Kapan Waktunya dan Bagaimana Cara Melatih Anak Berjalan yang Tepat

Kapan ya si Kecil mulai bisa jalan? Ia perlu diajari berjalan atau tidak, ya? Mungkin sebagian besar dari Mam pernah bertanya-tanya demikian. Untuk dapat berjalan, si Kecil perlu terlebih dahulu menguasai berbagai keterampilan, termasuk motorik kasar, keseimbangan, koordinasi, dan sebagainya. Yang bisa Mam lakukan sebagai cara melatih anak berjalan adalah memberinya stimulasi agar ia dapat mengembangkan keterampilan tersebut dan kemudian siap berjalan. 

Sebelum Mam mulai menstimulasi dan melatih anak berdiri dan berjalan, ketahui lebih jauh mengenai kapan biasanya anak siap berjalan dan apa saja tandanya si Kecil siap berjalan. Kemudian, tentunya Mam juga perlu mengetahui stimulasi seperti apa yang merupakan cara melatih anak berjalan. Baca semuanya di bawah ini, yuk.

Kapan biasanya si Kecil mulai berjalan?
Setiap anak bisa berjalan pada waktu yang berbeda-beda. Umumnya si Kecil mulai bisa berlatih berjalan di sekitar usia 9 sampai 12 bulan dan lancar berjalan di usia 14 atau 15 bulan. Tetapi tentunya Mam tak perlu terlalu khawatir apabila si Kecil membutuhkan waktu yang lebih lama dari itu untuk bisa berjalan. Yang penting perhatikan dan terus beri ia stimulasi agar dapat menguasa tugas-tugas perkembangan yang akan mendukungnya untuk kemudian berjalan. Misalnya bisa duduk sendiri, berguling, dan merangkak.

Apa tandanya si Kecil siap berjalan?
Tandanya si Kecil sudah siap belajar berjalan apabila ia sudah menguasai tahap perkembangan yang ia butuhkan untuk berjalan berikut ini.

  • Berdiri sendiri dengan berpegangan tangan pada benda yang ada di sekitarnya. Misalnya pagar boks bayi, kursi, atau dengan berpegangan pada Mam. Kemampuan ini menunjukkan bahwa otot di kaki si Kecil sudah semakin kuat dan koordinasi tubuhnya juga semakin siap untuk digunakan saat berjalan nanti.
  • Merambat, atau berjalan sambil berpegangan dengan objek yang ada di sekitarnya. Misalnya pagar boks bayi, sofa, tempat tidur, dan sebagainya. Aksi ini menunjukkan bahwa si Kecil sudah mulai mampu menyeimbangkan tubuhnya dan memindahkan beban tubuh dari satu kaki ke kaki yang lain saat melangkah. Kemampuan yang tentunya dibutuhkan saat berjalan.
  • Bisa berdiri sendiri tentunya merupakan tanda si Kecil siap untuk berjalan. Jika ia sudah mampu berdiri sendiri, artinya si Kecil sudah memiliki keseimbangan yang cukup baik untuk membantu tubuhnya stabil saat belajar berjalan.

Bagaimana sebaiknya cara melatih anak berjalan?

  • Cara melatih anak berjalan bisa dilakukan dengan selalu memberi si Kecil stimulasi untuk dapat memenuhi tugas perkembangan, khususnya yang berhuungan dengan motorik kasar. Misalnya memberi stimulasi untuk membantu anak belajar duduk sendiri, belajar berguling, dan juga merangkak.
  • Cara melatih anak berdiri dan berjalan diantaranya bisa Mam lakukan menjulurkan tangan agar anak bisa berpegangan dan bertumpu untuk berdiri, memastikan boks si Kecil cukup dalam sehingga ia dapat berpegangan pada pagar dan berdiri dengan aman, menahan badan si Kecil sehingga ia dapat melompat-lompat di pangkuan Mam dan memperkuat otot kakinya.
  • Jika si Kecil mulai merambat, Mam dapat melatih dan menstimulasi si Kecil dengan menyediakan tempan yang aman baginya untuk berpegangan dan berjalan. Misalnya dengan memasang alas busa di tempat bermainnya sehingga aman jika ia terjatuh, atau membuat jalur dengan perabot rumah yang aman untuk dirambati si Kecil.

Hal lain yang perlu Mam perhatikan dalam membantu si Kecil berlatih berjalan adalah dengan memastikan bahwa area di sekitar si Kecil aman, selalu mengawasi si Kecil dan terus memberinya semangat.

Sumber:
https://www.healthline.com/health/baby/signs-baby-will-walk-soon#cruising
https://www.parents.com/baby/development/walking/walking/?
https://www.parents.com/baby/development/walking/help-baby-learn-to-walk/?
https://www.pregnancybirthbaby.org.au/learning-to-walk
https://www.babycenter.com/0_baby-milestone-walking_6507.bc

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya