Cara Tepat Mengenalkan Si Kecil dengan Beragam Profesi untuk Dukung Ia Menjadi Anak Hebat Indonesia

Cara Tepat Mengenalkan Si Kecil dengan Beragam Profesi untuk Dukung Ia Menjadi Anak Hebat Indonesia

Waktu membaca: 4 menit

Di masa sekarang ini, ada banyak sekali profesi yang kelak bisa dilakukan anak, yang mungkin tak terpikirkan saat Mam dan Pap kecil dulu. Yuk ajarkan si Kecil mengenai berbagai profesi! Bukan hanya untuk menambah pengetahuannya, tetapi juga untuk menjadi aspirasi bagi si Kecil untuk menjadi anak hebat Indonesia. Studi menunjukkan bahwa aspirasi turut berperan dalam membentuk perilaku dan sikap, Kecil, lho. 

Mengenal berbagai profesi, pekerjaan, dan karir di usia dini juga dapat memberikan manfaat dimana anak hebat Indonesia dapat belajar membuat perencanaan dan menentukan langkah yang dibutuhkan untuk kemudian mencapai profesi yang menjadi cita-citanya. Sehingga kelak saat menentukan studi apa yang hendak ia ambil di jenjang universitas, misalnya, anak tidak sekedar ikut-ikutan tren atau temannya.

Mengenalkan profesi pada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa contohnya. 

1.    Memanfaatkan buku cerita. Ada banyak buku cerita dengan tema profesi yang dapat Mam manfaatkan untuk mengenalkan berbagai profesi pada anak. Pilih yang sesuai dengan usia anak. Mislanya, untuk anak yang lebih kecil pilihlah buku dengan gambar menarik dan kalimat yang sederhana serta mudah dipahami.

2.    Memanfaatkan video atau film. Selain buku, ada pula berbagai video atau film anak yang bisa Mam gunakan untuk membahas berbagai profesi dengan anak. Pada saat menonton film yang bukan khusus membahas profesi bagi anak-anak, Mam juga bisa menjelaskan profesi yang dilakukan oleh tokoh di film tersebut.

3.    Bermain dramatisasi atau bermain pura-pura. Aktivitas ini pasti disukai si Kecil dan si Kecil bisa berpura-pura menjalani berbagai pekerjaan. Misalnya menjadi pilot, menjadi koki, menjadi dokter, menjadi ibu rumah tangga, menjadi detektif dan bahkan berbagai profesi yang tidak umum seperti menjadi pawang singa, agen rahasia, dan sebagainya.

4.    Bemain mencocokkan kartu. Mam bisa membuat kartu bergambar berbagai profesi dan kartu bertuliskan nama profesi tersebut dan kemudian minta si Kecil mencocokkan kartu-kartu tadi. Apabila si Kecil belum bisa membaca, Mam bisa membuat kartu bergambar orang dengan profesi tertentu dan kartu bergambar tempat bekerjanya.

5.    Mengunjungi langsung dan bertemu orang dengan profesi tertentu. Mislanya mengajak anak saat Mam hendak pergi ke Bank dan jelaskan pada anak mengenai profesi yang ada di sana. Jika memungkinkan, Mam bahkan bisa mengajak anak berbicara langsung dengan orang yang bekerja di bank. Jika si Kecil memang sudah menunjukkan ketertarikan terhadap suatu profesi, mengunjungi tempat pekerjaan tersebut dan bertemu langsung dengan orang denga profesi yang ia sukai tentu akan menjadi pengalaman belajar yang berkesan bagi anak.
Selain pekerjaan yang umum, tentunya Mam juga perlu mengenalkan berbagai profesi unik, atau yang belum diketahui anak, pada si Kecil. Misalnya illustrator, desainer grafis, hotelier, dan bahkan pasukan pelindung presiden. Profesi apapun, jika ditekuni dengan baik tentu bisa menjadikan si Kecil anak hebat Indonesia yang membawa Indonesia semakin maju kelak.


Sumber:
https://cica.org.au/wp-content/uploads/Introducing-children-to-the-worl…
https://www.thebalancecareers.com/helping-your-children-make-career-cho…
https://lingokids.com/english-for-kids/games/activities-to-learn-about-…
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login