Dukung Si Kecil Percaya Diri Mengatakan Aku Anak Pintar

Dukung Si Kecil Percaya Diri Mengatakan Aku Anak Pintar!

Waktu membaca: 5 menit

Selain belajar menguasai berbagai keterampilan, si Kecil juga perlu belajar percaya diri untuk menggunakan keterampilan tersebut. Mislanya, rasa percaya diri merupakan bagian penting saat anak belajar berjalan atau berbicara. Nah, semakin anak besar, rasa percaya diri akan membantunya dalam berbagai aspek kehidupan. Saat ia belajar di sekolah, saat ia belajar emlakukan hal baru, saat ia berkomunikasi, saat ia bersosialisasi, dan sebagainya. Rasa percaya diri akan membantu si Kecil untuk bangkit kembali ketika ia gagal melakukan sesuatu dan rasa percaya diri pula yang akan membuat si Kecil yakin akan kemampuan yang ia miliki dan berta “Aku anak pintar!

Mam dan Pap memiliki peran penting dalam membangun rasa percaya diri anak. Apa saja yang dapat Mam dan Pap lakukan untuk dukung si Kecil percaya diri dan di kemudian hari dengan lantang berkata, “Aku anak pintar”? Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

-    Beri ruang bagi si Kecil untuk membuat kesalahan. Bantu si Kecil memahami bahwa setiap orang pasti membuat kesalahan. Bahwa salah itu wajar, yang penting kemudian ia belajar dari kesalahan tersebut. Dengan begitu si Kecil akan lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu karena ia tidak takut berbuat salah atau gagal. Ia akan tahu bagaimana cara belajar dari kesalahan.

-    Dorong si Kecil untuk mencoba berbagai hal baru. Jiak si Kecil dapat menguasai dan melakukan berbagai hal, tentu rasa percaya dirinya akan terbangun.

-    Jangan selalu melindungi si Kecil dari kegagalan. Ya, orang tua pasti ingin memastikan anaknya Bahagia dan ingin melindungi anaknya. Tetapi si Kecil dapat belajar berbagai hal dari mencoba melakukan dan kegagalan. Misalnya, jika Mam melarang si Kecil naik sepeda agar ia tidak pernah jatuh dari sepeda, tentunya si Kecil tidak akan pernah bisa belajar mengendarai sepeda.

-    Hargai usaha yang dilakukan si Kecil karena proses belajar penting dalam tumbuh kembang anak. Jadi puji usaha si Kecil, baik saat hasilnya memuaskan atau tidak. Karena dengan begitu si Kecil tidak akan merasa malu untuk mencoba melakukan sesuatu.

-    Biarkan anak mengambil keputusan sendiri. Pasalnya, jika si Kecil sudah tebiasa mentukan pilihan sejak usia dini, dia akan percaya diri akan kemampuannya menilai sesuatu dalam mengambil keputusan. Mam dapat mulai dari hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Mislanya menu makan siang. Beri si Kecil dua pilihan menu dan minta ia memilih salah satu.

-    Mam memang perlu mendorong si Kecil untuk mencoba berbagai hal baru. Dan jika kemudian si Kecil menemukan hal yang menjadi minatnya atau ia menemukan bakatnya, dorong ia untuk menekuni hal tersebut, walaupun mungkin teman-temannya kebanyakan menyukai hal lain.

-    Beri kesempatan anak untuk berinteraksi dengan orang dewasa. Memang penting bagi si Kecil untuk bermain atau beriteraksi dengan anak lain seusianya. Tetapi berinteraksi dnegan orang dewasa juga bisa memberikan manfaat bagi anak. Diantaranya adalah mengembangkan kosakata anak, memberi cara berpikir yang berbeda, mendorong anak untuk berani berbicara dengan orang dewasa lain selain Mam dan Pap, dan lain-lain.

-    Beri si Kecil stimulasi untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Si Kecil kemudian akan memiliki rasa percaya diri dan yakin akan kemampuannya sendiri ketika dihadapi dengan masalah. Ia tidak akan selalu berpaling ke Mam dan Pap untuk meminta tolong. 

-    Dorong anak untuk bisa melakukan berbagai hal sendiri. Walau prosesnya mungkin tak mudah. Mam perlu menahan diri untuk tidak buru-buru membantu anak atau memperbaiki apabila hasilnya kurang baik. Dnegan begitu anak akan dengan percaya diri berkata “Aku bisa!” dan “Aku anak pintar!

Jangan lupa untuk menjadi teladan bagi si Kecil ya, Mam. Jika Mam ingin si Kecil menjadi anak yang percaya diri, tentunya Mam juga perlu menunjulkkan sikap percaya diri.


Sumber:
https://www.parents.com/toddlers-preschoolers/development/fear/secrets-…
https://childmind.org/article/12-tips-raising-confident-kids/
https://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/psychologi…
https://www.todaysparent.com/family/parenting/how-to-build-your-childs-…
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login