Ketahui 3 Manfaat Belajar Mengenal Warna bagi Anak

Apakah si Kecil Mam yang berusia dini sudah mulai belajar mengenal warna? Ya, mengenal warna biasanya termasuk salah satu aktivitas belajar bagi balita. Nah, belajar mengenal warna untuk balita dapat dilakukan dengan cara menyanyikan lagu mengenai warna, membaca buku bergambar, bermain balok berwarna, mewarnai, dan aktivitas bermain sambil belajar lainnya.  

Ya, mengenal warna merupakan salah satu tahapan perkembangan kognitif yang penting bagi anak. Lebih jauh lagi, yuk Mam, cari tahu apa saja sih sebenarnya manfaat belajar mengenal warna bagi anak. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

  • Belajar mengenal warna adalah kemampuan dasar bagi anak untuk memahami dunia.
    Dunia dipenuhi dengan berbagai bentuk dan warna. Karena itu, dengan belajar mengenal warna dan bentuk si Kecil akan mampu mengenali, mengkategorikan dan memahami apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya. Ia akan mempu membedakan benda yang satu dengan benda yang lain dan kemudian mengasosiasikan dengan nama benda tersebut. Tetapi semuanya dimulai dengan mengenali bentuk dan warnanya terlebih dahulu.

     

  • Belajar mengenal warna adalah salah satu dasar dari kemampuan komunikasi verbal.
    Seperti yang disebutkan di atas, dengan mengenal warna si Kecil akan mampu membedakan satu benda dengan benda lain dan kemudian mengasosiasikan dengan nama dan fungsi tertentu.

  • Belajar mengenal warna akan membantu anak memilah dan mengelompokkan benda-benda.
    Si Kecil akan mampu memilah dan mengelompokkan benda-benda bukan hanya berdasarkan warnanya saja lho, Mam. Dengan belajar mengenal warna dan juga bentuk si Kecil jadi dapat membedakan berbahai benda sehingga ia dapat mengelompokkannya berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, dan lain sebagainya.

Belajar mengenal warna untuk balita tantunya perlu dilakukan melalui aktivitas ringan, sederhana dan menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang bisa Mam coba untuk mengenalkan warna pada anak balita.

  1. Dengan buku bergambar. Pilihlah buku yang tidak terlalu banyak gambar dan warna, sehingga anak dapat denan mudah fokus ke satu warna yang hendak dikenalkan.

  2. Mewarnai dan menggambar. Tentunya aktivitas ini akan melibatkan krayon atau cat aneka warna sehingga dapat menjadi pilihan cara belajar mengenal warna.

  3. Menggunakan kartu aneka warna. Mam dapat menunjukkan kartu dengan warna tertentu sambil menyebutkan nama warnanya.

  4. Melalui percakapan. Misalnya saat berjalan-jalan dengan si Kecil, Mam dapat menunjuk suatu benda, menyebut nama benda dan warnanya, “Lihat, ini apel, warnanya merah.”

Masih ada banyak aktivitas seru lain yang bisa jadi cara belajar mengenal warna. Yuk, cari berbagai ide aktivitas lainnya supaya si Kecil makin hebat!


Sumber:
https://www.giftofcuriosity.com/why-learning-colors-and-shapes-is-so-important-for-young-children/
http://www.guruparents.com/teaching-colors/
https://www.cdmfun.org/color-recognition
https://www.scholastic.com/browse/article.jsp?id=3746476

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya