Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sesuai Usia Anak

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sesuai Usia Anak

Waktu membaca: 4 menit

Kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan bagi si Kecil agar kelak menjadi anak hebat dan menjadi penduduk dunia. Mam juga tak perlu khawatir apabila keluarga Mam bukan keluarga bilingual dan hanya menggunakan Bahasa Indonesia di rumah. Karena anak-anak umumnya dapat belajar bahasa dengan mudah. Mereka bahkan dapat mempelajari bahasa asing, seperti Bahasa Inggris, walau bukan dengan cara ‘belajar’ yang akademis. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Mam ketahui seputar belajar Bahasa Inggris anak supaya anak bisa cepat berbahasa Inggris dan proses belajarnya berjalan dengan efektif.

1.    Di tahap usia dini anak bisa belajar bahasa asing dengan mudah tanpa perlu mempelajarinya secara akademis. Karena di masa ini anak-anak umumnya bisa menyerap bahasa asing dengan cara yang sama seperti cara mereka menyerap bahasa ibunya.

2.    Belajar Bahasa Inggris anak perlu dilakukan dengan cara yang sesuai dengan usia anak. Salah satu cara yang efektif bagi anak agar bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah melalui aktivitas bermain atau aktivitas yang menyenangkan baginya.

3.    Bahasa verbal biasanya akan dikuasai terlebih dahulu sebelum bahasa tulis oleh si Kecil. Mam bisa memperkenalkan Bahasa Inggris sedini mungkin, baru kemudian diikuti oleh belajar mengenai tata bahasa Inggris ketika anak sudah siap dari segi usia dan kemampuan.

4.    Tak perlu cemas apabila bahasa Inggris Mam tidak sempurna. Yang penting Mam tetap menunjukkan antusiasme, memberi motivasi untuk anak, dan memfasilitasi anak agar banyak ‘bertemu’ dengan bahasa Inggris serta tetap menyisipkan bahasa Inggris dalam aktivitas anak sehari-hari.

5.    Apabila keluarga Mam bukan keluarga bilingual, Mam bisa membantu belajar bahasa Inggris anak dengan membangun rutinitas. Misalnya membuat jadwal dimana Mam berbicara dalam bahasa Inggris dengan anak, membuat jadwal membaca buku bahasa Inggris, menonton film anak-anak berbahasa Inggris, dan sebagainya. Tingkatkan sesi berbahasa Inggris ini dengan bertambahnya usia dan kemampuan anak.

6.    Pengulangan adalah bagian penting dari belajar bahasa Inggris Anak. Jadi tak ada salahnya membaca buku atau menonton film yang sama berulang kali. Walau umumnya anak juga punya buku atau film kesukaan yang biasanya akan ia tonton berulang kali. Mam juga bisa mengucapkan satu kalimat utuh dalam bahasa Indonesia yang mengulang kalimat utuh tersebut dalam bahasa Inggris.

7.    Gunakan metode atau media yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris anak. Misalnya games, kartu, buku aktivitas, buku cerita, dan lain sebagainya. Tentu saja media dan metode yang dipilih perlu disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak ya, Mam.

8.    Jika Mam ingin memasukkan anak ke tempat les bahasa Inggris, pastikan kelas yang diikuti dan metode yang diterapkan sesuai dengan usia anak supaya hasilnya optimal dan si Kecil belajar dengan gembira.

Yuk Mam, ciptakan lingkungan dimana si Kecil dapat belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Dan apabila pengucapan atau tata bahasa anak belum benar, tak perlu buru-buru mengoreksinya. Yang penting anak bisa memahami bahasa Inggris ketika ia mendengarnya dan percaya diri untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Jika ia sudah mencapai usia yang tepat, anak akan lebih mudah belajar mengenai grammar dalam bahasa Inggris.


Sumber:
https://www.britishcouncilfoundation.id/english/articles/start-teaching…
https://www.bbc.com/future/article/20181024-the-best-age-to-learn-a-for…
https://learnenglishkids.britishcouncil.org/helping-your-child/how-youn…
 

Wyeth milestone content listing for article

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login