Kemampuan Belajar Mandiri, Bekal Anak agar Pintar Belajar

Salah satu bekal bagi si Kecil untuk menjadi anak hebat adalah kemampuan untuk pintar belajar secara mandiri. Anak pintar belajar dengan mandiri akan membantu ia menjadi lebih percaya diri, dapat belajar secara aktif, disiplin, mampu mengatur waktu dan menentukan skala prioritas, memiliki inisiatif yang lebih tinggi, dan lebih kreatif. Selain itu, kemandirian anak dalam hal belajar bukan hanya memudahkannya dalam mengerjakan tugas sekolah, tetapi juga akan mendukungnya untuk bisa sukses di masa yang akan datang. 

Apa sih yang dimaksud dengan belajar secara mandiri? Secara sederhana, belajar mandiri adalah cara pintar belajar dimana anak mampu menentukan sendiri alur belajar, waktu belajar, dan secara aktif dapat mengeksplor berbagai sumber belajar.

Tentunya mendukung anak agar pintar belajar mandiri bukan berarti Mam tak memberi bantuan apapun bagi si Kecil dalam proses belajar, ya.  Nah, seperti apa sih dukungan yang dapat Mam berikan untuk membantu anak belajar dengan mandiri? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Mulailah saat si Kecil masih berusia dini
Seperti juga dengan kebiasaan baik lainnya, cara pintar belajar dengan mandiri akan lebih mudah dilakukan apabila sudah dibiasakan sejak usia dini. Misalnya dengan membiasakan skala prioritas secara sederhana saat si Kecil belajar mengenali mana yang perlu ia lakukan terlebih dahulu atau dengan mengajak si Kecil mencari berbagai informasi untuk menemukan jawaban dari pertanyaan yang dia ajukan.

2. Buat rutinitas harian
SI Kecil yang memiliki rutinitas sehari-hari dan menjalankannya akan lebih mudah untuk mengatur waktu belajar saat ia memasuki usia sekolah kelak. Apabila si Kecil sudah semakin besar, Mam bisa membantunya dengan berdiskusi bersama untuk menyusun jadwal aktivitas harian si Kecil dan memotivasinya untuk secara mandiri menjalankan jadwal tersebut.

3. Sediakan area belajar bagi anak
Si Kecil yang memiliki area belajar yang kondusif di rumah tentunya akan dapat belajar secara optimal. Tempat belajar tersebut tak perlu berupa ruangan khusus, tetapi bisa cukup berupa meja belajar dimana anak dapat dengan nyaman melakukan aktivitas belajar di rumah. Pastikan area belajar si Kecil jauh dari distraksi ya, Mam. Misalnya televisi atau suara berisik. Selain area tentunya si Kecil juga perlu memiliki perlengkapan belajar lainnya. Seperti alat tulis, buku, dan lain sebagainya. Area belajar ini juga bisa dijadikan tempat dimana anak dapat bebas berkreasi. Seorang spesialis perkembangan anak, Dr. Robyn Silverman, menyebutkan bahwa eksplorasi dan kreativitas adalah bagian penting dalam membentuk kemampuan pemecahan masalah.

4. Buat suasana dan aktivitas belajar yang menyenangkan
Agar anak senang belajar dan mau melakukannya secara mandiri, ia perlu merasa bahwa aktivitas belajar itu menyenangkan. Karenanya, sejak si Kecil berusia dini, libatkan ia dalam aktivitas belajar apapun melalui cara-cara yang menyenangkan ya, Mam. Si Kecil yang senang belajar akan lebih mudah belajar secara mandiri nantinya.

5. Beri anak kebebasan untuk belajar dengan caranya sendiri
Cara yang Mam ketahui untuk mengerjakan suatu soal mungkin berbeda dengan cara yang ingin dilakukan anak. Berilah ia kebebebasan untuk mencoba caranya sendiri dan jangan melulu memberi bantuan walaupun mungkin anak membutuhkan waktu lebih lama untuk memecahkan suatu soal atau mengerjakan tugas sekolahnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, membiasakan si Kecil pintar belajar mandiri bukan berarti Mam membiarkan si Kecil belajar sendiri tanpa pengawasan. Mam tetap perlu selalu berkomunikasi dengan guru di sekolah apabila anak sudah memasuki usia sekolah untuk mengetahui perkembangan anak. Mam juga perlu berdiskusi dengan si Kecil mengenai kesulitan yang mungkin ia hadapi dan bagaimana Mam dapat membantunya. Jangan lupa untuk selalu memberinya pujian untuk setiap usaha dan proses belajar yang sudah ia lakukan, ya.


Sumber:
https://www.britishcouncil.my/english/courses-children/resources/helping-your-child-become-independent-learner
https://www.sheknows.com/parenting/articles/1087862/tips-to-help-your-child-become-an-independent-learner/
https://www.kumon.co.uk/blog/developing-independent-learning-skills/
https://staplesearch.com/how-to-make-a-child-study-independently/
https://thepiquelab.com/blog/see-how-easily-you-can-make-your-child-study-independently/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya