Bermain Sambil Belajar Berhitung

Bermain Sambil Belajar Berhitung

Mam dapat mengajari anak belajar berhitung sambal bermain.

Waktu membaca: 2 menit
Belajar berhitung bisa menjadi menyenangkan apabila cara yang digunakan tepat

Lakukan beberapa cara yang menyenangkan untuk berhitung:

Mainan
Mam dapat melakukan berbagai kegiatan saat bermain sambil berhitung. Misalnya ketika si kecil membersihkan peralatan mainnya. Ajak ia untuk memasukkan mainannya ke dalam boks dan ajak ia untuk menghitung jumlah mainan yang ia rapikan.

Tangga
Ketika menaiki tangga ajak si kecil  untuk menghitung setiap anak tangga yang ia injak.

Makanan
Ketika Mam menyajikan makanan di piringnya atau sedang berada di restoran, ajari ia untuk menghitung berapa banyak jenis makanan yang ada di piringnya, ajak ia untuk menghitung berapa banyak buah yang ada di atas meja, dsb.

Jari tangan
Cara ini biasanya sering dilakukan oleh orang tua ketika pertama kali mengajarkan anaknya berhitung. Hitung berdasarkan jari si kecil agar ia lebih mudah mengingatnya.

Ubin
Ketika berjalan-jalan diatas ubin kotak, Mam dapat mengajak si kecil untuk menghitung berapa banyak ubin yang telah diinjak. Mam bisa mengajaknya menghitung ubin tersebut dengan cara meloncati setiap ubin, bermain suit untuk dapat melewati ubin selanjutnya, dsb.

Mainan air
Anak-anak suka bermain air. Ketika mandi, Mam dapat menyiapkan berbagai macam permainan air dan ajak ia untuk menghitung berapa banyak bebek di dalam air, dsb.

Buku
Bacakan ia buku anak yang berkaitan dengan menghitung. Atau Mam juga bisa memberi judul buku-buku favoritnya dengan angka. Sehingga ia akan lebih mudah untuk menghapal angka.

Berbagai benda dapat dijadikan sebagai media untuk belajar menghitung bagi si kecil. Sebaiknya selipkan permainan ketika Mam ingin mengajaknya untuk belajar menghitung, agar si kecil tidak merasa bosan.
 

Wyeth milestone content listing for article