Hak Anak dan Kewajiban Orang Tua

Hak Anak dan Kewajiban Orang Tua

Tentunya orang tua selalu ingin anaknya merasa bahagia. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua tidak terlalu memaksakan apa yang menjadi kehendak.

Waktu membaca: 3 menit
Pahami beberapa hal yang harus si kecil dan mams & paps tahu agar hubungan menjadi semakin erat.

Tentunya orang tua selalu ingin anaknya merasa bahagia. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua tidak terlalu memaksakan apa yang menjadi kehendak. Pahami beberapa hal  yang harus si kecil dan orang tua tahu agar hubungan menjadi semakin erat.

Untuk menjalin rasa sayang terhadap seorang anak, pastikan si kecil mengetahui:

  • Bahwa ia sangat dicintai oleh keluarga sepanjang hari.
  • Si kecil tahu bahwa ia aman dan mengetahui cara bagaimana dirinya merasa aman bersama orang lain dalam berbagai situasi.
  • Si kecil harus tahu bahwa ia bisa mempercayai instingnya tentang orang-orang dan dia tidak harus melakukan sesuatu yang dia rasa tidak benar.
  • Dia harus tau kapan waktu untuk tertawa, bertindak konyol/bercanda, dan menggunakan imajinasinya dengan bebas.
  • Anak harus tau bahwa dunia ajaib dan begitu juga dia. Si kecil harus mengetahui bahwa ia luar biasa, brilian, kreatif, penuh kasih sayang dan tentunya mengagumkan.
     

Tapi yang terpenting, inilah yang orang tua perlu ketahui:

  • Setiap anak belajar berjalan, berbicara, membaca, dsb mempunyai kemampuan yang berbeda sendiri-sendiri. Tidak ada standar pasti seberapa baik seorang anak dapat berjalan, berbicara, dsb.
  • Bukan tempat bermain yang mewah, sekolah terbaik, peralatan pendidikan terbaru yang dapat meningkatkan prestasi akademik anak. Tetapi waktu luang dari Mam dan Pap setiap hari atau setiap malam untuk dapat duduk bersama, membacakan buku dan membantu mereka mempelajari pelajaran baru lebih penting.
  • Anak-anak layak untuk selalu dikelilingi buku kreasi, peralatan kreatifitas dan kebebasan mereka untuk bepikir kreatif. Sediakan jenis mainan yang memungkinkan si kecil dapat berkreasi bebas seperti permainan blok, alat musik, plastisin, dsb. 
  • Anak-anak perlu waktu untuk selalu bersama orang tua. Sebagai orang tua, tidak apa Mam merasa terganggu ketika sedang mandi, mengurangi waktu bersama teman-teman, dsb. Tetapkan komitmen untuk meluangkan waktu minimal 10 menit selama sehari khusus untuk anak tanpa terganggu hal lain. Tetapkan jadwal mingguan satu hari penuh bersama anak. Anak-anak tidak memerlukan permainan canggih, komputer, kursus dan sebagainya. Mereka lebih membutuhkan seorang ayah yang duduk dan mendengarkan cerita kegiatan mereka, ibu yang membantu membuatkan kerajinan, orang tua yang meluangkan waktu untuk membacakan cerita dan bertingkah konyol seperti kelucuan anak-anak. 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya