Tips Memilih Buku yang Sesuai untuk Anak Belajar Membaca

Tips Memilih Buku yang Sesuai untuk Anak Belajar Membaca

Mendidik anak bisa dilakukan dnegan berbagai cara yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan membaca buku.

Waktu membaca: 4 menit
Peran Mam yang tak kalah penting dalam mendidik anak adalah membantu si Kecil belajar membaca pada saat si Kecil sudah siap dan terus mengembangkan kegemaran membaca si Kecil.

Mam tentu tahu, membaca dapat membantu perkembangan akal dan sosial si Kecil yang penting untuk jadikan si Kecil anak hebat. Peran Mam yang tak kalah penting dalam mendidik anak adalah membantu si Kecil belajar membaca pada saat si Kecil sudah siap dan terus mengembangkan kegemaran membaca si Kecil. Hal ini bisa Mam lakukan salah satunya dengan memilih buku yang sesuai pada saat anak belajar membaca dan juga seterusnya. Seperti apa sih buku yang sesuai itu? Bagaimana Mam dapat memilih buku yang sesuai? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

1. Pilih buku yang sesuai dengan tingkat kemampuan membaca si Kecil

Memilih buku yang sesuai dengan tingkat kemampuan baca anak adalah salah satu kunci agar proses anak belajar membaca jadi lebih mudah. Buku yang terlalu sulit akan membuat anak frustasi saat belajar membaca dan buku yang terlalu mudah akan membuatnya bosan.

2. Pilih buku yang sesuai dengan usia anak

Banyak buku yang sudah disertai keterangan usia yang sesuai. Sebagai panduan sederhana Mam dapat memilih board book yang tidak mudah sobek untuk si Kecil usia bayi sampai 2 atau 3 tahun. Anak prasekolah bisa diberi buku yang halamannya lebih tipis dengan ilustrasi yang besar dan menarik dan kalimat yang pendek-pendek.

3. Pilih buku yang interaktif

Misalnya buku yang ada bagian-bagian yang bisa dibuka, buku pop-up, buku yang bisa mengeluarkan suara, buku yang disertai aktivitas dan lain sebagainya. Buku semacam ini akan membuat anak semakin tertarik untuk membaca. Anak tertarik membaca tentu akan membuat proses anak belajar membaca jadi lebih menyenangkan.

4. Pilih buku dengan tema yang sesuai dengan si Kecil.

Tema buku bisa disesuaikan dengan usia si Kecil. Misalnya, buku untuk bayi sampai usia prasekolah sebaiknya dipilih buku dengan tema alfabet, warna, perasaan, nilai-nilai positif dan lain sebagainya. Untuk anak yang sudah lebih besar, Mam bisa membiarkan si Kecil memilih buku sendiri dengan tema yang ia sukai. Membaca buku dengan tema yang ia sukai akan membuat anak semakin semangat, terutama saat anak belajar membaca.

5. Pilih buku yang sesuai dengan tujuan membaca si Kecil

Membaca buku dapat jadi cara anak untuk belajar dan jadi anak pintar. Sebelum memilih buku untuk si Kecil, pertimbangkan pula tujuan dari aktivitas membaca yang akan dilakukan. Misalnya, jika Mam mencari buku untuk anak belajar membaca, Mam dapat memilih buku cerita yang memang dirancang untuk anak belajar membaca atau mencari buku yang ukuran huruf dan panjang kalimatnya sesuai dengan tahap membaca anak. Jika Mam mencari buku untuk belajar berhitung, maka pilih buku yang temanya sesuai. Begitu pula jika tujuan membaca buku adalah untuk mengajarkan hal tertentu sebagai dukungan untuk jadikan si Kecil anak pintar. Misalnya untuk belajar nilai berbagi, belajar mengenai toilet training, belajar mengenai anggota keluarga, dan sebagainya.

Mendidik anak bisa dilakukan dnegan berbagai cara yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan membaca buku. Yuk, cari tahu aktivitas seru lainnya yang dapat Mam dan si Kecil lakukan sebagai stimulasi kehebatan Akal, Fisik dan Sosial si Kecil di Parenting Club dan dukung terus si Kecil agar menjadi anak hebat.
 

Sumber:

  1. https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/reading-resources/book-selection-tips/book-recommendations-choosing-great-books-children.html
  2. https://www.westervillelibrary.org/kidsread
  3. https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/raise-a-reader-blog/help-kids-to-pick-right-books.html

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
belum ada rating

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login