boy-with-milk

Mams, Kenalan Yuk dengan Susu Sapi A2 yang Baik untuk Pertumbuhan Anak

Tahukah Mams, kalau susu sapi ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda, lho? Susu merupakan asupan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Waktu membaca: 4 menit

Apalagi untuk Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan, makanan bernutrisi lengkap dan seimbang adalah hal yang penting. Biasanya susu menjadi pelengkap nutrisi karena kandungan di dalamnya memang baik untuk tumbuh kembang hingga daya tahan Si Kecil. Susu ini biasanya didapat dari susu sapi. Mams mungkin sudah sering mendengar tentang susu sapi, namun apakah Mams sudah tahu kalau susu sapi yang dapat dikonsumsi ternyata ada beberapa jenis?

Susu sapi yang umumnya dijual dan dikonsumsi banyak orang saat ini adalah susu yang berasal dari sapi A1. Sedangkan saat ini sudah ada juga susu sapi A2 yang sama-sama merupakan susu dari hasil perahan sapi namun berasal dari sapi-sapi yang sudah diseleksi khusus dengan kriteria tertentu. Karena susu sapi A2 ini baru muncul beberapa tahun belakangan, biasanya produk susu yang menggunakan susu sapi A2 akan mencantumkan keterangan pada label bahwa produk tersebut dibuat dari susu sapi A2.

Susu sapi A1, atau susu sapi pada umumnya, memiliki kandungan protein utama beta-kasein A1 dan beta-kasein A2. Kandungan beta-kasein A1 ini tidak ditemukan pada ASI dan susu kambing, hanya pada susu sapi. Di dalam tubuh beta-kasein A1 ini akan dipecah menjadi senyawa protein lain bernama BCM-7 dalam sistem pencernaan . Menurut penelitian, senyawa protein inilah yang kemudian berpotensi menimbulkan gangguan pada pencernaan yang terkait dengan susu sapi berupa gejala yang mirip pada penderita intoleransi laktosa, sakit perut dan kembung setelah mengonsumsi susu1.

Berbeda dengan susu sapi A1, pada susu sapi A2 kandungan proteinnya 100% terdiri dari beta-kasein A2. Jadi tak ada kandungan beta-kasein A1 pada susu sapi A2. Menurut penelitian yang sama dengan sebelumnya, beta-kasein A2 tidak menyebabkan gangguan pencernaan sehingga dianggap lebih nyaman di perut. Selain itu karena hanya mengandung protein beta- kasein A2, susu sapi A2 pun jadi lebih mudah diserap oleh tubuh1. Jadi meski sama-sama bernutrisi, namun bisa dibilang bahwa susu sapi A2 lebih baik dalam meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah dari risiko penyakit berbahaya1.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, susu sapi A2 didapatkan dari sapi-sapi spesial yang sebelumnya sudah diseleksi untuk memastikan bahwa sapi tersebut hanya menghasilkan susu sapi dengan kandungan beta-kasein A2. Dengan melihat manfaat positif susu sapi A2, khususnya untuk sistem pencernaan, tak heran jika kini banyak orang memilih susu sapi A2 untuk memenuhi kebutuhan asupan susu mereka.

Untuk mendukung tumbuh kembang dan eksplorasi minat serta pengembangan bakat naturalnya, tentu Si Kecil juga membutuhkan sistem pencernaan yang sehat dan berfungsi optimal. Jika sistem pencernaannya terhambat, secara tidak langsung proses eksplorasi dan belajarnya pun bisa terhambat. Inilah mengapa Mams perlu memberikan susu yang tepat untuk mendukung Si Kecil mengembangkan bakat naturalnya. Berdasarkan hasil peneliatan dan pembahasan di artikel ini, tak ada salahnya Mams mulai beralih ke susu sapi A2 untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Kecil agar ia dapat terus berkembang menjadi versi terbaik dirinya di masa depan.
 

  1. Jiangin S, et al. Effects of milk containing only A2 beta casein versus milk containing both A1 and A2 beta casein proteins on gastrointestinal physiology, symptoms of discomfort, and cognitive behavior of people with self-reported intolerance to traditional cows’ milk. Nutrition Journal (2016) 15:35

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (2 votes)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login