Belajar Menulis Huruf jadi Lebih Mudah dengan Aktivitas Seru Ini

Mam, keterampilan menulis adalah bagian penting dalam perkembangan anak dan merupakan keterampilan yang perlu dimiliki anak untuk mendukung proses belajar di sekolah kelak. Selain itu, menulis adalah keterampilan yang akan digunakan oleh si Kecil seumur hidupnya. Meskipun demikian, bukan berarti si Kecil perlu buru-buru belajar menulis huruf lho, Mam.  Pasalnya, untuk dapat belajar menulis huruf dengan baik si Kecil perlu mencapai tahap perkembangan tertentu. Selain itu, menulis melibatkan beberapa keterampilan sehingga butuh waktu yang tak sebentar bagi si Kecil untuk belajar menulis huruf dengan baik. 

Belajar menulis huruf tak sebatas membuat goresan-goresan yang membentuk suatu huruf dan menyusunnya menjadi suatu kata dan kalimat. Sebelum mulai ke tahap belajar menulis huruf, Mam dapat terlebih dahulu memberikan stimulasi motorik halus melalui berbagai aktivitas yang dapat membantu mempersiapkan si Kecil untuk nantinya belajar menulis. Kemudian, saat si Kecil sudah memasuki usia dan tahap perkembangan dimana ia siap belajar menulis, ada pula berbagai aktivitas seru yang dapat dijadikan cara belajar menulis huruf sehingga proses belajar si Kecil menjadi menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang dapat membuat belajar menulis huruf nantinya menjadi lebih mudah bagi si Kecil. Simak, yuk!

1. Mencoret-coret
Ya, mencoret-coret juga merupakan salah satu cara belajar menulis huruf. Melalui aktivitas ini si Kecil akan belajar menggerakkan tangannya dan membuat bentuk garis yang kemudian akan digunakan ketika belajar menulis huruf. Lakukan aktivitas ini sesuai dengan tahap perkembangan si Kecil. Jika pada awalnya ia benar-benar hanya mencoret sesuka hatinya, jika ia sudah siap Mam bisa mengajak si Kecil membuat bentuk coretan tertentu. Misalnya garis horizontal dan vertikal, garis lengkung, melingkar, dan seterusnya. Aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Misalnya finger painting, cat air dan kuas, krayon, atau pensil.

2. Mewarnai bentuk huruf
Dalam belajar menulis huruf si Kecil tentunya perlu mengenal bentuk huruf, bukan? Selain melalui buku bergembar, Mam bisa memperkenalkan bentuk huruf dengan mengajak si Kecil mewarnai bentuk-bentuk huruf. Mam bisa membuat lembar mewarnai ini sendiri atau mencetaknya dari internet.

3. Menghubungkan titik-titik
Nah, sebelum mulai mewarnai bentuk huruf di atas, Mam bisa mengajak si Kecil membuat garis yang menghubungkan titik-titik yang kemudian akan membentuk huruf untuk ia warnai. Tak hanya bentuk huruf, si Kecil juga bisa menghubungkan titik-titik yang akan membentuk suatu gambar tertentu. Apabila titik-titiknya saling berdekatan, ia akan belajar membuat garis yang pendek-pendek. Dan sebaliknya, apabila titik-titiknya agak berjauhan ia kan belajar membuat garis yang lebih panjang. Semuanya merupakan bekal untuk ia belajar menulis huruf nanti.

4. Aktivitas bermain yang menstimulasi motorik halus
Perkembangan motorik halus berperan penting dalam kemampuan anak belajar menulis huruf. Karenanya, si Kecil perlu mendapat stimulasi yang cukup untuk mengembangkan motorik halusnya. Misalnya dengan mengajak bermain lilin plastisin, menggunting, merekat, meronce, menjumput, dan lain sebagainya.

5. Menulis namanya
Si Kecil tentunya bangga jika bisa menulis Namanya sendiri. Mengajak si Kecil menulis Namanya bisa menjadi stimulasi yang akan mendorongnya semangat untuk belajar menulis. Si Kecil bisa menulis namanya dengan mencontoh tulisan Mam terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa Mam masukkan ke dalam salah satu aktivitas di atas. Misalnya menghubungkan titik-titik yang kemudian membentuk huruf nama si Kecil, atau menulis damanya dengan menggunakan finger painting atau kapur.  

Ketika si Kecil kemudian sudah siap untuk benar-benar belajar menulis huruf, ada banyak pula aktivitas yang dapat Mam lakukan untuk membuat proses belajar menulis jadi menyenangkan dan tentunya meningkatkan keterampilan menulis anak. Tetap semangat ya, Mam!

Sumber:
https://www.oxfordlearning.com/improve-kids-writing-skills/
https://www.weareteachers.com/pre-writing-activities-for-preschoolers/
https://montessorium.com/community-post/7-ideas-to-encourage-writing
https://www.verywellfamily.com/teach-your-child-to-write-name-3128914
https://www.verywellfamily.com/teaching-preschoolers-to-write-fun-activities-3128860

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya