Tahapan Perkembangan Anak 2 Tahun dan Cara Mengukurnya.jpg

Tahapan Perkembangan Anak 2 Tahun dan Cara Mengukurnya

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 6 menit

Setelah masuk ke usia dua tahun, setiap bulannya Mam akan melihat betapa pesat tumbuh kembangnya. Baik itu dari segi pertumbuhan fisik maupun perkembangan mentalnya.

Seiring dengan semakin banyaknya pengalaman dan pelajaran yang SI Kecil terima, ketergantungan dia terhadap Mam pun akan berkurang dan semakin mandiri. Apalagi di usia ini, dia serasa memiliki dunia dan lingkungannya sendiri. Maka, besar kemungkinan dia sedang berusaha untuk melakukan lebih banyak hal tanpa bantuan Mam. 

Mam, perkembangan anak usia 2 tahun biasanya ditandai oleh beberapa hal seperti menunjukkan kemampuan motorik, kreativitas, sosial, dan kemandirian. Antara usia 2 dan 3, dia akan menunjukkan banyak perkembangan yang tidak terbayang sebelumnya.

 

Milestone perkembangan anak usia 2 tahun

Terdapat beberapa pencapaian milestone perkembangan anak usia 2 tahun, baik dari segi kemampuan motorik, bahasa dan bicara, hingga kemampuan sosial dan emosional. Pencapaian-pencapaian tersebut terdiri dari:

Kemampuan motorik kasar

Secara alami, kemampuan motorik Si Kecil akan meningkat. Transisi dari belajar jalan, menuju gerakan berjalan seperti orang dewasa, jalan mundur, berbelok, berdiri di atas satu kaki, bahkan berlari.

Untuk menstimulasi perkembangannya, biarkan dia mengeksplorasi di luar rumah setiap hari. Hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik kasarnya dengan gembira sambil melepas penat. Hanya saja, di usia ini dia masih butuh pengawasan. 

Pencapaian kemampuan motorik kasar anak usia 2 tahun meliputi:

  • Berjinjit
  • Menendang bola
  • Mulai berlari
  • Memanjat dan turun dari furnitur tanpa bantuan
  • Naik dan turun tangga sambil berpegangan
  • Melempar bola di atas kepala
  • Membawa mainan besar atau beberapa mainan sambil berjalan
     

Kemampuan motorik halus

Gerakan pergelangan tangan, jari, dan telapak tangannya semakin terkoordinasi hingga dia dapat membuka tutup botol atau kenop pintu. Si Kecil juga dapat memegang krayon atau pensil meski cara memegangnya masih terlihat aneh. Rentang perhatiannya pun kini lebih lama. Hal yang menarik perhatian Si Kecil biasanya berhubungan dengan menggambar, membangun balok dan lainnya. Mam akan melihat preferensi tangan Si Kecil di usia ini.
Kemampuan motorik halus di usia 2 tahun biasanya ditunjukkan lewat kemampuannya:

  • Corat-coret
  • Membalikkan wadah dan mengeluarkan isinya
  • Membangun bangunan setinggi empat balok atau lebih
     

Kemampuan berbahasa

Tidak semua anak memiliki kemampuan berbahasa yang seragam di usia ini, ada yang lebih cepat maupun lambat. Namun mereka biasanya Si Kecil mengerti lebih banyak hal daripada yang dapat diucapkan.

Untuk itu, penting bagi orang tua untuk terus berinteraksi dengannya, terutama memberi tahu aktivitas selanjutnya yang akan dilakukan, atau mengingatkan saat aktivitas akan berlalu. Bantu kemampuan berbahasanya dengan cara berbicara dan mengobrol dengannya.

Beri Si Kecil buku yang dapat “berinteraksi” lewat sentuhan dan menyebutkan suatu benda atau mengulang kata. Di usia ini, kemampuan berbahasa mereka semakin meningkat, pada umumnya, mereka dapat  melakukan hal-hal berikut:

  • Menunjukkan gambar atau benda saat diminta
  • Tahu nama keluarga, saudara, anggota tubuh, dan benda
  • Mengucap kalimat dengan dua hingga empat kata
  • Mengikuti instruksi sederhana
  • Mengulangi kata yang dia curi dengar saat orang lain mengobrol
     

Baca Juga: Cara Mengasah Kecerdasan Emosional Anak 

Kemampuan sosial dan emosional

Secara sosial dan emosional, Si Kecil akan merasa dunia berputar di sekitarnya. Konsep berbagi belum jadi konsep yang masuk akal. 
Di usia 2 tahun, kemampuan sosial dan emosional ditunjukkan melalui:

  • Meniru orang lain, terutama anak yang lebih besar dan orang tua
  • Senang ketika berada di sekitar anak lainnya
  • Bermain di samping, alih-alih bersama anak lainnya
  • Menunjukkan perlawanan (melakukan hal yang sebenarnya Mam larang)
  • Menyadari bahwa diri nya adalah orang yang berbeda dan terpisah dari orang lain
     

Kemampuan belajar dan berpikir

Pemahaman Si Kecil akan apa yang dikomunikasikan orang lain semakin meningkat dan dia mulai dapat memecahkan masalah di kepalanya. Konsep waktu serta angka juga menjadi konsep yang mulai dia pahami.

Maka dari itu, Mam dapat mulai menggunakan angka atau waktu saat berbicara dengannya. Mainannya dia sukai juga semakin kompleks dan mulai memiliki mainan favorit.  Nah, di usia 2 tahun, Si Kecil biasanya mampu melakukan:

  • Menemukan benda-benda yang tersembunyi
  • Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna
  • Melengkapi kalimat dan rima di buku-buku yang dia ketahui
  • Mengikuti dua instruksi berurutan
  • Bermain peran
     

Perkembangan anak usia 2 tahun banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Dia akan menyerap sebanyak mungkin pengalaman dan pelajaran yang dia dapatkan, maka dari itu Si Kecil memerlukan nutrisi, inspirasi, serta stimulasi yang tepat agar dapat tumbuh dengan baik.

Nah, Mam bisa mengambil peran melalui #PercayaPilihanPintar untuk memperkokoh fondasi belajar Si Kecil lewat nutrisi tepat setiap hari.
Susu merupakan asupan yang baik untuk diberikan kepada anak karena rasanya mudah diterima oleh anak dan mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, zink, DHA, dan vitamin yang baik untuk dukung tumbuh kembang Si Kecil. 

S-26 Procal Nutrissentials adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun, dan S-26 Promise Nutrissentials adalah susu yang dapat dikonsumsi untuk anak di atas 3 tahun. Dengan pengalaman 100 tahun dari Wyeth Nutrition, dukung fondasi belajar Si Kecil. 

Terus percaya pilihanmu, percaya S-26 Procal Nutrissentials. Selalu dukung fondasi belajar Si Kecil! Mam pintar, #PercayaPilihanPintar

S-26 Procal Nutrissentials tersedia dalam rasa Vanila dengan berbagai varian ukuran mulai dari 400 gram, 700 gram, hingga 1400 gram. Untuk memantau perkembangan Si Kecil secara seksama, Mam bisa menjatuhkan pilihan pintarnya kepada fitur #PercayaPilihanPintar Milestone Tracker yang ada di halaman ini. Dengan fitur ini, Mam bisa memantau perkembangan keenam pilar fondasi belajar Si Kecil sesuai dengan tahapan usianya.

 

Source:

verywellfamily.com/2-year-old-developmental-milestones-2631964
webmd.com/parenting/guide/child-at-2-milestones 

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login