Benarkah Omega-3 Dapat Bantu Si Kecil Jadi Anak Cerdas?

Omega-3 sering disebut sebagai nutrisi penting bagi si Kecil, khususnya untuk dukung agar ia jadi anak cerdas. Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan omega-3? Apa saja manfaatnya bagi si Kecil? Apakah manfaatnya juga mencakup untuk jadikan anak sehat? Dari mana si Kecil bisa mendapatkannya? Yuk Mam, baca penjelasan seputar omega-3 di bawah ini.

Apa itu omega-3?
Yang disebut omega-3 adalah asam lemak esensial yang berperan penting dalam kesehatan tubuh, pertumbuhan, proses kerja otak, dan juga sistem kekebalan tubuh. Omega-3 terbagi menjadi 3 tipe, yaitu eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA) and alpha-linolenic acid (ALA).

Apa manfaat omega-3 bagi si Kecil?
Omega-3, khususnya DHA banyak sekali manfaatnya bagi pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil selama dalam kandungan dan masa awal kehidupannya. Beberapa studi menunjukkan bahwa si Kecil yang mendapat cukup asupan omega-3 di masa awal kehidupannya menunjukkan perkembangan yang baik dalam hal koordinasi mata dan tangan, kemampuan konsentrasi, dan kemampuan sosial.

Omega-3 berperan dalam proses kerja otak anak sehingga dapat mempengaruhi fungsi kognitif, membantu anak fokus, mudah memahami pelajaran, memiliki kemampuan komunikasi dan sosial yang baik, dan juga lebih rendah kemungkinan mengalami gangguan konsentrasi seperti ADHD.

Omega-3 juga disebut dapat memberi manfaat yang berhubungan dengan kesehatan jantung, metabolisme tubuh, mengurangi inflamasi, mengurangi risiko asma dan lain sebagainya. Omega-3 pun turut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehinga si Kecil tak mudah sakit. Anak sehat tentunya akan dapat belajar dengan lebih optimal, bukan?

Dari mana si Kecil bisa mendapat asupan omega-3?
Cara terbaik bagi si Kecil untuk mendapat omega-3 tentu melalui bahan pangan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbagai jenis ikan berlemak seperti ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden, ikan tuna
  • Kerang laut, udang laut
  • Biji-bijian seperti chia seeds, flaxseeds
  • Kacang-kacangan seperti walnut, hazelnut, dan kacang kedelai
  • Sayuran seperti bayam, brokoli, kembang kol, kangkong
  • Susu yang difortifikasi dengan omega-3
  • Sumber lainnya seperti rumput laut, edamame, dan sebagainya

Apabila memang diperlukan, si Kecil juga bisa mendapat asupan omega-3 melalui suplemen tambahan yang tentunya harus Mam diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Jadi, memang secara umum omega-3 merupakan nutrisi yang penting untuk mendukung fungsi kognitif dan juga kesehatan anak sehingga si Kecil dapat menjadi anak cerdas dan juga anak sehat. Karenanya, yuk selalu pastikan ia mendapat asupan omega-3 yang cukup dalam menu hariannya dengan memanfaatkan sumber pangan yang bervariasi.


Sumber:
https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#section18
https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods#9
https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/manfaat-omega-3-dan-6-untuk-anak/
https://id.theasianparent.com/resep-sop
https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#benefits-for-kids
https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/types-of-vitamins-and-nutrients/do-kids-need-omega-3-fats
https://www.webmd.com/diet/features/who-needs-omega-3s#1

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya