Mengajarkan Anak Untuk Bertanggung Jawab

Mengajarkan Anak Untuk Bertanggung Jawab

Tanpa disadari, setiap hari Mam dan Pap telah mengajarkan si Kecil untuk belajar bertanggung jawab. Mam dan Pap dapat melatihnya melalui tindakan tegas maupun ajaran.

Waktu membaca: 3 menit
Perhatikan sikap sopan santun Mam dan Pap ketika mengajarkan hal-hal penting terhadap si Kecil.

Tanpa orang tua sadari, setiap hari orang tua telah mengajarkan anak-anak untuk belajar bertanggung jawab baik melalui tindakan tegas maupun ajaran.
 

Perhatikan Cara Berperilaku dan Mulai Sejak Dini
Perhatikan perilaku Anda sehari-hari untuk memberikan contoh tanggung jawab yang baik.
 
Bimbing si Kecil untuk melakukan sesuatu yang bertanggung jawab. Bukan Anda yang melakukan untuknya. Misalnya, ajarkan anak Anda (bisa dimulai dari balita dan anak prasekolah) untuk menempatkan mainannya sendiri di tempat penyimpanan. Selain itu ajarkan si Kecil untuk menaruh piring makan di tempat cucian piring setelah selesai makan. Anda bisa memulainya dengan membiarkan ia membersihkan sendiri tempat makannya. Selain mengajarkan mengenai tanggung jawab dan kebersihan, hal ini akan mengajarkan kepada si Kecil tentang rasa saling membantu. 
 
Berikan Pilihan
Biasakan untuk memberikan pilihan kepada si Kecil. Misalnya, “ Adik ingin merapikan boneka dan meletakkannya di kamar atau adik mau membersihkan meja ini? “. Hal ini mengajarkan si Kecil tentang rasa tanggung jawab terhadap keputusan yang telah dipilih.
 

Jaga Sopan Santun dan Jangan Berhenti
Perhatikan sikap sopan santun Anda ketika mengajarkan hal-hal penting terhadap si Kecil. Karena perilaku orang tua merupakan contoh pertama sikap yang akan ditiru oleh Anak. Selain itu jangan pernah lupa untuk selalu mengajarkan tanggung jawab dalam setiap tingkah serta ajaran yang Anda berikan. Contohnya, saat orang tua tegas terhadap si Kecil tentang merapihkan mainan setelah bermain. Maka jangan lupa untuk memberikan peringatan kepada si Kecil jika ia tidak merapihkan mainannya.
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Penyebab Bayi Susah Tidur nyenyak yang Perlu Mam Ketahui

Bayi baru lahir biasanya susah tidur dengan nyenyak dan terus menerus terbangun.

Bagaimana memandikan bayi baru lahir

Bak mandi plasti besar Large plastic bowl
Average Rating
Average: 4.5 (2 votes)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login