Manfaat Membuat Kreasi Bagi Si Kecil

Manfaat Membuat Kreasi Bagi Si Kecil

Membuat kreasi memungkinkan si Kecil untuk mengeksplorasi ide-ide atau konsep dan kemudian mengungkapkannya dengan membuat sesuatu.

Waktu membaca: 3 menit
si kecil untuk menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan hiburan yang disenangi diri mereka sendiri.

Sebagai kegiatan belajar, seni dan kerajinan tentu mempunyai manfaat yang besar. Kreasi dalam hal seni, bahasa, musik,dsb. Membuat kreasi dapat menambah keterampilan motorik halus anak, mengembangkan konsep atau ide seperti pewarnaan, desain, dsb.
Membuat kreasi memungkinkan si Kecil untuk mengeksplorasi ide-ide atau konsep dan kemudian mengungkapkannya dengan membuat sesuatu. Selain itu, hal ini juga mendorong si kecil untuk menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan hiburan yang disenangi diri mereka sendiri.
 
Mereka dapat menjadi lebih percaya diri dan yakin akan kemampuan dirinya sendiri. Mengerjakan suatu kreasi dapat juga dijadikan sebagai pelajaran bagi si kecil seperti mengenal huruf, angka, warna, bentuk, dsb.
Berbagai kreasi yang dapat diperkenalkan kepada anak:

Kreasi dalam bermusik
Belajar memainkan alat musik bisa menjadi hobi yang bagus untuk diperkenalkan kepada si kecil. Biarkan ia mencipatakan sendiri nada maupun musiknya.
 
Menulis
Bercerita melalui menulis adalah cara yang bagus untuk anak-anak meningkatkan keterampilah bahasa mereka dan tentunya menggunakan daya imajinasi mereka. Mereka juga dapat mengubah cerita mereka ke dalam gambar.
 
Bercerita
Biarkan ia bercerita sesuai dengan imajinasinya. Dengarkan setiap ia menceritakan hasil kreasi pikirannya.

Berdebat
Ini akan memberikan kesempatan bagi si kecil  untuk mengembangkan kemampuannya mengeluarkan argument persuasif.
 
Beberapa hal yang harus dihindari ketika anda melakukan kreasi bersama si Kecil:

  • Jangan pernah memaksa si kecil untuk menyelesaikan sebuah kreasi yang tidak disukai olehnya. Ajak mereka mengerjakan kreasi yang baginya menarik, dan hargai ketika mereka sudah selesai membuatnya.
  • Jangan mengajak anak mengerjakan kerajinan yang terlalu rumit.

Mulailah dari karya yang sederhana. Jika si kecil memulai dengan karya yang mudah, ia akan mendapatkan kepercayaan dirinya dengan cepat.
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 4 (1 vote)
Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login