Yang Perlu Mam Ketahui dalam Cara Anak Cepat Berbicara 1600x700.jpg

Yang Perlu Mam Ketahui dalam Cara Anak Cepat Berbicara

Waktu membaca: 5 menit

Kemampuan bahasa adalah bagian penting dalam tumbuh kembang anak dan juga bagian penting untuk jadikan si Kecil anak pintar. Salah satu dari proses perkembangan bahasa, atau komunikasi, anak adalah belajar bicara. Agar proses belajar bicara anak berjalan secara optimal, ia membutuhkan stimulasi yang tepat sedini mungkin. Ya, stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dan dilakukan secara rutin merupakan salah satu cara anak cepat berbicara.

Apa saja sih yang dapat Mam lakukan sebagai cara anak cepat berbicara? Yuk, simak penjelasan singkat seputar cara anak cepat berbicara di bawah ini.

1. Mulai sejak dini.
Ya, salah satu cara anak cepat berbicara adalah dengan mengajaknya berbicara, bahkan sejak ia baru dilahirkan. Telinga bayi dan bagian otak yang merespon suara sudah berkembang baik saat ia dilahirkan. Jadi, walaupun si Kecil belum bisa menjawab, Mam tetap perlu mengajaknya bicara, atau ‘mengobrol’, karena sebenarnya ia sudah menyerap kata-kata yang Mam ucapkan.

2. Beri stimulasi yang sesuai dengan usia anak
Setiap tahap usia dan tahap perkembangan bahasa tentu membutuhkan stimulasi yang berbeda agar kemampuan bicara anak dapat optimal. Berikut ini adalah beberaoa contoh stimulasi di setiapn tahap usia yang dapat Mam berikan sebagai cara anak cepat berbicara.

Usia 0-6 bulan: 
-    Berbicara pada anak saat Mam beraktivitas dengannya seperti memandikan, mengganti popok, dan lainnya.
-    Menyanyikan lagu untuk si Kecil.
-    Mendekatkan wajah Mam ke wajah anak saat berbicara dengannya.
-    Mengulang bunyi yang si Kecil buat, cara ini akan membantu anak belajar mendengarkan dan bergantian saat berbicara.

Usia 6-12 bulan:
-    Menunjuk suatu objek sambil menyebutkan nama objek tersebut. Mislanya, “Lihat, ada ikan” sambil menunjuk ikan di kolam.
-    Mengajak anak ‘membaca’ buku. Perlihatkan gambar yang ada di buku sambil berbicara mengenai gambar tersebut. Misalnya warna baju yang dikenakan anak di dalam buku, ada berapa ekor bebek di buku, dan sebagainya.

Usia 12-18 bulan:
-    Perkenalkan berbagai kosakata baru. Misalnya dengan memberi si Kecil pilihan. “Adik mau makan pakai baju warna merah atau warna ungu?” “Adik mau makan buah jeruk atau buah semangka?”.
-    Gunakan mainan atau buku yang bisa mnegeluarkan bunyi untuk emlatih kemampuan mendengar anak.
-    Perbaiki jika si Kecil salah mengucapkan kosakata. Misalnya jika ia menyebut “Jeyuk” untuk “Jeruk”. Maka Mam bisa memperbaikinya tanpa mengkritik, cukup katakan, “Iya, ini buah jeruk.”
-    Bernyanyi bersama anak, terutama yang bisa diikuti dengan gerakan tubuh.

3. Membaca buku
Buku beberapa kali disebutkan di atas sebagai bagian dari cara anak cepat berbicara. Membacakan buku bisa dimulai sejak si kecil masih bayi. Gunakan jenis buku dan metode yang sesuai dengan usia anak. Misalnya dimulai dari boardbook yan kalimatnya pendek-pendek dan lebih banyak gambarnya dan meningkat terus ke buku yang ceritanya lebih panjang. Selian membantu memperkaya kosakata anak, membantu kemampuan mendengar, kebiasaan ini juga akan menumbuhkan kesukaan anak terhadap membaca.

4. Ciptakan dialog dengan anak
Pastikan ‘obrolan’ Mam dan si Kecil berjalan dua arah. Bahkan sejak si Kecil masih mengoceh dengan ‘bahasa bayi’. Mislanya saat Mam menunjuk ikan di kolam dan berkata, “Lihat, ada ikan!” kemudian si Kecil menyahut dengan ocehan bayi, maka Mam bisa mengatakan, “Iya, ikannya sedang makan”. Dengan cara ini si Kecil akan belajar mengenai percakapan dua arah.

5. Kenali tanda-tanda hambatan bicara
Mam tentu juga perlu mengenali tanda-tanda si Kecil mengalami hambatan berbicara. Tujuannya supaya Mam bisa segera mendiskusikan dengan dokter spesialis anak dan segera mencari solusinya. Kekhawatiran apapun yang Mam temui bisa segera Mam sampaikan kepada ahlinya. 

Yuk Mam, selalu beri stimulasi yang tepat bagi anak agar tumbuh kembangnya berjalan optimal dan si Kecil menjadi anak pintar.


Sumber:
https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/play-baby-developme…
https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/play-and-learning/…
https://www.parents.com/baby/development/talking/help-your-baby-learn-t…
https://www.parents.com/baby/development/talking/9-ways-to-help-your-ch…
https://www.zerotothree.org/resources/301-tips-on-learning-to-talk
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login