5 Cara Mengajarkan Anak Mengenal Huruf yang Menyenangkan Ini

5 Cara Mengajarkan Anak Mengenal Huruf yang Menyenangkan Ini

Dengarkan Artikel
Waktu membaca: 6 menit

Membaca dan menulis adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Kemampuan itu merupakan jendela untuk mengenal lebih jauh mengenai dunia. Pepatah Cina mengatakan, “Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah kecil.”

Nah, sebelum menguasai perjalanan untuk menguasai kemampuan membaca dan menulis, sejak dini anak-anak dapat memulainya dengan satu langkah kecil berupa mengenal huruf

Untuk anak usia dini dan usia prasekolah, mengenal huruf diterjemahkan ke dalam gambar maupun coretan menggunakan krayon atau pensil, sementara di sekolah, si Kecil baru mulai belajar menulis secara formal.

Keterampilan si Kecil diawali dengan mengenal huruf. Pengetahuan akan huruf menjadi penanda dia siap untuk belajar literasi lebih jauh. Perkenalan pertama pada huruf mengacu pada sejauh mana dia mengenali bentuk huruf, nama-nama huruf, dan suara yang mengikutinya. Pengetahuan itu juga dapat memprediksi sejauh mana kemampuan mengeja dan membacanya di masa yang akan datang.

Saat memasuki usia pra-sekolah dan TK, anak yang kurang memahami huruf dan bunyinya cenderung kesulitan belajar membaca.  Untuk itu, Mam bisa dengan kreatif mencari cara mengajarkan anak mengenal huruf sejak dini.

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Bermain Sambil Belajar!

Cara mengajarkan anak mengenal huruf

Anak-anak pada umumnya mulai mengenali huruf antara usia 2-3 tahun dan menguasainya di usia 4-5 tahun. Jadi, saat yang tepat untuk memperkenalkan huruf pada si Kecil sebaiknya dimulai di usia 2 tahun. 

Di awal masa belajar soal huruf, sedianya dia diperkenalkan dengan huruf secara pelan-pelan. Hindari langsung menggunakan kartu untuk belajar mengenai huruf, alih-alih, gunakan bantuan visual seperti buku abjad berwarna dan bergambar. Dengan demikian, tidak hanya dia belajar huruf, dia juga dapat belajar soal warna dan bentuk. 

Selain menggunakan bantuan visual, si Kecil sebaiknya lebih banyak dibacakan cerita dari buku. Pastikan dia melihat bahwa ada buku yang sedang dibaca, sehingga dia menyadari bahwa cerita-cerita favorit dia terdiri dari huruf-huruf yang jika dirangkai, bisa jadi sesuatu yang masuk akal. 

Agar tidak membosankan, banyak cara menyenangkan bagi si Kecil untuk belajar huruf, seperti:

1. Bernyanyi lagu ABC

Menyanyi adalah cara yang mudah dan menyenangkan untuk si Kecil belajar huruf. Selain mengenal bagaimana bunyi penyebutannya, dia juga akan mempelajari urutan abjadnya. 

2. Bermain mencocokkan huruf

Mencocokkan huruf mudah untuk dimainkan. Di papan, tempelkan berbagai huruf lalu secara terpisah, gunakan magnet huruf atau huruf yang dicetak di atas kertas seukuran dengan huruf di papan. Setelahnya, instruksikan si Kecil untuk mencocokkan magnet atau kertas dengan huruf di papan. Lakukan secara bertahap, tidak perlu langsung dari A sampai Z. Lakukan hingga dia menguasai seluruh huruf. Dengan ini, dia semakin mengakrabi bentuk dan bunyi hurufnya.

3. Bermain kotak misteri

Setiap minggu, gunakan sebuah kotak untuk menyimpan benda-benda yang namanya diawali dengan huruf yang sama. Ajak si Kecil untuk membuka kotak tersebut dan tebak nama benda-benda yang terdapat di dalam kotak itu. Dari situ, mintalah si Kecil menebak huruf apa yang menjadi tema kotak misteri tersebut. Misalnya, di dalam boks terdapat mainan botol, bantal, bola, dan baju. Setelah itu, si Kecil dapat menebak apa benda tersebut dan huruf dalam kotak.

4. Menyediakan makanan berbentuk huruf

Banyak makanan sehari-hari yang secara kreatif dibentuk serupa huruf seperti nugget, roti, atau makanan apapun yang bisa dicetak. Selain itu, Mam juga bisa mengajak si Kecil berkreasi di dapur untuk membuat kue kering berbentuk huruf. Dengan demikian, dia bisa belajar, bermain, sambil mencicipi masakannya sendiri.

5. Bermain tepuk balon

Tuliskan huruf pada balon atau beli balon bergambarkan huruf-huruf lalu gantung balon tersebut di langit-langit dengan tali. Sebutkan huruf yang ada di balon tersebut lalu biarkan si Kecil menepuknya. Permainan ini seru untuk dimainkan secara beramai-ramai. 

Bermain sambil belajar mengenal huruf memang menyenangkan, ya, Mam. Apalagi saat dia berhasil mengenal huruf baru dan semakin bersemangat untuk mengenal huruf lainnya.

Untuk menambah bekal si Kecil dalam belajar mengenal huruf dan menulis, si Kecil juga wajib memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang penting untuk dukung tumbuh kembangnya.

Dapatkan nutrisi lengkap dan cukupkan kebutuhan si Kecil setiap hari dengan segelas S-26 Procal Gold dengan Multiexcel Alpha Lipids System. S-26 Procal Gold merupakan susu pertumbuhan bernutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, terutama di usia 1-3 tahun. 

S-26 Procal Gold merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk mendukung proses belajar progresif anak dengan usia 1-3 tahun. S-26 Procal Gold mengandung  Protein, Kalsium Vitamin D, & Fosfor, Alfa Laktabumin, Serat Pangan Oligofruktosa, Vitamin C, Selenium, Zinc, serta Vitamin B Kompleks .  
 
S-26 Procal Gold tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 400 gr, 900 gr, dan 1600 gr. Dapatkan S-26 Procal Gold dari toko-toko terdekat baik secara online maupun offline.

 

5 Cara Mengajarkan Anak Mengenal Huruf yang Menyenangkan Ini_infografik.j

 

Source : 

- ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2910925/
-  babycenter.com/toddler/development/whats-the-best-way-to-teach-my-child-the-alphabet_6897
 

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login