Dukung Si Kecil Bereksplorasi Sesuai Minat Dapat Kembangkan Bakat Naturalnya

Dukung Si Kecil Bereksplorasi Sesuai Minat Dapat Kembangkan Bakat Naturalnya

Melihat Si Kecil tercinta tumbuh besar dengan semangat eksplorasi yang tanpa henti tentu menjadi harapan setiap orang tua. Dengan memiliki semangat eksplorasi tanpa henti sejak usia dini, Si Kecil bisa mengetahui bakat naturalnya dan Mams bisa membantu mengasah bakatnya. Ada banyak hal yang bisa Mams lakukan untuk mendukung Si Kecil agar memiliki semangat eksplorasi tanpa henti. Misalnya saja dengan memperkenalkan Si Kecil ke berbagai aktivitas atau kegiatan yang sudah disesuaikan dengan tahapan usianya. Mams dan Paps juga bisa memberikan stimulasi yang memang sesuai tahapan usianya, misalnya stimulasi motorik kasar dan halus untuk anak usia 1-2 tahun lewat benda-benda dengan tekstur, warna, dan rasa yang berbeda-beda atau stimulasi bahasa dengan membaca buku dongeng bersama-sama Si Kecil.

Menurut jurnal Kidshealth.org, melakukan eksplorasi penting bagi Si Kecil karena hal ini dapat membantu perkembangan motorik, sosial, emosional, dan fisik anak. Di usianya yang masih kecil, Mams dan Paps mungkin ingin selalu melindungi Si Kecil namun Mams dan Paps juga perlu memberikan kesempatan kepada Si Kecil bereksplorasi agar ia menemukan minat dan bakatnya. Jadi, untuk mendukung eksplorasi tanpa henti Si Kecil tercinta, Mams dan Paps tetap perlu mendampinginya sehingga rasa tahu yang dimiliki Si Kecil bisa terpenuhi dan ia dapat menjadi versi terbaiknya di masa depan.

Mams dan Paps bisa menyiapkan berbagai aktivitas yang bisa dieksplorasi oleh Si Kecil sambil bermain sesuai minat dan bakatnya. Namun jika ternyata sambil melakukan aktivitas tersebut Si Kecil menemukan aktivitas lain yang menurutnya lebih menarik, biarkan saja Si Kecil mencoba aktivitas lain tersebut tanpa intervensi agar kreativitas dan imajinasinya dapat berkembang. Berikan juga kesempatan dan kepercayaan pada Si Kecil untuk memilih serta melakukan sendiri kegiatan yang ia sukai. Tentunya tetap perhatikan dan damping saat Si Kecil melakukan berbagai eksplorasi ya, Mams.

Saat Si Kecil melakukan eksplorasi tanpa henti, Mams dan Paps akan menemukan bahwa Si Kecil memiliki rasa penasaran yang tinggi. Ini adalah tanda kalau Si Kecil sedang berkembang. Misalnya saja Si Kecil mungkin bertanya “Ma, kenapa ikan bisa bernapas di dalam air?”, “Ma, kenapa bulan muncul cuma di malam hari?”, “Kenapa sih kita harus mandi?”, atau bahkan pertanyaan sederhana seperti “Itu apa?” ketika ia tidak mengenali suatu benda. Penting bagi orang tua untuk selalu hadir dan memberikan jawaban atas rasa ingin tahu Si Kecil yang sangat tinggi saat ia bereksplorasi. Jangan menganggap Si Kecil cerewet atau tidak meladeni rasa penasaran Si Kecil ya, Mams. Karena justru dengan mengembangkan rasa ingin tahu inilah Si Kecil jadi mampu untuk terus belajar dan berkembang sehingga mereka memiliki kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk tumbuh menjadi menjadi versi terbaiknya saat dewasa nanti.

Untuk  memastikan ekplorasi Si Kecil berjalan optimal, penting juga bagi Mams mencegah hambatan yang mungkin ditemukan Si Kecil dalam proses belajarnya. Salah satu hambatan yang bisa muncul adalah masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan. Ketika Si Kecil mengalami masalah pencernaan, proses eksplorasinya pun terganggu. Jadi, Mams perlu memberikan asupan nutrisi baik agar Si Kecil bebas dari masalah pencernaan.
Mams bisa bantu memenuhi asupan protein A2 untuk Si Kecil dengan memberikan S-26 Procal Ultima Multicare System. S-26 Procal Ultima Multicare System adalah susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim bubuk dari sapi A2. S-26 Procal Ultima Multicare System mengandung nutrisi seperti Omega 3(ALA), Omega 6 (LA), Tinggi Protein, Tinggi Kalsium, Tinggi Selenium, Tinggi Vit. D dan mengandung Serat Pangan. Untuk info lebih lanjut mengenai S-26 Procal Ultima Multicare System, Mams dapat mengunjungi: https://www.wyethnutrition.co.id/products/s26-procal-ultima

Yuk, Mams, Paps, fasilitasi dan dukung minat Si Kecil yang selalu penuh rasa ingin tahu agar ia tak berhenti bereksplorasi dan bakat naturalnya terasah hingga ia beranjak dewasa nanti!