bisa mengatur dan membatasi screen time dalam cara mendidik anak hebat.

1. Buat kesepakatan mengenai dimana, kapan dan bagaimana si Kecil dapat menggunakan perangkat elektronik
Jadikan hal ini sebagai bagian dari kesepakatan dan kebiasaan keluarga sejak si Kecil berusia dini. Yang harus disepakati adalah dimana si Kecil bisa menggunakan perangkat elektronik. Misalnya, menonton televisi dan menggunakan komputer di ruang keluarga, tidak ada televisi di dalam kamar dan tidak menggunakan tablet mapun smart phone di meja makan, dan sebagainya. Kapan saja si Kecil dapat menggunakan gadget juga perlu disepakati. Misalnya, waktu makan adalah waktu bebas gadget, si Kecil boleh main games dengan gadget di akhir pekan selama satu jam, dan sebagainya. Satu hal lagi yang perlu disepakati adalah bagaimana gadget digunakan. Misalnya, komputer untuk mengerjakan tugas sekolah, menggunakan tablet untuk menggunakan aplikasi yang edukatif.

2. Batasi berapa screen time si Kecil
Screen time yang terlalu lama memiliki berbagai dampak negatif bagi si Kecil. Misalnya dapat mengganggu kesehatan mata, si Kecil jadi malas bergerak, dan lain sebagainya. American Academy of Pediatrics menyusun panduan seputar screen time yang menyebutkan bahwa anak dibawah usia 24 bulan sebaiknya tidak diberi screen time sama sekali. Kemudian, dari usia 2 sampai 5 tahun screen time dibatasi selama 1 jam saja setiap harinya dan pastikan konten yang didapat anak berkualitas. Usia 6 tahun keatas perlu dibatasi lama penggunaan dan jenis gadget yang digunakan anak sehingga tidak mengurangi waktu untuk aktivitas fisik dan waktu istirahat anak. 

3. Dampingi si Kecil selama screen time 
Hal ini dapat memudahkan Mam mengawasi apa yang si Kecil tonton, aplikasi apa yang ia gunakan, games apa yang ia mainkan. Kesepakatan mengenai dimana gadget dapat digunakan juga bisa membantu Mam dalam hal ini. Misalnya, televisi dan komputer yang diletakkan di ruang keluarga sehingga lebih mudah untuk Mam awasi penggunaannya. Pendampingan dari orang tua juga dapat membantu mengoptimalkan manfaat yang didapat si Kecil dari screen time tersebut. Mam bisa ikut bermain games edukasi dengan aplikasi bersama si Kecil, menemani si Kecil mencari informasi untuk tugas sekolah di internet, atau menjadikan nonton film di televisi sebagai aktivitas bersama keluarga.

4. Buat ‘Zona Bebas Gadget’ di rumah
Misalnya, meja makan dan kamar tidur adalah zona bebas gadget sehingga setiap anggota keluarga tidak boleh menggunakan gadget di kedua tempat tersebut. Kecuali untuk hal-hal penting. Apabila Mam atau Pap kemudian harus menggunakan gadgetnya, komunikasikan alasannya pada si Kecil, ya. Karena tentunya si Kecil belajar melalui apa yang ia lihat dan Mam dan Pap adalah salah satu sumber belajar utama mereka.

5. Dorong si Kecil untuk melakukan aktivitas lainnya
Dalam mendidik anak hebat, prioritaskan aktivitas yang tidak melibatkan penggunaan gadget. Misalnya bermain di luar maupun dalam ruang yang mendorong anak untuk bergerak, berkreasi, eksplorasi, membaca buku, dan lain sebagainya.

Satu hal lain yang juga penting agar Mam dapat membatasi screen time si Kecil adalah dengan juga membatasi screen time Mam dan Pap. Jika Mam dan Pap membuat kesepakatan mengenai screen time dengan si Kecil, jangan lupa untuk konsisten dalam menjalankannya juga, ya. Karena peran Mam dan Pap sangat besar dalam mendidik anak hebat.

 

Sumber:
https://abcnews.go.com/Health/screen-time-kids-findings-parents/story?id=66751520
https://www.schn.health.nsw.gov.au/fact-sheets/screen-time-and-children
https://www.verywellfamily.com/tips-for-limiting-electronics-and-screen-time-for-kids-1094870
https://www.commonsensemedia.org/screen-time/how-much-screen-time-is-ok-for-my-kids
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/screen-time/art-20047952
https://kidshealth.org/en/parents/screentime-baby-todd.html
https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/screen-time-healthy-screen-use/healthy-screen-time-2-5-years

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya