Tips Agar Anak Senang Minum Susu

Minum susu secara rutin dapat memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan anak. Ini beberapa alasan yang perlu Mam ketahui mengenai pentingnya susu bagi si kecil:

  • Susu kaya akan kalsium yang mudah diserap tubuh.
  • Susu mengandung nutrisi lain yang baik untuk mendukung kesehatan tubuhnya, seperti protein, zat besi, dan bermacam vitamin maupun mineral.
  • Susu mengandung nutrisi seperti asam linoleate (omega 6) dan asam alfa linolenat (omega 3) yang diperlukan dalam perkembangan kemampuan berpikirnya.

Saat si kecil memasuki usia 1 tahun, Mam dapat mulai memberikan susu pertumbuhan anak untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya. Namun, jangan khawatir bila si kecil tak langsung mau melahap susu yang Mam berikan. Rasa dan aroma susu yang asing mungkin membuatnya kaget dan enggan meminumnya. Maka dari itu, selain memilih susu pertumbuhan anak yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting yang seimbang, pastikan juga bahwa rasanya lezat sehingga mampu menggugah selera si kecil.

Dalam membiasakan si kecil minum susu, lakukan pendekatan yang lembut dan penuh kasih sayang ya, Mam. Hindari memaksa apalagi mengancam anak agar mau minum susu. Mam juga tak perlu menekankan pentingnya atau manfaat minum susu pada si kecil. Di usia 1 tahun, ia belum memiliki pemahaman sejauh itu. Memaksa si kecil untuk minum susu justru bisa membuatnya trauma dan semakin tidak suka terhadap susu. Cukup tekankan pada sisi menyenangkan dari kegiatan minum susu.

Ini berbagai langkah yang dapat Mam lakukan agar si kecil semakin senang minum susu:

  • Gunakan peralatan minum yang menarik, seperti gelas berwarna-warni, berbentuk unik atau bergambar karakter atau kartun favoritnya.
  • Sajikan susu dalam berbagai versi. Bisa juga sesekali Mam memberikan perlengkapan tambahan seperti sedotan atau sendok sehingga si kecil mendapatkan pengalaman yang berbeda saat minum susu.
  • Perlihatkan kebiasaan yang sama, bahwa Mam dan anggota keluarga yang lain pun senang minum susu setiap hari. Dengan begitu, ia akan merasa minum susu sebagai kegiatan yang normal dilakukan setiap hari.
  • Gunakan susu sebagai pelengkap makanan lain, misalnya saat mengonsumsi havermut atau oatmeal.

Jika upaya yang Mam lakukan berhasil dan si kecil akhirnya senang minum susu, tetap berikan susu sesuai dengan kebutuhannya ya, Mam, jangan lantas berlebihan. Anak balita cukup mengonsumsi susu sebanyak 500-600 cc per hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
 

Sumber:

  1. wyethnutrition.co.id/products
  2. ayahbunda.co.id/balita-tips/jika-balita-tak-suka-susu-
  3. parenting.co.id/dunia-mama/fakta-tentang-susu
  4. tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Bila-Si-Kecil-Enggan-Minum-Susu
  5. ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/cermati-pilihan-susu-untuk-balita-

Diakses pada 8 Juli 2016

This article was helpful for 0 moms.


Smart Strength Finder

Merupakan tool bagi orangtua untuk mengetahui kepintaran si Kecil. Hasil tes Smart Strength Finder akan membantu orangtua dalam memberikan stimulasi tepat sesuai dengan kepintaran si Kecil.

Lihat selengkapnya