Bantu Si Kecil Tumbuh Tinggi dengan Hal-hal Berikut Ini

Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya tumbuh optimal, secara fisik tak hanya terlihat sehat, tapi juga memiliki tubuh yang tinggi. Pada anak perempuan, pertumbuhan tinggi biasanya akan terjadi secara pesat di usia 8 hingga 13 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki, pertumbuhan paling signifikan terjadi di rentang usia 10 hingga 15 tahun.

Tak sedikit orang tua yang bertanya-tanya, apakah benar faktor genetik memegang peranan paling utama dalam pertumbuhan tubuh anak? Ya, memang tak bisa dipungkiri, genetik jelas menjadi salah satu elemen terbesar yang mempengaruhi tinggi si Kecil. Namun tahukah Mam, bahwa ada banyak faktor penunjang lainnya yang bisa membantu Si Kecil untuk mencapai pertumbuhan tinggi optimalnya, misalnya asupan nutrisi dan pilihan aktivitas yang tepat. Yuk, simak beberapa tips agar anak tumbuh tinggi berikut ini.

1. Tidur yang cukup.
Saat tidur adalah waktunya hormon pertumbuhan untuk bekerja secara optimal, jadi pastikan si Kecil mendapatkan durasi tidur yang cukup ya, Mam. Untuk usia balita sebaiknya adalah 10-13 jam, sedangkan jika Si Kecil berusia 6 tahun ke atas, waktu tidur yang diperlukan adalah 9-11 jam. Penuhi kebutuhan waktu tidurnya di siang hari dan pastikan Si Kecil untuk tidak tidur terlalu larut agar anak tumbuh tinggi.

2. Asupan tinggi protein.
Protein memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk fondasi tubuh. Karenanya, asupan protein yang cukup diperlukan supaya anak tumbuh tinggi. Kandungan asam amino yang terdapat pada protein memang dirancang untuk memperkuat hormon pertumbuhan, seperti menjaga tulang, otot, jaringan, organ, kulit dan gigi. Ikan, dada ayam, daging tanpa lemak, telur, tahu, kacang-kacangan, susu beserta olahannya adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan protein.

3. Gizi seimbang.
Agar anak tumbuh tinggi secara maksimal, tak hanya protein yang wajib dikonsumsi. Pastikan Ia mendapat asupan gizi yang seimbang dengan makanan kaya nutrisi yang mengandung serat, kalsium, kalium, vitamin, dan zat besi. Susu, buah-buahan, sayur-sayuran, oatmeal dan roti gandum adalah beberapa contoh sumber gizi yang baik. Biasakan si Kecil untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, supaya anak tumbuh tinggi, sehat dan tetap aktif.

4. Rutin olah raga.
Selain nutrisi, beri stimulus pada anak melalui aktivitas fisik. Olah raga teratur tak hanya baik untuk kesehatan si Kecil, namun juga dapat membantunya untuk terhindar dari obesitas dan menjaga postur tubuhnya untuk mencapai tinggi maksimal. Berenang, basket dan atletik biasanya menjadi pilihan yang paling digemari, namun kegiatan fisik seperti yoga dan ballet juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk pertumbuhan tinggi si Kecil.

5. Paparan sinar matahari.
Biasakan si Kecil untuk terpapar sinar matahari agar ia mendapatkan kadar vitamin D yang cukup. Seperti diketahui, Vitamin D memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan sistem imunitas. Pertumbuhan tulang yang optimal tentu menjadi kunci agar anak tumbuh tinggi. Tak hanya itu, vitamin D juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan jantung dan mempercepat penyerapan vitamin C pada tubuh. Pastikan si Kecil mendapat paparan sinar matahari di jam yang tepat ya, Mam, yaitu di pagi hari antara jam 8 hingga jam 10.

6. Cek ke dokter secara berkala.
Melakukan pemeriksaan berat badan dan perkembangan tinggi Si Kecil secara rutin dan berkala dapat membantu dokter untuk memastikan bahwa tumbuh kembang Si Kecil masih dalam lingkup normal. Jika sampai terdapat indikasi hambatan pertumbuhan maka dokter dapat segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah secara tepat.

Yuk Mam, selalu penuhi kebutuhan gizi seimbang, beri ia stimulasi yang tepat secara rutin dan ajak si Kecil aktif bergerak supaya proses tumbuh kembangnya berjalan optimal dan menjadi anak hebat.

Sumber:

https://www.livestrong.com/article/556818-what-can-i-feed-my-children-to-increase-their-growth/

https://www.webmd.com/parenting/features/kid-nutrition-nutrients#1

https://www.livestrong.com/article/224696-how-to-increase-height-for-kids/

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya