Ciri Anak Cerdas Umur 1 Tahun dan Tips Mengasah Minat Bakatnya

Ciri Anak Cerdas Umur 1 Tahun dan Tips Mengasah Minat Bakatnya

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 6 menit

Banyak orang tua khawatir ketika ada anak sebaya Si Kecil yang memiliki kemampuan berbeda atau bahkan selangkah lebih maju. Padahal kenyataannya, anak-anak tumbuh dalam kecepatan yang berbeda dan tidak melulu harus dalam urutan yang sama. 

Pencapaian berdasarkan usia ini terkait dengan bagaimana Si Kecil bermain, belajar, berbicara, bertingkah, dan bergerak. Nah, Mam, meski berbeda-beda, terdapat ciri pencapaian pertumbuhan ketika Si Kecil mencapai usia tertentu. 

Ketika menginjak usia 12 bulan misalnya, terdapat ciri-ciri tertentu yang menandakan kecerdasannya. Beberapa ciri anak cerdas umur 1 tahun yakni1: 

Kecerdasan Linguistik

Si Kecil yang memiliki ciri anak cerdas umur 1 tahun di bidang linguistik mampu belajar banyak kosakata dan pandai menggunakan kata-kata untuk mengekspresikannya. Si Kecil yang cerdas dalam memilih kata, mengartikan makna tersirat dari kalimat yang dibacanya, mampu menulis puisi, berbicara dengan percaya diri bisa termasuk memiliki potensi kecerdasan linguistik. 

Mam bisa mengajak anak ke toko buku atau perpustakaan agar ia semakin rajin membaca dan meningkatkan perbendaharaan katanya. Mengajarkan mereka menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, ataupun Bahasa Jepang juga bisa dilakukan. Selain meningkatkan kecerdasan berbahasa, mereka juga dapat lebih percaya diri berinteraksi dengan orang dari negara lain. 

Kecerdasan Spasial

Si Kecil yang memiliki kecerdasan spasial sering kali dianggap berbakat dalam bidang seni. Mereka dapat mengekspresikan diri dengan gambar-gambar atau karya visual yang unik. Pikiran mereka penuh dengan imajinasi dan hal-hal kreatif lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh kita. Untuk itu, Mam perlu mengembangkan kreativitas Si Kecil dengan cara yang tepat. 

Mam bisa mencoba membelikan mereka buku gambar, puzzle, atau mendatangkan guru les privat melukis agar mereka tahu bagaimana harus memaksimalkan kemampuan spasialnya. 

Setelah mengetahui ciri anak cerdas umur 1 tahun, Mam jadi bisa tahu harus mengarahkan mereka seperti apa dan tidak lagi membandingkan anak harus bisa seperti anak lainnya. 

Baca Juga: Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Anak 

Kecerdasan Logika-Matematika

Ciri anak cerdas umur 1 tahun ini dapat membuat Si Kecil unggul dalam hal perhitungan dan logika. Mereka memiliki pola pikir yang terstruktur, kritis dan dapat menjadi problem solving yang baik. Bila anak sudah menunjukkan bakatnya sejak dini, Mam bisa melihatnya dari nilai rapor di sekolah yang berhubungan dengan matematika, fisika, kimia, dan yang terkait perhitungan lainnya. 

Kecerdasan Musikal

Tipe kecerdasan musikal sangat peka terhadap nada, irama, dan ritme musik. Kemampuan Si Kecil diasah dengan baik, kelak ia akan dapat percaya diri untuk tampil bernyanyi atau memainkan alat musik dengan di atas panggung. 

Jika Si Kecil memiliki ciri anak cerdas umur 1 tahun pada bidang musikal, ada baiknya agar mengikutsertakan anak ke les musik atau bernyanyi sejak dini agar anak bisa menyalurkan hobinya dengan baik. 

Cara Menggali Potensi Minat dan Bakat Si Kecil

Untuk mendukung potensi minat dan bakat anak berdasarkan ciri anak cerdas umur 1 tahun di atas, ada sejumlah cara mengembangkan bakat anak yang bisa dilakukan sejak dini, diantaranya:

Jangan terburu-buru dan memaksa anak. Jangan terlalu cepat ‘menerka-nerka’ bakat Si Kecil dengan memasukkannya ke dalam banyak ekstrakurikuler sekaligus. Hal ini malah bisa mengancam kesehatan mereka. 

Toleransi kesalahan. Misalnya, jika Si Kecil sudah menunjukkan kemampuannya dalam bermain sepak bola, jangan berekspektasi bahwa dirinya tidak akan membuat kesalahan. 

Wajar saja jika anak membuat kesalahan saat menggali bakatnya. Apalagi jika mereka baru melakukannya beberapa kali. 

Mau menerima ide dan aspirasi anak. Untuk lebih memahami ciri anak cerdas umur 1 tahun, biarkan mereka mengutarakan ide dan aspirasinya. Alasannya, Si Kecil memiliki hobi dan kesenangan tersendiri. 

Saat anak mulai berani mengutarakan ide-idenya, cobalah dengarkan dengan seksama. Dengan begitu, Mam perlahan-lahan juga akan dapat mengetahui bakat mereka lebih dalam. 

Jangan sering mengintervensi. Jangan terlalu sering mengintervensi anak saat mereka sedang mengeksplorasi bakatnya. 

Biarkan anak berusaha dengan kemampuannya sendiri. Mam hanya perlu berada di sampingnya untuk memberikan arahan jika mereka menemukan jalan buntu. Alih-alih memberikan kritikan yang tak membangun, lontarkan kata-kata penuh dengan semangat. 
 

Selain dari beragam stimulasi tersebut, kebutuhan nutrisi juga wajib untuk Si Kecil agar mampu lebih jauh menumbuhkan kecerdasan sembari mengeksplorasi hal-hal baru. Untuk itu, Mam bisa memberikan Si Kecil S-26 Procal Ultima. 

Dibuat menggunakan susu skim dari sapi A2, S-26 Procal Ultima Multicare System dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun.  S-26 Procal Ultima Multicare System mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil termasuk Zat Besi, Omega 3 & 6, Selenium, Protein, Vitamin D serta vitamin dan mineral lainnya. S-26 Procal Ultima Multicare System tersedia dalam kemasan Can Top 850 gram. 

Kepintaran_anak_dan_cara

Source : 

sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S2352721815000157  

hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/staying-healthy-during-pregnancy/get-a-good-nights-sleep-during-pregnancy  

kidshealth.org/en/parents/sleep-during-pregnancy.html  

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login