Yang Perlu Mam Ketahui Seputar Belajar Coding untuk Anak 1600x700.jpg

Yang Perlu Mam Ketahui Seputar Belajar Coding untuk Anak

Waktu membaca: 4 menit

Di masa sekarang ini, aktivitas yang bisa diikuti si Kecil semakin beragam. Salah satunya adalah coding, atau dikenal juga sebagai computer programming. Sebenarnya seperti apa sih belajar coding untuk anak? Memangnya tidak terlalu sulit bagi mereka? Dan apa manfaatnya belajar coding untuk anak?  Sebelum mulai mengikutsertakan si Kecil dalam kelas coding, tentunya Mam perlu tahu lebih banyak seputar belajar coding untuk anak. Yuk, baca penjelasan singkat seputar coding bagi si Kecil di bawah ini.
 

  • Seperti apa sih belajar coding untuk anak?
    Coding sendiri adalah cara untuk berkomunikasi dengan komputer, atau bahasa komputer, yang digunakan untuk membangun serta menjalankan website, aplikasi, games, dan sebagainya. Saat anak belajar coding, ia akan belajar mengenai bagaimana ia bisa berkomunikasi dengan komputer untuk mendapatkan respon yang diinginkan. Bahasa komputer ini tentunya sudah memiliki acuan dan aturan. 
     
  • Apa saja yang bisa dilakukan melalui coding?
    Coding, atau computer programming adalah dasar dari video games, aplikasi, robotics, grafik komputer, dan masih banyak lagi. Tentunya dalam belajar coding untuk anak, anak akan membuat program yang sesuai dengan tahap perkembangan dan usianya. Belajar coding tentu juga dapat membantu anak memahami bagaimana dunia digital bekerja, mengingat teknologi digital telah menjadi bagian dari keseharian mereka.
     
  • Belajar coding membantu anak mengembangkan kemampuan kognitif dan pemecahan masalah.
    Saat belajar coding, anak akan belajar menggunakan pola dan juga memecahkan masalah. Anak akan belajar mengenali masalah yang ada, menggunakan logika dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil sehingga kemudian lebih mudah dipecahkan. Kemudian anak akan belajar mencari dan menggunakan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menemukan solusinya.
     
  • Dalam coding anak juga belajar mencegah masalah.
    Bukan hanya memecahkan masalah yang ada, saat belajar coding, si Kecil juga akan belajar mengantisipasi masalah yang mungkin akan muncul dan mencegahnya. Misalnya dengan menuliskan perintah yang tepat untuk mencegah program yang ia buat mengalami eror saat dijalankan. Dan jika ada yang tidak bekerja dengan baik, anak didorong untuk terus berusaha mencara apa penyebabnya dan apa yang dapat dilakukan supaya program yang ia buat bisa bekerja.
     
  • Belajar coding dapat mengembangkan kreativitas anak
    Saat belajar coding, anak akan menjadi ‘pencipta’. Ia akan dapat berkreasi membuat sesuatu yang ia sukai, menemukan ide dan kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah program atau produk akhir.
     
  • Belajar coding membantu anak berpikir terstruktur dan kemampuan matematika
    Karena saat membuat program dengan coding, anak akan belajar membangun sesuatu yang besar melalui bagian-bagian kecil. Dalam hal ini, membuat suatu program dengan Menyusun kode-kode yang menjadi bahasa komputer. Tentunya, ini juga membantu anak untuk melihat ‘gambarab besar’ dari sebuah tugas kecil.
     

Ternyata belajar coding untuk anak banyak sekali manfaatnya ya, Mam. Terutama untuk mendukung si Kecil jadi anak pintar. Apakah si Kecil sudah belajar coding?

Sumber:
https://www.idtech.com/blog/5-reasons-your-child-should-learn-to-code
https://howtospell.co.uk/benefits-of-coding-for-kids
https://teachyourkidscode.com/benefits-of-coding-beyond-the-computer/
https://www.raisesmartkid.com/6-to-10-years-old/5-articles/benefits-lea…
https://readwrite.com/2019/10/10/the-overlooked-benefits-of-teaching-ki…
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Average Rating
Average: 5 (1 vote)

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login